Top Freeware

Top Freeware

Top Freeware yang selama ini saya pakai di sistem dan telah menggantikan seluruh software versi komersial yang dulunya saya pakai. Tidak lagi bergantung pada versi komersial setelah freeware mampu menyaingi dari sisi kualitas.

Dalam daftar dibawah ini adalah 20 freeware dengan urutan dari yang paling atas merupakan freeware dengan nilai dan rating tertinggi.

  1. Kingsoft Office 2012, edisi personal atau non-komersial telah dirilis plus interface ribbon layaknya Office 2007/2010 dari Microsoft. Dengan ukuran installer hanya 68 MB dan jatah HDD kurang dari 200 MB more than better.
  2. LiberKey, sebuah platform launcher portable yang menyediakan ratusan aplikasi freeware portable dalam satu tempat plus fitur online update dan Windows Explorer integration.
  3. COMODO Firewall Pro, sistem pertahanan pro-aktif dan sistem firewall yang ketat. Tidak membiarkan satu pun akses yang tidak berhak lolos. Konfigurasi mudah dan simpel, online selama 24 jam pun serasa aman 100%.
  4. Macrium Reflect, pengganti penuh Norton Ghost dan Nero BackItUp dalam backup partisi. Tingkat kompresi yang mencapai 55% dan konfigurasi yang luar biasa mudah, recovery dengan bootable CD tanpa susah payah.
  5. Ashampoo Burning Studio 2010, pengganti dan pembunuh Nero Burn Suite, lisensi gratis namun menyamai Nero dengan harga yang mahal serta  file instalasi jauh lebih kecil hingga 5 kali lipat.
  6. Trillian Astra, pengganti penuh Yahoo! Messenger dan Windows Live Messenger, karena semua fitur telah disediakan meskipun tanpa voice call. Fitur tab, skin, notifikasi dan chat view yang dapat diubah sesuai selera.
  7. Tencent Foxmail, mampu menghandle beberapa account E-Mail sekaligus dan mendownloadnya dalam satu kesempatan. Fitur Custom Layout, Related Mails dan On The Fly Skin Changer disediakan tanpa membebani sistem.
  8. K-Lite Mega Codec Pack, mainkan semua format video tanpa terkecuali. Dengan dukungan semua format video, K-Lite telah menjadi yang terbaik dalam kategori paket codec dengan bundle Media Player Classic.
  9. FastStone Image Viewer, manajemen dan basic editing file gambar atau foto serasa lebih mudah dan simpel. Tidak membebani sistem dan semau fitur yang disediakan cukup kompleks dan komplit.
  10. IZArc, pengganti penuh WinZIP dan WinRAR dalam berbagai aspek. Fitur yang disediakan sama persis tanpa terkecuali. Tersedia versi portabel sehingga bisa digunakan di sistem lain tanpa harus instalasi.
  11. HTTP File Server (HFS), berbagi file langsung tanpa harus mengkonfigurasi jaringan folder sharing di sistem operasi. Dengan teknologi HTTP semua dilakukan hanya dalam waktu singkat dan diakses melalui web-browser.
  12. Yoono for Windows, berinteraksi dengan website jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan lain-lain tanpa memerlukan web browser. Yoono menyediakan interface simple plus browser mandiri.
  13. Windows Live Writer, mengetik artikel blog tanpa harus online, fitur editing yang lengkap dan semua disediakan dalam mode offline. Aktivitas online hanya dibutuhkan pada saat publikasi artikel dan update account saja.
  14. Agent Ransack, tinggalkan fitur Windows Search, Agent Ransack menyediakan fitur pencarian berdasarkan konten file dan berbagai metadata yang diperlukan dan kecepatan pencarian yang lebih cepat.
  15. Revo Uninstaller, pengganti penuh Windows Add/Remove Programs dengan fitur pembersih file sisa dan entri registry. Beban sistem yang ringan dan daftar aplikasi yang terinstall yang muncul tanpa menunggu.
  16. FormatFactory, konversi semua format media video, gambar dan audio serta konversi langsung dari DVD ke file video. Setting tinggal pilih dan konversi bisa langsung dijalankan dengan resource CPU.
  17. Locate32, pencari file di dalam HDD dengan kecepatan yang luar biasa. Proses index dibawah 1 menit untuk kapasitas 640 GB dan hasil pencarian muncul kurang dari 3 detik setelah memasukkan kata kunci.
  18. PDF-XChange Viewer, pengganti dan pembunuh Adobe Reader. Program pembaca file PDF dengan fitur marking tanpa iklan. Foxit Reader yang semula menjadi primadona pun akhirnya kalah oleh PDF-XChange Viewer.
  19. CCleaner, pembersih paling tuntas untuk sampah data dan file – file temporer Windows. Penggunaannya yang sangat mudah dan tidak memerlukan setting yang rumit.
  20. Giganology GigaGet, download manager dengan teknologi NetGrid untuk mencari URL mirror agar proses download tidak berhenti saat sumber file putus. Manajemen yang mudah dan tidak ribet menjadi kelebihannya.

Kingsoft Office 2012 telah menduduki posisi pertama dikarenakan telah dirilis dalam bentuk free license untuk penggunaan non-komersial atau personal. Dengan ukuran hanya 68 MB plus tampilan Ribbon dan kompabilitas dokumen yang lebih baik maka tidak salah Kingsoft Office 2012 saya beri gelar Freeware Terbaik dalam 20 Top Freeware kali ini.

LiberKey tetap menduduki posisi kedua karena merupakan favorit saya dalam setiap situasi. Puluhan aplikasi portable dalam satu wadah yang siap pakai sehingga tidak ribet dan update tiap aplikasi tidak perlu satu-per-satu ke tiap developer.

13 Responses

  1. met malam gan kalo mau chat dimana?

  2. semua sudah saya gunakan sejak lama di Windows 7 Home Premium 64 bit dan tidak ada masalah sama sekali, silakan dicoba dan berikan review-nya… proud of freeware user…

  3. mas mau nanya nich…bisa freeware ini untuk windows 7 64 bit
    slm kenal dr komang

  4. Thanks gan,.. sangat bermanfaat banget untuk ku. minta ijin sedot gan…

  5. banyak artikel yang bermanfaat yang saya peroleh dari blog ini maupun langsung chat ama si bro ini..

    tapi lebih enak chat,, soalnya langsung dijawab,, karena dya nya online teruss.. hehehe…

    ditunggu artikel-artikel bermanfaat lainnya bro..

    sukses…

    numpang dikutip dulu ya:
    “FREEWARE is FREEDOM without FEE and FEAR”

    hehehe…

  6. sudah ada 5 draft artikel yg akan saya publikasikan nantinya dan 2 review besar perbandingan produk keamanan… Ditunggu saya publikasinya, saya sendiri mengharapkan semuanya kelar pertengahan bulan ini atau paling lambat akhir bulan ini. Thanks for visiting my blog…

  7. ditunggu artikel freewarenya yg lebih banyak n lebih keren…

  8. sangat ditunggu nih artikelnya …. thanks banget masalahku di respon … senangnya hati ini

  9. kalau mau membuat USB bootable Linux saya lebih memilih menggunakan LinuxLive USB Creator.. saat ini masih saya buat artikel reviewnya… mudah dan simpel..

  10. boleh tanya yg laen ….. sy mau buat usb bootable bt rencana maintenance biar praktis, tp error melulu. sy pk usb kingston 2GB, udah download loadernya ( grub dan syslinux ) di tambah hiren cd ver 9.3 dan 10XX tapi pas booting bisa masuk ke loadernya tp error di boot.gz nya jd g bisa masuk hiren cd ….. messagenya spt ini “error-file not found:boot.gz) dan ane dah otak atik di file menu.lst bawaan grub tp tetep g bisa …. yg salah dimananya yah?
    stess dah mikirin ini … mudah2an bisa ada solusi

  11. asik …..🙂

  12. salam kenal juga… jika ada saran maupun kritik ataupun request review freeware silakan hubungi saya…

    FREEWARE is FREEDOM without FEE and FEAR

  13. thanks brad …. info2 freeware sangat ane butuhkan dan ane perlukan ….. go freeware !!
    salam kenal dr newcomers di dunia it

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: