Apakah freeware bisa diandalkan dibandingkan komersial?


2011-02-24_210211Mungkin dari para pembaca ataupun sebagian besar dari semua individu berpikir bahwa freeware atau software yang lisensi-nya gratis (GPL, open-source maupun free edition) tidak bisa diandalkan dalam kegiatan sehari – hari ataupun untuk jangka panjang. Karena freeware dianggap tidak mampu menerikan fitur maupun kemampuan layaknya yang berbayar atau versi komersial. Tapi disini saya akan menunjukkan bahwa freeware bisa diandalkan dalam kegiatan sehari-hari, ndak perlu beli lisensi ataupun mencari crack-crack illegal demi software versi komersial. Lebih aman dari crack dan tidak perlu mengeluarkan biaya lisensi. Dalam artikel kali ini saya akan menunjukkan 10 freeware yang telah menggantikan produk software komersial yang ada dan telah saya gunakan sehari-hari.

10 software tersebut adalah Foxmail, IZArc, Macrium Reflect, Revo Uninstaller, FormatFactory, Comodo Firewall, Ashampoo Burning Studio Elements, FastStone Image Viewer, CamStudio dan LiberKey. Berikut dibawah ini akan saya jelaskan secara preview keunggulan dari software – software tersebut dan apakah yang menjadi pukulan telak bagi produk komersial.

Foxmail, email client yang membuat saya memecat Outlook dan Thunderbird. Penggunaan super simpel dan konfigurasi sangat mudah dihafal dengan tambahan berupa spam filter dan berbagai fitur built-in menarik lainnya. Foxmail meskipun hadir dalam bentuk file installer tapi bisa digunakan dalam bentuk portable. Sehingga menambah nilai praktis yang lebih daripada Thunderbird. Lisensi gratis daripada membeli Outlook yang mahal. Review lengkap silakan klik link dibawah ini:

Tencent Foxmail, untuk kemudahan dalam manajemen e-mail

banner10ub

LogoIZArcIZArc, dengan dukungan lebih dari 25 format arsip termasuk NRG dan ISO. IZArc mampu menggantikan penuh WinZip dan WinRAR sejak 4 tahun lalu. Dengan lisensi gratis dan interface yang mirip dengan program arsip lainnya maka pengguna tidak perlu lama-lama beradaptasi. Nilai plus dengan tersedianya versi portable maka IZArc bisa langsung dipakai tanpa harus melakukan instalasi sehingga sangat praktis. Format 7zip yang dimana mempunyai algoritma tingkat kompresi terbaik pun sudah dikenal baik oleh IZArc. Jadi? Masih butuh WinZip dan WinRAR? Review singkat pernah saya publikasikan melalui link dibawah ini:

IZArc, lengkap dan gratis, tinggalkan WinZip dan WinRAR

2009-09-22_235610

banner10ub

Splash Screen logoMacrium Reflect, sebagai penyelamat dikala terjadi kehilangan data ataupun crash sistem operasi Windows. Telah berhasil membuat saya memecat Norton Ghost dan Nero BackItUp yang dimana bukan produk freeware. Meskipun Macrium Reflect tersedia edisi berbayar-nya tapi edisi gratis-nya sudah lebih dari cukup khusus untuk penggunaan non-komersial alias pribadi. Fitur yang mudah digunakan dan gampang dihafal serta recovery yang menggunakan kernel Linux sehingga bisa dengan mudah dibuat dalam modus bootable di media USB, praktis dan mudah serta gratis. Tutorial dan berbagai langkah – langkah dalam menggunakan Macrium Reflect telah saya publikasikan melalui link dibawah ini:

Backup and Restore with Macrium Reflect

Membuat USB Recovery, solusi bagi pengguna netbook

Backup otomatis dengan satu langkah

BAK1

banner10ub

Revo_Uninstaller_icon_by_juanfaiRevo Uninstaller, menghapus sebuah instalasi aplikasi yang dimana bisa memberikan hasil yang lebih baik daripada bawaan Windows. Sebagian besar produk software uninstaller tidak ditawarkan dalam bentuk freeware sehingga menjadi dilema dalam memilih yang terbaik. Pihak developer VS Revo Group telah membuat sebuah produk software uninstaller yang mungkin bagi saya dan para pembaca sudah tidak asing. Revo Uninstaller awalnya ditawarkan dalam lisensi freeware namun sejak pertengahan 2010, developer VS Revo Group menawarkan lisensi Pro dengan penambahan beberapa fungsi namun tetap menawarkan fitur inti-nya yaitu modul uninstaller pada versi freeware. Rview singkat mengenai Revo Uninstaller telah saya publikasikan sudah lama melalui link dibawah ini:

Revo Uninstaller, menghapus tuntas 100% dan gratis

2011-02-28_114741

banner10ub

2009-08-10_113706FormatFactory, semua dalam satu dan menyediakan semua yang diperlukan untuk kegiatan konversi media apa-pun. Dari format apa-pun hingga media apa-pun semua-nya disediakan oleh FormatFactory. Fitur memotong durasi video, cropping, hardsub, resize, expand dan lain-lain disediakan dengan mantap oleh developer-nya. Mendukung prosesor multi-core dalam setiap proses-nya sehingga pengguna yang menggunakan prosesor seperti AMD Phenom X6 atau Intel Core i7 bisa memanfaatkannya untuk mempercepat proses konversi video di FormatFactory. Konversi ke perangkat gadget seperti smartphone atau PSP juga telah disediakan berdasarkan profil dari gadget tersebut, tinggal pilih dan konversi. FormatFactory telah sukses membuat saya memecat Total Video Converter, Nero Recode dan Media Recode

FormatFactory, The One and Only All in One Media Converter

2011-03-03_071258

banner10ub

2011-03-31_201211Comodo Firewall, kali ini adalah software keamanan untuk jaringan yaitu firewall. Dengan lisensi gratis untuk penggunaan personal ditambah dengan konfigurasi yang mudah serta notifikasi untuk konfirmasi visual. Comodo Firewall telah berhasil membuat saya memecat ZoneAlarm Firewall yang pernah saya gunakan di tahun 2007 dan sejak itu saya menggunakan Comodo Firewall hingga saat ini. Fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh developer Comodo Firewall bisa dibilang lengkap dan simpel. Konfigurasi blacklist, whitelist dan sistem kategori untuk per basis aplikasi seperti Web Browser, Trusted Application dan lain-lain. User interface dengan model sistem tab membuat ringkas setiap melakukan pengubahan konfigurasi. Lisensi gratis untuk personal dan komersial, tersedia edisi Pro yang berbayar untuk layanan dan fitur lebih. Sebelum saya menggunakan Comodo Firewall, produk Zone Alarm dan PC Tools Firewall pernah saya gunakan tapi ternyata Comodo Firewall lebih friendly menurut saya dan konfigurasi-nya lebih mudah.

Comodo Firewall, proteksi sempurna dan gratis

2011-03-31_201759

banner10ub

2011-03-31_202144Telah sukses “mengusir” merek Nero dari sistem sejak 3 tahun lalu dan masih saya gunakan hingga sekarang. Ashampoo Burning Studio Elements memberikan fitur yang sangat lengkap bahkan versi gratisan dari Nero hanya memberikan 2 fungsi. Dengan Ashampoo Burning Studio Elements semua fungsi tersedia bahkan desain cover juga disediakan oleh pihak developer-nya. Fitur untuk pengguna professional yaitu mampu mengubah isi dari file media bootable ISO atau media CD/DVD dan menyimpannya kembali ke lokasi yang baru. Lisensi gratis untuk personal namun harus mendaftar email untuk mendapatkan nomor lisensi-nya.

Ashampoo Burning Studio, pecat sampah Nero 9 Free

2011-03-31_202226

banner10ub

FastStone logoDengan menyediakan berbagai fungsi yang juga multi-fungsi FastStone Image Viewer banyak menyediakan fitur editing dasar dalam kegiatan manajemen fotogratfi maupun kolektor wallpaper. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah batch resize, batch rename, batch convert, slide show builder, contact sheet builder, multi page file builder, multi page file splitter, image strip builder. FastStone Image Viewer tidak hanya sekadar viewer atau manajemen file foto / gambar, meskipun lisensinya gratis untuk personal namun pihak developer FastStone tidak pelit dalam memberikan sebuah kelebihan untuk softwarenya.

FastStone Image Viewer, lebih dari sekadar viewer gambar

FSViewerScreenShot1

banner10ub

2011-05-04_170030CamStudio, sebuah freeware yang saya dambakan sejak awal kemunculannya. Mengapa? Karena CamStudio merupakan freeware dengan fitur screen recording yang simpel dan mudah serta stabil dalam setiap proses recording. Bahkan untuk recording layar penuh saya tidak menemukan adanya masalah apa-pun. CamStudio mampu memberika feature-feature yang melimpah meskipun lisensinya gratis. Diantaranya screen anotations, custom area dan codec configuration. Screen anotations cocok bagi pengguna yang sering membuat tutorial berbasis video, custom area untuk memilih area yang ingin direkam dan codec configuration bagi pengguna professional untuk memilih setting codec video yang diinginkan.

2011-05-04_170056

banner10ub

Pada dasarnya LiberKey hanyalah sebuah platform launcher untuk aplikasi-aplikasi portable, namun yang menjadikan LiberKey berbeda dari yang lain adalah fitur online update dan slipstream update yang luar biasa mudahnya. Dengan adanya fitur tersebut pengguna tidak perlu lagi mendownload satu-per-satu update dari aplikasi portable yang ter-install di platform LiberKey. Hanya dengan melalui fitur tersebut seluruh update yang tersedia bisa langsung di-download seluruhnya dalam satu kesempatan. Mengamankan LiberKey pun amat sangat mudah, pengguna hanya perlu program arsip seperti IZArc atau 7zip dan kemudian cukup dengan membuat sebuah arsip baru dari folder LiberKey maka dengan sendiri-nya seluruh aplikasi LiberKey akan tersimpan dalam 1 file tunggal dalam bentuk arsip ZIP yang aman. LiberKey bisa digunakan secara permanen di HDD internal dan tentu saja bisa dipindah dengan mudah ke media eksternal dengan copy-paste untuk digunakan secara mobile di unit PC lain.

LiberKey, semua dalam satu dan langsung dipakai dimana saja

banner10ub

Dari semua freeware yang saya jelaskan diatas merupakan freeware dengan fungsi yang paling sering digunakan. Hanya dengan freeware-freeware tersebut pengguna tidak perlu risau dengan berbagai iklan maupun limitasi dari versi trial maupun shareware, install dan pakai tanpa embel-embel. Disamping gratis semuanya juga dipaketkan dalam bentuk installer yang jauh lebih ramping.

Bandingkan saja Foxmail dan Microsoft Outlook, Foxmail ukurannya kurang dari 10MB dan gratis sedangkan Microsoft Outlook sudah diatas 500MB dengan harga diatas 500 ribu Rupiah? Lalu Ashampoo Burning Studio dengan Nero 9 Free, Sementara Nero 9 Free hanya menawarkan fungsi Burn dan Copy, Ashampoo Burning Studio memberikan seluruh fungsi tanpa terkecuali.

“Freeware is Freedom without Fee and Fear”

“Open Development Always Brings You More”

2 Responses

  1. “Freeware is Freedom without Fee and Fear”

    Nice Info Gan…

  2. nice work man, ditunggu ulasan selanjutnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: