Listary, mencari file di dalam folder manapun secara instant


2011-05-06_161728Pernahkah anda sebagai pengguna sistem operasi Windows yang juga sekaligus kolektor musik. foto maupun film mengalami kesusahan saat dalam 1 folder berisikan banyak file dan terkadang dibuat susah oleh keadaan tersebut karena ingin mencari sebuah file tapi hanya ingat nama file-nya saja. Mungkin terdengar simpel namun akan sangat membantu bagi pengguna yang mempunyai folder yang berisikan file dalam jumlah yang sangat banyak. Listary aktif sebagai sebuah add-on di sistem operasi dan tidak bergantung pada Windows Explorer, sehingga jika pengguna menggunakan aplikasi manajemen selain Windows Explorer tidak masalah, Listary tetap bisa digunakan.

2011-05-06_162143

Seperti pada ilustrasi di atas, Listary bisa langsung digunakan tanpa harus menekan tombol launcher apa-pun, pengguna langsung saja mengetik nama file yang ingin dicari maka dengan sendiri-nya Listary akan muncul untuk menampilkan daftar nama file yang berhubungan dengan kata kunci yang diketik.

2011-05-06_163545

Listary tidak hanya bergantung atau aktif di Windows Explorer, seperti pada ilustrasi diatas saya menggunakan Listary pada program manajemen file Q-Dir. Pada saat melakukan pencarian file pun Listary memberikan kemudahan ekstra bagi penggunanya, yaitu dengan secara otomatis memilih file/folder yang menjadi urutan teratas pada daftar pencarian kata kunci Listary. Sehingga jika file/folder yang diinginkan sudah ketemu pengguna langsung saja menekan tombol ENTER jika ingin langsung membuka file yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini saya sajikan pengoperasian Listary di Windows Explorer. Dalam demonstrasi ini saya akan menggunakan direktori HDD yang dimana berisikan koleksi film saya dengan jumlah folder-nya hampir 600. Berikut ilustrasi-nya (screenshot).

2011-05-07_080150

Lalu saya ingin mencari folder dengan nama Opera Van Java yang dimana merupakan salah satu favorit saya setiap hari (beli TV Tuner hanya untuk merekam Opera Van Java, sinetron? no way..!! hahaha…), lalu saya tinggal mengetikkan “opera” maka Listary menampilkan semua nama folder yang mempunyai kata kunci “opera”, berikut ilustrasinya.

2011-05-07_075314

Sesuai dengan ilustrasi di atas, folder Opera Van Java langsung dipilih oleh Listary karena kata kunci yang saya ketik sebelumnya (“opera”) menjadi nama depan dari folder tersebut, sedangkan nama folder lainnya yang berada di daftar Listary yaitu “Starship Operator” dan “Phantom of The Opera” tidak langsung dipilih karena bukan menjadi nama depan dari kata kunci yang diketik.

Setelah menemukan folder yang dicari, saya tinggal menekan ENTER tanpa harus menggerakkan mouse ke arah folder Opera Van Java jika ingin langsung melihat isi dari folder tersebut. Ilustrasi dibawah ini adalah saat saya telah menekan tombol ENTER dan masuk ke folder Opera Van Java.

2011-05-07_075613

Sama sepertinya sebelumnya saat saya mencari nama folder, dalam folder Opera Van Java saya ingin menonton salah satu episode-nya dengan judul “Kisah Cinta Bang Jeki dan Zakia”, maka hanya dengan mengetik “kisah cinta” nama file yang saya cari langsung ditemukan dan dipilih oleh Listary.

Catatan: jika ingin menghilangkan tampilan Listary disaat tidak ingin membuka folder atau file yang diinginkan, cukup tekan tombol ESCAPE dan Listary akan menghilang dari layar.

Tanpa perlu basa-basi karena saya ingin menonton episode tersebut, tombol ENTER langsung saya tekan untuk membuka file video dan menjalankan aplikasi Media Player Classic Home Cinema. Berikut ilustrasinya.

2011-05-07_075816

Pihak developer Listary juga menyediakan sebuah video demonstrasi-nya sendiri, meskipun singkat tapi menjelaskan semua teknik pengoperasian dari Listary, tidak rumit dan mudah dimengerti secara langsung.

What Can Listary Do For You? Video demonstration by Bopsoft (the developer)

Saya sendiri bisa dibilang baru dalam menggunakan Listary, kira awal bulan lalu saya baru menemukan Listary ini. Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada website review dan portal berita IT yaitu addictivetips.com, atas artikel yang berjudul 150 software gratis terbaik di tahun 2010. Begitu banyak freeware-freeware berkualitas dan saya pun ingin sekali mereview-nya semuanya satu-per-satu.

Ada tambahan sedikit untuk Listary ini, saat saya sedang menyelesaikan artikel review Listary ini saya melakukan upgrade ke versi yang terbaru. Pada versi terbaru terdapat penambahan fungsi toolbar pada tampilan searchbox Listary meskipun fungsi utamanya tidak berubah. Bisa dilihat pada screenshot dibawah ini.

2011-05-08_113035

Pada versi terbaru ini pihak developer menambahkan 3 tombol menu drop-down yaitu Favorite, Recent dan Smart. Favorite digunakan untuk meletakkan folder / file yang sekarang sedang di-browse masuk ke dalam daftar lokasi favorit. Recent merupakan daftar lokasi file / folder yang sebelumnya pernah diakses dan Smart menu konfigurasi akses shortcut ke beberapa setting. Dibawah ini screenshot dari ketiga menu tersebut.

2011-05-08_1133162011-05-08_1133432011-05-08_113421

Tips tambahan dalam penggunaan Listary, mungkin ada yang berpikir untuk meletakkan searchbox di posisi yang diinginkan sehingga tidak harus berada di pojok kanan bawah. Untuk itu langsung saja buka menu Options Listary melalui tray icon Windows (klik kanan). Navigasikan ke sub-opsi Display.

2011-05-08_114253

Pada “Window Position” pilih From top / From bottom dan From left / From right sesuai selera, jika ingin searchbox agak lebih jauh dari tepi aplikasi masukkan nilai pixel yang sesuai. Semakin besar nilai pixel maka posisi searchbox dari Listary akan semakin menjauh dari tepi aplikasi yang bersangkutan.

2011-05-08_120026

Dibawah ini saya sajikan demonstrasi penggunaan Listary dalam bentuk video berdurasi 30 detik. Dimana dalam demo video tersebut saya samakan dengan tutorial yang saya buat diatas yaitu mencari folder “Opera Van Java” dan memainkan file video “Kisah Cinta Bang Jeki dan Zakia” dari dalam folder tersebut.

Listary video demonstration by tridentcore.com

Penasaran dan ingin segera menggunakan Listary? Silakan langsung mendownload Listary melalui link dibawah ini. Listary tersedia gratis untuk penggunaan pribadi plus versi portable juga disediakan. Instant Search Anywhere with Listary.

Download Installer / Download Portable / Developer Website

PERHATIAN..!! Saya mendapatkan bahwa pada versi terbaru Listary yaitu versi 3.0.1 tidak bisa berjalan atau aktif di aplikasi file manajemen selain Windows Explorer. Saya sendiri baru saja mengalaminya diaplikasi Q-Dir, meskipun belum ada informasi jelasnya di aplikasi lain saya lebih merekomendasikan menggunakan versi lama yang dimana lebih simpel dan mudah. Silakan download versi lama (versi 2.00) melalui link dibawah ini.

Download old version (portable)

One Response

  1. Makasih infonya gan,.,.

Leave a Reply

