Motorola RAZR MAXX, Daya Tahan Baterai adalah Segalanya


RAZR MAXX logo SSetelah sekian lama tidak mempublikasikan artikel di blog ini karena kesibukan yang luar biasa maka kali ini saya kembali menghadirkan sebuah review kedua gadget berbasis Android yaitu RAZR MAXX dari Motorola yang baru-baru saja rilis di Indonesia dan juga baru saya beli minggu lalu di Erafone. Dalam melakukan pembelian sebuah handphone Android pun saya juga seperti saat hunting tablet Android. Namun kali ini saya jauh memprioritaskan hanya satu hal yaitu kapasitas baterai daripada fitur atau aspek lain. Karena kapasitas baterai merupakan penunjang nyawa bagi fitur-fitur ponsel itu sendiri, jadi kalau low-batt atau baterai habis sama saja dengan K.O. Silakan disimak review dari Motorola RAZR MAXX. Longer Battery Life mean Longer Fun – Battery Life is Phone Life.

Motorola-Droid-Razr-Batter-Talk-Time

Longer Battery Life Simply Better, right..?

Sebelum pilhan jatuh ke Motorola RAZR MAXX, saya lebih dulu melirik Samsung Galaxy S2 sekitar Agustus tahun lalu tapi karena minat terhadap produk tablet masih lebih tinggi maka saya menunda untuk membeli Android phone dimana waktu itu saya juga masih memiliki Nokia E63. Berselang waktu setelah membeli ACER Iconia Tab A501, handphone Nokia E63 mengalami kerusakan saat jatuh dari meja dan terpaksa selama 2 minggu SMS-an menggunakan Iconia A501 tanpa fungsi telephone. Setelah itu ayah saya memberikan Samsung Galaxy Gio, waktu itu kurang ingat katanya unit hadiah atau saya dibelikan, tapi saya terima saja karena waktu itu komunikasi masih butuh dikala sibuk urusan kampus.

Sebelum memulai review Motorola RAZR MAXX, saya sedikit bercerita mengenai pengalaman pribadi saya saat menggunakan Samsung Galaxy Gio. Waktu itu Samsung Galaxy Gio dibanderol dengan harga berkisar 1,9 juta (November 2011) dari spesifikasi dan fitur yang disediakan saya langsung menganggap bahwa produk ini terlalu overprice karena dengan harga yang lebih murah kita bisa mendapat produk yang lebih baik dari segi support dan fitur yang disertakan, sebagai contoh SONY Xperia Mini atau HTC Wildfire S.

Samsung Galaxy Gio, SONY Xperia Mini dan HTC Wildfire S.

Galaxy Gio Xperia Mini Wildfire S
Prosesor 800MHz 1GHz 600MHz
RAM 278MB 512MB 512MB
Internal 180MB 512MB 512MB
Kamera 3,2MP
Autofocus lambat
5MP
Touchfocus burst
5MP
Auto-autofocus
Rekam video 240p@15fps 720p@30fps 480p@30fps
Update OS Gingerbread
TouchWiz UI
Ice Cream Sandwich
Timescape UI
Gingerbread
HTC Sense UI
Layar Standar LCD Mobile BRAVIA Gorilla Glass LED
Harga (11-2011) 1,9 juta 1,9 juta 1,7 juta

RAM kecil, internal juga kecil, kamera fokus-nya super lambat ditambah lagi kualitas rekam video yang juga setara dengan Noki E63 padahal prosesornya lumayan. Apa yang bisa dibanggakan dengan Samsung Galaxy Gio (bahkan Samsung Galaxy Ace)  jika dibandingkan dengan SONY Xperia Mini dan HTC Wildfire S..?

Dengan harga kisaran yang waktu itu berada di 1,9 juta dan tidak adanya dukungan update software On The Air untuk Samsung Galaxy Gio. Saya hanya bisa bilang bahwa kalau mau beli Android Phone dibawah 3 juta, merek Samsung tidak direkomendasikan, bahkan Samsung Galaxy W saja tidak mendapat update Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan itu resmi. Padahal Huawei Honor yang dimana spesifikasi setara dengan Samsung Galaxy W mendapat update Android 4.0 Ice Cream Sandwich resmi dari Huawei dan patokan harga yang lebih murah. Produk baru seperti HTC One V pun langsung loaded dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich padahal spek hardware dibawah Samsung Galaxy W namun dengan kualitas kamera jauh lebih baik.

Pilih merek atau fitur..? Pilih label atau isi-nya..? Pilih logo atau fungsi-nya..?

No ICS for Samsung

Sejak menggunakan Samsung Galaxy Gio hingga beralih ke Motorola RAZR MAXX, saya tidak pernah ada merasa puas dengan kemampuan dari Gio ditambah lagi perbandingannya waktu itu dengan SONY Xperia Mini di kisaran harga yang sama. Spesifikasi serba tanggung untuk kelas mid-end dan yang buruknya lagi kemampuan kamera yang ternyata dibawah kelas.

IMG_2066SS

Saat saat terakhir bersama Samsung Galaxy Gio – A Dumb Phone

Sebelum membeli Motorola RAZR MAXX, saya sempat melirik Huawei Honor dan hampir saja membeli-nya. Alasan utama dengan Huawei Honor adalah kapasitas baterainya yang terbesar untuk kelas Android phone single-core yaitu 1930 mAh dan dengan spesifikasi setara (bahkan diatas) Samsung Galaxy W pada patokan harga yang sekarang lebih murah (saat ini Huawei Honor berkisar Rp 2,3 juta), ditambah lagi resmi dapat update Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Baterai lebih besar berarti lebih lama online tanpa mikirin cari colokan

Berbagai review mengenai Huawei Honor membuat saya sangat tertarik dikeunggulannya pada daya tahan baterai yang hampir 1 hari dalam keadaan online 3G, mungkin bisa 2 hari kalau online-nya jarang-jarang. Namun niat saya batal untuk membeli Huawei Honor waktu itu (sekitar bulan Februari) karena pihak Verizon US merilis DROID RAZR MAXX yang dimana versi CDMA dari RAZR MAXX. Karena DROID RAZR dan RAZR sebelumnya juga dirilis bersamaan maka untuk RAZR MAXX saya anggap akan berpeluang masuk Indonesia dalam waktu dekat. Karena kapasitas baterai dari Motorola RAZR MAXX lebih besar lagi daripada Huawei Honor maka saya berniat untuk hunting produk tersebut.

120619-RAZR-MAXX-SEA

Dan ternyata benar setelah saya bertanya ke perwakilan Motorola SEA (South East Asia) melalui Facebook Page resmi-nya, bahwa Motorola RAZR MAXX akan rilis di Indonesia sekitar awal Agustus. Saya pun langsung ke Plasa Marina Surabaya untuk memeriksa ketersediaan unit Motorola RAZR MAXX di retailer Erafone yang ditunjuk sebagai reseller resmi oleh Motorola South East Asia.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy S2 yang sebelumnya saya sempat lirik..? Dan ditambah lagi kemunculannya Samsung Galaxy S3 baru-baru ini..? Fitur dan performa dari keduanya memang oke dan mantap untuk sebuah ponsel Android tapi kembali ke prioritas saya dalam memilih. Saya tidak butuh dimensi yang terlalu tipis dan penggunaan material casing yang hanya plastik biasa. Prosesor cukup dual-core (mungkin single-core pun tidak masalah) daripada pakai Quad-Core tapi ujung-ujungnya tidak maksimal dalam penggunaannya tapi pada akhirnya hanya menghabiskan baterai. Performa oke tapi setengah hari sudah low-batt..? Kalau mau hunting colokan silakan tapi not for me.

Quad-Core di ponsel Android..? Untuk apa..? Apakah perlu..?

Bahkan baru-baru ini SONY merilis tiga seri baru dari Xperia di pameran teknologi IFA di kota Berlin, Jerman. SONY Xperia TX, Xperia T dan Xperia V, ketiganya menggunakan prosesor Dual-Core Snapdragon S4 dari Qualcomm dengan spesifikasi teknis 1,5 GHz. Saya tidak habis pikir, apakah benar-benar berguna penggunaan prosesor Quad-Core pada sebuah ponsel saat ini, padahal Dual-Core sudah lebih dari cukup, bukannya semakin banyak inti maka semakin besar pula konsumsi daya baterai..? Alhasil semakin cepat akan menuju status LOW-BATT dan pada akhirnya kegiatan akan berhenti berikutnya mencari-cari colokan untuk charge baterai atau kalau punya duit lagi beli produk portable battery.

RAZR MAXX + Portable Charger = More Hours Days of Fun

Berikut dibawah ini hasil benchmark dari SONY Xperia TX, Xperia T dan Xperia V dibandingkan dengan para bintang produk ponsel Android berprosesor Quad-Core. Quad-Core..? Saya tidak butuh untuk saat ini..! Prosesor Quad-Core Intel Core i7 di notebook milik saya masih yang terbaik karena bisa digunakan untuk kerjaan berat, sedangkan di ponsel kerjaan berat apa yang pernah dilakukan kecuali gaming HD..?

SUMBER : GSMARENA

Benchmark Pi – Lebih Kecil Lebih Baik

NenaMark 2 – Lebih Tinggi Lebih Baik

Quadrant – Lebih Tinggi Lebih Baik

Masih Butuh Ponsel Quad-Core..??

Dalam berbagai diskusi dan saat mengobrol dengan teman-teman saya pun Motorola RAZR MAXX sering dianggap terlalu mahal “hanya” karena kapasitas baterai-nya yang besar. Jadi anggapan saya ternyata sekarang spesifikasi masih menjadi tolak ukur dalam memilih produk bukannya fasilitas atau fitur, kebiasaan saat berburu produk notebook terbawa juga.

droid-razr-maxx-by-motorola-end-the-outlet-hunt-1-600-62389

Selama ini kelemahan Android adalah daya tahan baterainya yang terlalu singkat, sebenarnya bukan karena boros tapi karena pihak produsen tidak memberikan kapasitas baterai yang mumpuni yang sebanding dengan spesifikasi produk. Kasus paling marak adalah pada produk Samsung Galaxy Young dan SONY Xperia U. Dengan kapasitas baterai dibawah 1500 mAh tentu saja dalam pemakaian online intensif tidak akan mampu bertahan hingga sore hari. Bahkan beberapa teman saya yang memiliki Samsung Galaxy Young atau Samsung Galaxy Mini harus numpang atau cari-cari colokan demi charging baterai yang sudah masuk status low-batt.

droid-razr-maxx-by-motorola-end-the-outlet-hunt-3-600-62247

Sementara itu SONY Xperia U atau SONY Xperia Sola dengan kapasitas baterai 1320 mAh dan Samsung Galaxy S Advance serta Samsung Galaxy SII dengan kapasitas baterai 1500 mAh dan 1650 mAh. Semua produk tersebut dilengkapi dengan prosesor dual-core dan menyediakan fitur perekam dan playback video HD ditambah lagi jika digunakan online secara intensif mungkin kira-kira tengah hari sudah masuk dalam status low-batt.

Semua aktivitas akan berhenti total dikala ada peringatan “LOW-BATT”

RAZR MAXX sesuai dengan sasaran saya selama ini, full online dan mampu merekam video dengan kualitas Full HD (1080p) serta kamera snap cepat plus burst shoot. Dengan kapasitas baterai yang disediakan tampaknya penggunaan satu hari penuh bukan masalah untuk produk ini. Lepas charger di pagi hari hingga tengah malam mungkin masih ada sisa untuk esok harinya. Jadi tidak ada lagi namanya cari-cari colokan atau pinjam charger di siang hari atau sore hari atau bahkan menjelang malam disaat penting. Daya tahan baterai adalah segalanya. Longer fun.

Motorola RAZR MAXX-dark2S

Dengan menonjolkan kelebihannya berupa kapasitas baterai yang terbesar di dunia saat ini untuk kelas ponsel Android sebesar 3.300 mAh, Motorola RAZR MAXX otomatis menjadi pemenang dari semua pengujian test daya tahan baterai. Meskipun dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, Motorola tetap mempertahankan desain iconic dari RAZR original dimana dimensi tetap dibawah 10mm tepatnya 9mm dengan perbedaan hanya 2mm dari RAZR original sebesar 7,1mm. Baterai besar tapi tetap tipis.

35128051_Motorola_Droid_Razr_Maxx_15_610x458

Perbandingan dimensi RAZR MAXX (kiri) dan RAZR (kanan)

———————————————————————–

Promosi iklan RAZR MAXX dari Motorola

Spesifikasi..? RAZR MAXX sama persis dengan RAZR original dengan membawa prosesor Dual-Core Texas Instrument OMAP 1,2GHz, kapasitas RAM sebesar 1GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB dan tidak lupa slot MicroSD disediakan untuk menambah kapasitas simpan hingga 32GB.

MOTOROLA RAZR™ - Retail Promo_HD.mp4_snapshot_00.37_[2012.08.15_15.24.30]MOTOROLA RAZR™ - Retail Promo_HD.mp4_snapshot_00.39_[2012.08.15_15.24.39]

Prosesor dual-core dan RAM 1GB, lebih dari cukup

RAZR MAXX dilindungi dengan serat fiber KEVLAR dari Dupont pada bagian belakang dan Gorilla Glass pada bagian depan serta aluminium frame pada bagian sisi. Bagaimana dengan sisi dalam dari RAZR MAXX..? Motorola telah melengkapinya dengan shield stainless steel frame untuk melindungi komponen bagian dalam dari RAZR MAXX, sehingga bisa bertahan dari siraman air.

MOTOROLA RAZR™ - Retail Promo_HD.mp4_snapshot_00.22_[2012.08.15_15.23.52]MOTOROLA RAZR™ - Retail Promo_HD.mp4_snapshot_00.27_[2012.08.15_15.26.53]MOTOROLA RAZR™ - Retail Promo_HD.mp4_snapshot_00.30_[2012.08.15_15.27.03]

Fiber KEVLAR, tahan siraman air dan Gorilla Glass

Bicara soal kemampuan dari Motorola RAZR MAXX, prosesor dual-core dan RAM 1 GB serta internal 16 GB dengan ketersediaan slot MicroSD. Sebuah standar untuk kelas atas rata-rata ponsel Android saat ini, namun bagaimana dengan standar baterai untuk kelas atas..? Sekali lagi Motorola RAZR MAXX jauh lebih baik bahkan LG Optimus 4X HD dengan kapasitas baterai 2150 mAh atau Samsung Galaxy Note dengan 2500 mAh tidak bisa bertahan dalam pemakaian intensif dalam satu hari.

Prosesor Quad-Core dan layar resolusi HD untuk sebuah ponsel Android saat ini masih saya anggap terlalu tinggi dalam taraf spesifikasi karena efisiensi dari prosesor Quad-Core lebih cenderung ke arah gaming dan layar HD untuk dimensi sebuah ponsel terlalu besar bagi saya. Prosesor dual-core dan layar qHD di Motorola RAZR MAXX setidaknya bisa membantu saya dalam efisiensi konsumsi daya baterai hingga lebih lama. Layar HD dan prosesor Quad-Core..? Bukannya malah bikin boros baterai yah..? I don’t need it for now..!

Layar HD 720p di ponsel..? Apakah terlihat jika dibandingkan non-HD..?

Dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread pada awal penggunaannya, belum ada beberapa jam saya menggunakan Motorola RAZR MAXX sudah ada notifikasi untuk update software ke Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich melalui Update On The Air (OTA). Proses update cukup mudah tinggal menekan tombol download dari notifikasi update dan menunggu hingga download selesai lalu diselesaikan dengan proses update ke Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich kira-kira 10 – 15 menit hingga Motorola RAZR MAXX restart dengan sendiri-nya.

Apa saja keunggulan dari update Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich..? Yang saya rasakan jika dibandingkan Android 2.3 Gingerbread sebelumnya adalah navigasi yang lebih smooth dan manajemen aplikasi yang lebih baik, switch toggle dari koneksi WiFi, Paket Data, Bluetooth dan lain-lain. Serta adanya fasilitas Data Usage untuk monitoring penggunaan konsumsi dari berlangganan paket data ditambah fitur alarm saat paket data mulai habis atau masa berlangganannya. Dan melakukan “Disable” dari aplikasi bawaan Motorola RAZR MAXX yang tidak bisa di-uninstall. Daya tahan baterai sejak menggunakan Android 4.0.4 lebih optimal hingga 20%.

Tersedianya Update Software memberikan Lifespan yang Lebih Lama

Bagaimana dengan fasilitas..? Motorola RAZR MAXX bisa saya anggap menyediakan semuanya. Di sektor imaging menyediakan kamera 8MP dan berkemampuan rekam hingga Full HD 1080p ditambah lagi bisa potret 5 foto sekaligus dalam 1 detik dan berkat update Android 4.0 Ice Cream Sandwich saat melakukan perekaman video saya bisa potret foto. Multi-shoot, Panorama, Timer dan Effects semua tersedia di aplikasi kamera bawaan Motorola RAZR MAXX.

Screenshot_2012-08-24-09-43-34Screenshot_2012-08-24-09-41-45

Kamera resolusi 8MP dan merekam video Full HD 1080p

Fitur tambahan untuk sektor kamera adalah Multi-Shoot dan Video Capture. Multi-Shoot adalah dimana kamera Motorola RAZR MAXX mampu mengambil 5 gambar sekaligus dalam sekali tekan tombol shutter dengan waktu kurang dari 2 detik. Dan Video Capture dimana saat melakukan perekaman video saya dapat mengambil foto sekaligus. Load kamera yang cepat dan bisa langsung dari lockscreen setidaknya bisa menangkap momen di depan mata.

Demo Fitur Kamera dan Perekam Video–Motorola RAZR MAXX

Penyimpanan internal sebesar 16GB untuk aplikasi bagi saya sangat cukup karena tidak dipergunakan untuk gaming ditambah lagi dengan tersedianya slot MicroSD saya bisa menambah penyimpanan eksternal hingga 32GB dan katanya menurut member di xda-developers.com Motorola RAZR MAXX mampu meng-handle MicroSD berkapasitas 64GB, sip banget deh kalo begitu.

Perlu diketahui juga bahwa Motorola RAZR MAXX juga menggunakan kartu SIM berukuran micro. Bagi anda yang masih menggunakan kartu SIM lama bisa ke perwakilan operator terdekat untuk menukarkan dengan kartu SIM micro yang baru tanpa perlu membeli nomor baru.

35033947_DT4_610x458

Port mini-USB yang berada di sisi atas layar tersedia untuk keperluan charging dan transfer data ke notebook/PC tanpa perlu aplikasi tambahan (untuk Windows 7). Tinggal copy-paste file yang di-inginkan dari atau ke Motorola RAZR MAXX dan beres. Plus port mini-USB tersebut bisa digunakan untuk transfer data dari sebuah flash disk dengan bantuan kabel USB On-The-Go sehingga dalam perjalanan pun bisa melakukan transfer data dari media USB flash disk seperti layaknya notebook, hanya butuh kabel USB OTG tanpa perlu membeli asesoris tambahan lainnya. Bahkan keyboard dan mouse USB bisa digunakan di Motorola RAZR MAXX dengan memanfaatkan USB hub.

IMG_2225

Transfer file dengan kabel USB standar tanpa perlu install software tambahan

UPDATE : Perlu diingat bahwa untuk menggunakan fungsi USB OTG masih memerlukan sebuah daya eksternal karena port micro USB pada Motorola RAZR MAXX tidak menyediakan suplai arus listrik mandiri sehingga jika pengguna ingin menggunakan USB Keyboard dan USB Mouse pastikan menggunakan USB Hub yang mempunyai suplai arus listrik mandiri seperti pada foto dibawah ini, tabung silinder pada foto adalah baterai (sumber foto : Google Image Search). Namun untuk HDD eksternal 3.5″ yang memang mempunyai suplai arus mandiri dari colokan listrik tidak masalah digunakan pada Motorola RAZR MAXX.

6817735705_dfe1df8d05_z

Sumber : Google Image Search

Port micro-HDMI tersedia untuk keperluan menampilkan isi dari layar Motorola RAZR MAXX ke sebuah LED monitor atau proyektor yang mendukung input HDMI ( bisa juga dengan HDMI-VGA converter), tinggal beli kabel micro-HDMI ke HDMI atau ke VGA tanpa perlu membeli asesoris tambahan lagi.

2012-08-24_160037pktmaclf

Credits: TomCoffeeLover@KasKus

Tidak perlu membeli asesoris khusus, hanya perlu kabel HDMI standar atau kabel USB OTG sehingga lebih fleksibel dan hemat. Plus bisa meminjam punya teman daripada kesusahan mencari kabel khusus. Daripada harus beli asesoris khusus yang harganya lebih mahal.

RazrMaxx-HandsOn-07-580-100

Selain fitur-fitur diatas bagaimana dengan fitur software dari Motorola..? Motorola menyediakan layanan berupa MotoCast dengan fungsi dimana kita bisa mengakses file-file di notebook/PC pribadi dimana-pun kapan-pun dengan menggunakan gadget Motorola salah satunya RAZR MAXX. Bahkan saya bisa melakukan streaming langsung file-file video atau lagu melalui Motorola RAZR MAXX dan bisa langsung di-download jika perlu. Dengan fungsi auto-upload dari MotoCast saat Motorola RAZR MAXX milik saya berada di jaringan WiFi yang sama dengan notebook saya maka dengan otomatis file-file foto atau video yang baru akan langsung terupload ke HDD notebook sehingga tidak perlu lagi melakukan copy secara manual.

Demonstrasi dan penjelasan MotoCast dari Motorola

Tinggal memilih folder apa saja yang ingin di-share ke MotoCast dan selama ada koneksi internet pengguna bisa mengakses file-file tersebut tapi sepertinya jika di Indonesia fitur tersebut tidak akan terlalu bisa digunakan karena kualitas jaringan yang minim dan perbandingan tarif serta kuota bulanan yang mencekik sehingga pada akhirnya saya hanya bisa menggunakan MotoCast secara maksimal saat pada di jaringan WiFi pribadi di rumah. Berikut video praktek dari MotoCast yang saya buat.

Demo MotoCast pada Motorola RAZR MAXX

Bagaimana dengan kemampuan navigasi dari Motorola RAZR MAXX melalui GPS..? Selama saya berada di Kalimantan (pulang kampung) proses penguncian GPS tidak pernah lambat alias sangat cepat dengan waktu kurang dari 5 detik. Tidak ada kata menunggu dalam bernavigasi dan tentu saja berkat kapasitas baterai dari Motorola RAZR MAXX saya tidak perlu risau akan konsumsi baterai dari penggunaan GPS.

IMG_2214

Berikut dibawah ini adalah 2 video demo saat saya menggunakan Motorola RAZR MAXX sebagai navigasi rute saat sedang dalam perjalanan ke rumah makan bersama teman saya di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Dengan menggunakan aplikasi Sygic dimulai dari daerah perumahan karyawan hingga persimpangan jalan dan yang kedua dari persimpangan jalan hingga tiba di rumah makan bernama Bakso Mitra Solo. Bisa dilihat pada awal di kedua video tersebut dari membuka aplikasi Sygic, Motorola RAZR MAXX tidak membutuhkan waktu lama untuk menentukan posisi mobil teman saya dan langsung bisa digunakan untuk navigasi.

Perlu diingat bahwa kecepatan akses ke satelit GPS dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan kondisi lingkungan, pada demo yang saya berikan di Kota Bontang, Kalimantan Timur berada di daerah pegunungan dan cuaca dalam keadaan mendung.

Motorola RAZR MAXX – Tes Navigasi GPS dengan aplikasi Sygic [part 1]
Motorola RAZR MAXX – Tes Navigasi GPS dengan aplikasi Sygic [part 2]

Bagaimana dengan kemampuan multimedia dari Motorola RAZR MAXX..? Semua tidak bisa dipungkiri lagi karena saya sendiri sudah puas dengan apa yang disediakan oleh Motorola. Namun karena masalah selera pribadi saya lebih memilih menggunakan aplikasi 3rd party yang lebih baik dan fleksibel penggunaannya. Untuk playback video saya menggunakan MX Video Player dan pemutar musik menggunakan Music Folder Free.

Setelah instalasi MX Video Player saya langsung mencoba untuk playback film BATTLESHIP resolusi HD 720p dalam format H264 kontainer MKV. Semua berjalan lancar dan tanpa hambatan termasuk subtitle.

IMG_2217

Selanjutnya saya mencoba playback video resolusi Full HD 1080p yang saya dapat dari teman dengan judul “Day by Day” dari grup Girlband Korea “T-ARA”. Dengan ukuran file sebesar 460 MB dan bitrate video maksimum 13 Mbps cukup tinggi untuk kualitas video HD. Pada akhirnya semua lancar tanpa hambatan, Motorola RAZR MAXX mampu playback video resolusi Full HD tanpa masalah.

IMG_2252IMG_2254

Memainkan musik juga bukan masalah lagi berkat aplikasi Music Folder Free karena bisa menampilkan kategori berdasarkan folder dan pada umumnya player musik tidak bisa menampilkan dalam kategori folder sehingga saya kurang nyaman saat navigasi antar musik per folder. Sehingga Music Folder Free adalah pilihan saya nantinya saya akan membeli lisensi aplikasi tersebut dimana versi tanpa iklan.

IMG_2211

Bagaimana dengan kualitas potret dan rekaman video dari Motorola RAZR MAXX..? Dengan sensor 8MP dan resolusi rekam video hingga Ful HD 1080p tampaknya sudah lebih dari cukup untuk sebuah ponsel Android kelas atas saat ini. Dengan kecepatan focus dan shutter click yang diatas rata-rata dan tersedianya Multi-Shoot plus beberapa efek tampaknya sudah cukup untuk kesenangan dalam memotret.

Screenshot_2012-08-24-09-33-13Screenshot_2012-08-24-09-33-20Screenshot_2012-08-24-09-33-53Screenshot_2012-08-24-09-34-01Screenshot_2012-08-24-09-34-13Screenshot_2012-08-24-09-34-18Screenshot_2012-08-24-09-34-22Screenshot_2012-08-24-09-34-27Screenshot_2012-08-24-09-34-42Screenshot_2012-08-24-09-34-46Screenshot_2012-08-24-09-34-51Screenshot_2012-08-24-09-41-45

Berikut dibawah ini adalah hasil potret foto menggunakan Motorola RAZR MAXX dalam berbagai kondisi.

2012-08-11_15-36-46_442012-08-11_15-37-17_762012-08-11_15-38-40_3822012-08-11_15-42-11_834

2012-08-12_09-20-40_7472012-08-12_10-43-58_3012012-08-12_17-03-55_7322012-08-13_13-19-19_2652012-08-13_13-39-12_1882012-08-14_11-30-07_3952012-08-15_16-33-23_3182012-08-16_13-27-38_209

2012-08-19_06-58-43_9392012-08-19_07-09-14_2762012-08-19_07-34-41_5132012-08-19_07-43-02_985

2012-08-20_12-42-34_9312012-08-20_20-13-05_752012-08-22_13-27-55_2272012-08-22_13-28-03_172012-08-22_13-28-36_652012-08-22_13-29-00_6952012-08-22_17-38-43_252012-08-22_18-58-50_465

Berikut dibawah ini adalah rekaman video menggunakan Motorola RAZR MAXX dengan resolusi Full HD 1080p pada kondisi outdoor dan indoor gelap.

Rekam Video Full HD 1080p kondisi Outdoor–Motorola RAZR MAXX
Rekam Video Full HD 1080p kondisi Indoor Gelap + LED Flash–Motorola RAZR MAXX

Nah dengan berbagai fitur dan fasilitas yang disediakan bagaimana dengan hingar-bingar dari daya tahan baterai Motorola RAZR MAXX yang selama ini di-unggulkan..? Saya sendiri pun hampir tidak percaya bagaimana para insinyur Motorola mendesain baterai sebesar 3.300 mAh masuk ke dalam badan yang tebalnya hanya 9mm. Dibawah ini ada video penjelasan resmi dari Motorola mengenai desain internal dari RAZR original dan untuk RAZR MAXX tidak ada yang berbeda kecuali kapasitas baterai saja.

Motorola RAZR, Impossibly Thin, Incredibly Strong by Motorola

Dalam penggunaannya sehari-hari ternyata sangat terasa dalam taraf yang signifikan, daya tahan baterai dari Motorola RAZR MAXX sangat luar biasa menurut saya pribadi. Setiap hari saya lepas charger sekitar jam 6 dan online non-stop melalui jaringan 3G Telkomsel maupun WiFi di rumah hingga kembali colok charger jam 11 malam. Pemakaian yang saya lakukan setiap hari adalah online Facebook melalui FriendCaster, chatting menggunakan WhatsApp dan Trillian Messenger, melakukan potret foto dan rekam video serta membuka navigasi Sygic untuk sekadar testing satelit GPS. Playback musik melalui dashboard mobil dengan koneksi Bluetooth atau membalas email dari forum milis.

Screenshot_2012-08-17-12-19-28Screenshot_2012-08-17-20-44-11

Setidaknya tagline dari Motorola yaitu “One Day – One Charge” terbukti benar dan pada akhirnya saya tidak perlu lagi khawatir akan warning Low-Batt ditengah hari atau sedang dalam kegiatan. Perlu diketahui bahwa dalam keadaan online pun Motorola RAZR MAXX mampu bertahan hingga lebih dari 1 hari sehingga jika tidak dalam keadaan online mungkin akan bisa menempuh rekor daya tahan baterai yang lebih lama lagi mungkin tembus 2 hari tanpa colok charger bukan masalah.

droid-razr-maxx-by-motorola-end-the-outlet-hunt-4-600-81691

Pada tanggal 18 Agustus 2012 Motorola RAZR MAXX milik saya menembus durasi penggunaan baterai lebih dari 1 hari. Dengan kondisi baterai masih sisa 20%.

Screenshot_2012-08-18-07-10-40

Dalam kondisi idle Motorola RAZR MAXX alias tidak digunakan saya lihat hanya menggunakan konsumsi battery kurang dari 5% karena pernah saya tinggal satu malam tanpa charge dalam keadaan online 3G dari kondisi baterai 30% hingga jam 6 pagi (setelah 7 jam) tetap 30% hingga pada jam 9 pagi baru berkurang ke 20% setelah saya gunakan chatting WhatsApp dan online FriendCaster bahkan ditambah dengan menonton Film HD dan beberapa klip video review.

Daya Tahan Baterai Lebih Lama = Lebih Lama Menjauh dari Colokan

UPDATE : Dibawah ini merupakan hasil test daya tahan baterai dari Motorola RAZR MAXX dari GSMARENA yang baru saja dipublikasikan, sepertinya tidak perlu lagi khawatir akan mencari-cari colokan karena Motorola RAZR MAXX telah menjadi juara baru dalam test daya tahan baterai saat ini di GSMARENA. Masih sering khawatir akan peringatan low-batt..?

Berikut hasil tes daya tahan baterai dari Motorola DROID RAZR MAXX yang merupakan varian CDMA dari Motorola RAZR MAXX yang dirilis oleh operator Verizon di Ameria Serikat. Diuji oleh GSMARENA.

GSMARENA-DROID RAZR MAXX

Berikut dibawah ini adalah perbandingan hasil tes baterai dari GSMARENA dari beberapa produk ponsel Android ternama. Saya menambahkan spesifikasi CPU dan kapasitas baterai di tiap produk.KB_001KB_002

Jika dilihat dalam perbandingan diatas saya sangat kagum dengan efisiensi dari produk HTC Sensation XL yang dimana kapasitas baterainya hanya 1600 mAh dan dilengkapi layar sebesar 4,7” yang ukurannya sama dengan LG Optimus 4X HD. Tapi pada akhirnya saya lebih prioritas kapasitas baterai lebih dulu, untuk fitur lainnya bisa menyusul tapi ternyata Motorola RAZR MAXX dengan harga retail Rp 5.500.000 sudah menyediakan fitur dan fasilitas yang lengkap.

Casing dari bahan serat KEVLAR, frame ALUMINIUM dan kaca Gorilla Glass ditambah lagi pelindung dari bahan Stainless Steel untuk komponen internal. Kemampuan kamera dengan sensor F2.4 resolusi 8MP dan perekam video hingga Full HD 1080p. Sistem operasi resmi tersedia update ke Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Port Micro HDMI dan Mini USB standar plus slot MicroSD dan Micro SIM. Ditambah lagi menurut Motorola produk RAZR MAXX mampu bertahan dari siraman air dalam kasus kehujanan atau kena tumpahan air tapi tidak sampai nyemplung. Berikut dibawah ini salah satu video demo Motorola DROID RAZR disiram air didemokan langsung oleh para karyawan operator Verizon di Ameria Serikat.

Motorola DROID RAZR Water Test–VERIZON

Tapi lain lagi ceritanya saya menemukan video Motorola DROID RAZR MAXX benar-benar nyemplung di dalam bathtub lebih dari 30 detik dalam keadaan layar ON. Tentu saja meskipun begitu saya sendiri masih saja sering membersihkan RAZR MAXX milik saya padahal hanya kena percikan dari hujan gerimis atau kena cipratan air.

Motorola DROID RAZR MAXX–Bathtub Water Test

RAZR MAXX_WATER SPLASH

PERCAYA..?? MODAL NEKAT NIH…😀

droid-razr-maxx-by-motorola-end-the-outlet-hunt-2-600-57526

Tidak ada lagi kekhawatiran akan ketiadaan sebuah colokan ditengah perjalanan atau lupa membawa charger. Setidaknya Motorola RAZR MAXX bisa bertahan dalam 1 hari penuh dalam keadaan online non-stop sehingga bisa tenang disaat sibuk seharian atau perkerjaan outdoor. Bahkan bisa menunda untuk membeli portable charger tapi jika Motorola RAZR MAXX ditambah dengan charger portable mungkin bisa dibuat untuk berpergian jauh tanpa risau akan mencari colokan apalagi jika ditambah tanpa online paket data. Daya Tahan Baterai adalah Segalanya.

RAZR-5422

IMG_2212

Motorola RAZR MAXX ditambah dengan portable charger dengan kapasitas 6000 mAh atau kalau perlu membeli yang kapasitas 20.000 mAh mungkin 1 minggu penuh bisa diajak berpetualang dengan bermodalkan satelit GPS dan peta offline.

Baterai adalah Nyawa bagi Fitur dari Ponsel Android

Tentu saja pasti anda semua akan tahu apa yang bakal terjadi saat baterai yang menjadi nyawa memberi peringatan “LOW-BATT”, semua aktivitas pasti akan berkurang atau berhenti total demi mempertahankan sisa hidup dari kapasitas baterai yang ada. Dengan Motorola RAZR MAXX saya bisa bertahan jauh lebih lama hingga 2 kali lipat bahkan lebih dari ponsel Android yang ada.

RAZRMAXX_1Day1Charge_blog

Berikut dibawah ini adalah galeri dari postingan Facebook Wall saya selama hunting Motorola RAZR MAXX sama dengan disaat saya hunting ACER Iconia Tab A501.

2012-08-26_210304

Poster seperti promo film sejak saya mulai hunting hingga membeli di Erafone.

@ Kampung Halaman Kota Bontang --Hanya mendapat sinyal 2G-EDGE, yah dinikmat

Tampak pada foto sisa baterai 30% pada pagi hari setelah digunakan seharian pada hari sebelumnya meskipun jaringan di kampung halaman tidak stabil.

Browser bawaan dari Android 4.0 Ice Cream Sandwich ternyata telah mengalami

Kapasitas baterai masih sisa 60% sejak lepas dari charger jam 6 pagi dalam keadaan online WiFi dan Paket Data bergantian non-stop secara intensif.

overpriced and downgraded features - what you can expect from it...--

“Poster” saat-saat terakhir dengan Samsung Galaxy Gio, sering bermasalah dan kerap Sleep of Death dikarenakan Stock ROM yang tidak stabil, tentu saja daya tahan baterai yang super minus serta fitur yang underdog di harga yang tinggi.

RAZR-SIMPLY-1

Sebuah poster Motorola RAZR MAXX karya saya sendiri dengan sebuah tagline “Long Lasting Simply Better” yang artinya adalah

“Lebih Lama Tentu Saja Lebih Baik”

RAZR-TEASER-2

Foto pertama setelah saya membeli Motorola RAZR MAXX

Battery-life-why1

Komputer didalam ponsel zaman sekarang jutaan kali lebih murah dan ribuan kali lebih powerful dan sekitar ratusan kali lebih kecil dari komputer di Institut Teknologi Massachusetts tahun 1965, tapi daya tahan baterainya tetap saja buruk.

End of Outlet Hunt

Bukan ponsel namanya jika terus tercolok dengan charger.

AKHIR DARI PERBURUAN COLOKAN CHARGER

Motorola RAZR MAXX - Long Lasting Inside Thin 2

26 Responses

  1. Om boleh tanya untuk beli Hard Case kyak yg di pasang di HP om itu warna Merah beli di mana ya?? klo punya Link Lapak yg jualan bisikin Donk…udah puyeng ane Cari gak nemu2 pada jawab Stock Kosong…. Thanks be 4…

  2. Sebenarnya Motorola RAZR MAXX yang didistribusikan juga merupakan dari original RAZR XT910 yang hanya diubah kapasitas baterainya sementara sebagian besar aplikasi penghemat baterai tidak memiliki database untuk RAZR MAXX sementara kode dari MAXX juga XT910 yg dimana sama dengan RAZR original.

    Sebagai catatan seluruh aplikasi penghemat baterai di Play Store tidak ada gunanya bagi saya pribadi kecuali akses root untuk mengubah CPU Profile dan Connection Manager. Karena selama ini saya tidak pernah menggunakan aplikasi power saver bla.. bla.. bla.., saya cukup dengan ROM ToolBox – CPU Profiles dan Connection Manager / Smart Radio dari GravityBox, tentu saja akses root. 2 hari bisa dengan mudah pemakaian pasif.

  3. Gan, mungkin nggak ya, kita beli Razr Maxx yg baterianya udah diganti dg yg 1780mah (rebuilt or something) ? Krn ane pake app “DU Battery Saver” kok baterai Razr Maxx ane kebacanya 1780mah ya… IMEI-nya bener. Kalo pemakaian sih emang cukup panjang, bisa seharian, tapi kok kayaknya juga nggak sepanjang yg ente critain di blog ini, karena seharian itu ane pakenya juga nggak full OL (GPS, Wifi, Bluetooth off smua). Ini baru beli seminggu sih, jadi pemakaiannya kebanyakan download2 app aja.

  4. mantap om
    gara2 ini jdi meminang razr maxx ini
    lbh kasih bocoran om pake OS yang mana?
    terus ko tempat microsd nya ga lock y,jadi di teken bunyi tapi ga lock,,jadi skrg di tahan pake tutupnya aja

  5. WOW manteb reviewnya thanks bgt…. yakin deh beli ni HP

  6. Razzr maxx hd tahan sampai 17 jam utk pemakaian normal? wow jd kpengen nih. thx. good article!

  7. Mas, mo tanya, chargernya Razr Maxx outputnya berapa ampere ya?
    trus colokan ke HPnya model apa? mini usb? micro usb? sama kayak BB?

  8. Nice review, Gan.
    Klo boleh tanya, apa normal baterai maxx belum bisa tahan seharian di pekan pertama pemakaian? Dari sekitar 6-7 kali charging, jujur sy br 2 kali sy charge dr 15an sampai 100%, sisany hanya sampai 80%an. Apakah itu memengaruhi daya tahan baterai? Atau baterainya masih memerlukan waktu untuk mencapai kondisi normal?
    Mohon pencerahannya, Gan.
    Thanks

  9. mas, mau tanya sedikit tentang format sms, selain papan qwerty yang tersedia, apa tersedia pilihan format phonepad abc ngak seperti yang tersedia diponsel xperia pada umumnya? thanks

  10. Akhirnya RAZR MAXX ada d genggaman gua sekarang….. mantappppp…. thx mas broooooo…..

  11. akhirnya jadi juga beli razr maxx (Rp 4.999 juta) dan langsung update ke ICS. mmg dibandingin dengan Galaxy SIII atau Note, batere full charged dari pagi hari masih bisa tahan lebih lama lagi dan sore hari masih bertahan 50%. yang bikin ‘drain’ adalah koneksi internet terus-menerus terutama utk update facebook, whatsapp, line or occasional browsing.

  12. Gila.. lengkap banget reviewnya. Mulai dari spec, video, test, foto. semua dah.. sampe ga kebaca saking banyaknya haha. Makasih ya mas Aries buat review nya. Btw, kok saya masuk ke webnya erafone.com dan bhinneka.com, mereka ga jual razr maxx ya? Kira2 kalau mau beli online dimana ya? Atau harus beli offline ya? Domisili saya di bandung.. Tx

  13. Setelah baca, jadi mantep rasanya mau beli Moto Razr Maxx…

  14. Inject kartu RUIM sudah ramai digunakan dan dibahas di forum KasKus, seingat saya di forum KasKus ada tutorial atau semacam jasa inject kartu RUIM operator seperti Flexi atau Smart ke dalam DROID RAZR / MAXX atau gadget lain dgn slot CDMA. Forum lounge RAZR di KasKus pun banyak yang menggunakan DROID RAZR, nama lounge-nya pun menggunakan nama DROID RAZR.
    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012127954/9733official-lounge–motorola-droid-razr—ultra-slim-android-smartphone–9733

  15. nah untuk injek kartu RUIM sendiri apa ada yang pernah nyoba ya….?

  16. setahu saya untuk jaringan CDMA-EVDO hanya model DROID RAZR MAXX yg diproduksi oleh operator Verizon khusus di US dan tidak bisa digunakan di Indonesia kecuali melakukan inject kartu RUIM. Sementara RAZR MAXX adalah model GSM untuk pasar internasional.

  17. numpang tanya ,kalo jaringan Razr maxx apa betul bisa CDMA EVDO+ GSM ya……?

  18. pengetahuan yg luar biasa…niat baik anda sangat mencerdaskan putra/i bangsa….di bidang HP droid ini….cap jempol buat anda

  19. dimana ya nyari brng ini di surabaya ?

  20. Keren om review-nya!!

  21. apakah ada produk ponsel android atau smartphone lain yang kapasitas baterai bawaan-nya sebesar Motorola RAZR MAXX..?? Dan daya tahannya dalam sekali charge seperti Motorola RAZR MAXX..?? Hingga saat ini saya belum menemukannya. Bahkan yang saya tahu, belum ada asesoris baterai yang kapasitasnya sebesar yang dimiliki oleh Motorola RAZR MAXX. Dengan Motorola RAZR MAXX tidak perlu membeli asesoris baterai tambahan bahkan bisa menunda pembelian portable powerbank, alhasil bisa menghemat pengeluaran untuk masalah baterai.

  22. ini review hp apa review batre? hehe..
    kalo masalah batre kayanya tinggal beli batre high capacity ud beres.. banyak kok yg jual.. hehe..

  23. awalnya sih saya kira plastik gan tapi pernah tidak sengaja RAZR MAXX saya jatuh di lantai keramik kena bagian frame pinggirannya tidak ada cat yang mengelupas. Dan pernah saya coba goreskan pakai sendok besi ternyata beneran berbahan metal.

  24. AFAIK, frame razr itu plastik deh gan.. at least di razr xt910 saya.. tapi tetep kualitas plastik yg jauh dibandingkan sama plastiknya samsung yg selalu menuai kontroversi.. ^.^
    kalo kerangkanya emg dari diamond-cut stainless steel.
    CMIIW

  25. review yg luar biasa dan komprehensif salut banget gan

  26. Mantap mas reviewnya. Nggak kalah dengan review dari luar. Sip-sip, jadi tahu performa sesungguhnya dari RAZR MAXX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: