Kingsoft Office 2012, gratis untuk personal + Ribbon interface


Kingsoft-Office-logoSebuah kabar yang sangat menggembirakan bahkan membuat saya kaget amat sangat adalah lisensi dari versi terbaru Kingsoft Office 2012 telah dirilis dan ditambah lagi lisensi yang dipublikasikan adalah lisensi gratis alias FREEWARE untuk penggunaan personal. Dengan ukuran file dibawah 70 MB plus fitur-fitur yang super mirip dengan produk Microsoft Office, dimana telah saya tinggalkan sejak tahun 2008 dan beralih penuh ke Kingsoft Office. Kingsoft Office 2012, paket office essensial yang hanya memerlukan jatah instalasi dibawah 200 MB untuk instalasi full dan tidak perlu belajar ulang. It’s free it’s office suite. No more Microsoft Office.

Ukuran instalasi yang kurang dari 70 MB dan kurang dari 200 MB setelah terinstall full, lisensi gratis untuk penggunaan personal dan komersial. Bandingkan saja dengan Microsoft Office untuk lisensi Home and Student sudah lebih dari 1 juta rupiah dan menuntut ukuran jatah instalasi lebih dari 1 GB dengan ukuran file instalasi lebih dari 300 MB. Microsoft Office? Bye then.

2011-09-12_101027

Bandingkan saja dengan Microsoft Office 2010 untuk edisi Home and Student, dengan ukuran installer lebih dari 300 MB dan jatah HDD yang diharuskan atau rekomendasi adalah 3 GB (ndak kurang gede nih?) belum termasuk update service pack 1 yang menambah jatah HDD hingga 500 MB dan belum lagi untuk update – update berikutnya. Jadi kalau diperkirakan hampir mencapai 5 GB hanya untuk aplikasi office suite? Benar-benar sebuah bloatware.

2011-09-12_102131

Untuk masalah harga, lisensi dari Microsoft Office 2010 Home and Student dipatok $149 per PC atau sekitar 1,3 juta Rupiah. Boros jatah HDD plus harga mahal? Apakah itu yang ditawarkan dari Microsoft Office? Sementara Kingsoft Office 2012 dengan paket lengkap Word, Spreadsheet dan Presentation ditawarkan dengan lisensi bebas biaya alias gratis untuk personal. Ngapain juga beli mahal-mahal tapi malah rakus jatah HDD?

2011-09-12_102559

2011-09-12_102640

4 tahun menggunakan Kingsoft Office sejak 2007 dan sekarang langsung menggunakan versi 2012. Sebuah kejutan yang menarik dan menurut saya fantastis. Bisa menggunakan sebuah software kantoran yang jauh lebih baik dan jauh lebih hemat dari sisi biaya serta jatah instalasi HDD yang luar biasa kecil. Dari interface-nya pun sudah tidak asing lagi meskipun tidak menggunakan model ribbon ala Office 2007 dan 2010. What is the difference? Semua disediakan sama persis dan kompabilitas telah ditingkatkan untuk format dokumen terbaru.

2011-09-11_071530

Kingsoft Writer, semua urusan editing dokumen layaknya Microsoft Word.

2011-09-11_071601

Kingsoft Spreadsheet, dokumen tabel dan pendataan layaknya Microsoft Excel.

2011-09-11_071629

Kingsoft Presentation, membuat presentasi layaknya Microsoft Powerpoint.

Apa saja keunggulan utama dari Kingsoft Office 2012 dari Microsoft Office 2010?

DOCUMENT TAB

Menampilkan beberapa dokumen sekaligus dalam model tab view. Sehingga tidak ada lagi namanya taskbar penuh dengan icon-icon aplikasi office saat membuka banyak dokumen.

2011-09-12_104433

2011-09-12_104505

2011-09-12_104535

———————————————————————————————

BUILT-IN PDF EXPORT

Export langsung ke format PDF tanpa harus download plug-in tambahan alias built-in PDF export. Pengguna bisa langsung mengubah atau menyimpan dokumen yang sedang di-edit langsung ke dalam format PDF tanpa susah payah.

2011-09-12_105336

2011-09-12_105408

2011-09-12_105506

———————————————————————————————

ULTRA SMALL RESOURCE

Beban sistem yang (sangat) jauh lebih ringan daripada Microsoft Office 2010, dengan Kingsoft Office 2012 pengguna tidak dibatasi oleh versi maupun edisi dari sistem operasi Windows, entah non Service Pack atau terinsall Service Pack. Kingsoft Office 2012 pun bisa digunakan di Windows 2000 dan Windows XP non SP. Beban RAM yang jauh lebih ringan dan jatah HDD yang juga luar biasa kecil-nya. Menyimpan file instalasi tidak perlu repot hingga satuan GB, dengan ukuran dibawah 70 MB bisa dibawa pakai USB Flash Disk dan di-install kurang dari 1 menit plus tanpa registrasi lisensi, praktis toh?

2011-09-12_140600

Mau berapa GB lagi tuh Microsoft Office?

Spesifikasi hardware selain jatah HDD yang super kecil, Kingsoft Office 2012 masih bisa berjalan lancar di notebook kelas Pentium M dengan kapasitas RAM 512 MB. Sementara Microsoft Office 2010 mengalami lagging saat editing. Tidak perlu hardware mahal hanya untuk office suite.

Kingsoft Office 2012

Microsoft Office 2010

400 MHz CPU 500 MHz CPU (masa sih?)
256 MB RAM 512 MB RAM (lancar?)
250 MB HDD 3 GB (kurang besar nih?)
Freeware Personal $149 – Home and Student
Yang kanan tuh seperti spesifikasi untuk instalasi game yah?

———————————————————————————————

NOW WITH “RIBBON”
Tidak perlu membayar mahal untuk menikmati tampilan dari Office 2007/2010…!!! Kingsoft Office 2012 menyediakannya tanpa biaya…!!! Semua fitur berfungsi sama dengan Microsoft Office 2007/2010 dan tetap beban sistem yang luar biasa ringan. Namun sayangnya bagi pengguna harus mengaktifkan tampilan Ribbon tersebut melalui registry karena pihak developer Kingsoft belum menyediakan instant switch untuk mengubah tampilan ke Ribbon UI. Berikut link download file registry untuk mengaktifkan tampilan Ribbon.
——————————————————-

Double klik “Activate Ribbon UI.reg” untuk mengaktifkan tampilan ribbon,

dan “Re-Activate Classic UI.reg” untuk kembali ke tampilan klasik.

——————————————————

Banyak yang bertanya kepada saya mengenai perihal kapasitas HDD dari Microsoft Office 2010. Memang harga HDD sekarang ini jauh lebih murah dengan perbandingan Rupiah per GB-nya sudah jauh lebih hemat dari 2 tahun lalu. Tapi disini saya sebagai pengguna professional tidak main-main dengan masalah kapasitas HDD meskipun free space tersedia banyak.
Partisi sistem operasi Windows 7 saya saat ini (sejak beli notebook Lenovo ini tahun lalu) adalah 40 GB dan tidak berubah sejak awal pemakaian. Dalam instalasi aplikasi saya akan sangat berhati-hati karena pribadi lebih memprioritaskan freeware portable dan yang juga berukuran kecil.
Jadi jangan berharap akan menemukan program gemuk seperti Nero, Yahoo! Messenger, Microsoft Office dan lain-lain terinstall di sistem operasi Windows 7 milik saya. Sejak awal pemakaian pun saya sudah berusaha menekan free space partisi sistem operasi lebih dari 15 GB dan sekarang free space-nya 18 GB. Kenapa? Saya punya alasan kuat untuk itu, yaitu untuk menghemat ukuran data backup dari partisi sistem operasi.
Saya menggunakan program freeware Macrium Reflect Free untuk melakukan backup partisi sistem operasi secara otomatis setiap malam. Sehingga per data backup per session bisa ditekan dibawah 10 GB. Gratis dan tidak boros HDD, itulah keunggulan vital dari Kingsoft Office 2012, bye bye and hell no Microsoft Office.
It’s Free, It’s Office Suite
It’s Kingsoft Office 2012
Saya mendapat kabar dari teman saya (Andi Wangsadijaya) bahwa pihak developer Kingsoft akan merilis versi berbayar dari Kingsoft Office 2012. Belum diketahui secara pasti apakah akan penambahan fitur baru atau hanya pemberian price tag untuk lisensi komersial. Kingsoft Office 2012 tetap gratis untuk penggunaan personal atau non-komersial.
 

12 Responses

  1. update link donk …………???? yang lama di delete

  2. Mantabs. .untuk ribbonnya.. eh..ngomong ngomong.. ribbon yang pake regedit itu free atau bajakan alias Crack ya ? hemmmmm.. kalo crack kayakna dah jadi KARAKTER kita kali ya.. udah dikasih gratis.. masih di Crack … …

  3. setahu saya fitur macro hanya ada di Kingsoft Office lisensi berbayar.

  4. macronya ga jalan tapi gan.. ada yang tau ga buka macronya?

  5. mantapppp
    mampir ke blog saya ya
    rikinurdian.blogspot.com

  6. sepertinya pihak developer Kingsoft telah merubah EULA dari lisensi untuk Kingsoft Office 2012 setelah update minggu ini, dimana fitur ribbon hanya disediakan pada versi Professional dengan lisensi berbayar. Lisensi gratis tidak mendapatkan fitur ribbon. Sangat disayangkan.

  7. tapi kok ribbonnya gak muncul?

  8. mantap!
    aku butuh Ribbonnya
    kirain harus beli lisensi kalo mau ada ribbon

    thanks so much

  9. muuuuaaaanntap ris🙂

  10. Kecepatan startup juga lebih cepat dan kompabilitas yg telah disempurnkana, yg penting lisensi gratis untuk personal dan ukuran hanya 70 MB…

  11. Mantap reviewnya kingsoftnya, bagaimana dalam hal kinerja (kecepatan start up) & Kompabilitas dengan Microsoft Office 2010?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: