LiberKey, semua dalam satu dan langsung pakai dimana saja


IconDimana pun, kapan pun dan meskipun anda sebagai pengguna yang telah melakukan migrasi ke sebuah unit PC/notebook baru tidak perlu risau. Yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan copy folder LiberKey lalu semua bisa langsung dipakai kembali tanpa perlu konfigurasi ulang. Nah apa sih LiberKey itu? LiberKey adalah sebuah software launcher platform untuk aplikasi – aplikasi portable dan dilengkapi dengan fitur ekstra yang tidak umum seperti online update serta sinkronisasi dengan catalog aplikasi di website LiberKey, seperti yang sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Nah pada artikel kali ini akan saya jelaskan mengenai keunggulan istimewa dari LiberKey selama saya menggunakannya lebih dari 2 tahun ini.

palette_en

Sebelum memulai membaca artikel mengenai LiberKey, saya sekiranya memohon maaf kepada para pembaca blog saya jika selama 2 bulan ini saya tidak mempublikasikan artikel terbaru karena ada kesibukan di kampus menjelang akhir semester. Dan saya baru bisa meneruskan artikel – artikel yang masih dalam tahap konsep setelah masa ujian akhir semester berakhir. Mari lanjut ke pembahasan utama artikel ini, selamat membaca. Jika ada pertanyaan silakan menghubungi saya melalui email atau messenger, akan saya bantu sebisanya.

Dalam bahasa mudahnya, LiberKey bagaikan sebuah paket all-in-one yang mengumpulkan semua aplikasi-aplikasi dalam satu tempat dan mudah untuk dioperasikan. LiberKey bagaikan menu Start kedua dalam sistem operasi Windows. LiberKey dapat menjadi penyelamat bagi semua pengguna yang merasa repot terhadap koleksi-koleksi software portable mereka. Hanya dengan LiberKey semua bisa dimanajemen dengan mudah dan ditambah lagi bisa langsung di-kopi ke media eksternal seperti Flash Disk atau pun HDD eksternal. Ratusan aplikasi portable dari berbagai kategori siap digunakan tanpa embel-embel apa-pun. Dimulai dari lisensi GPL, Open Source hingga Free Edition.

Jika mempunya aplikasi portable yang tidak tersedia di katalog LiberKey tidak perlu risau, pengguna bisa menambahkannya sendiri ke dalam menu LiberKey dengan mudah. Alhasil dengan LiberKey pun aplikasi portabel anda bisa menjadi satu.

Pengalaman saya dengan LiberKey cukup menarik selama 2 tahun ini, berkat LiberKey saya bisa mengurangi file – file instalasi software karena semua bisa langsung dipakai. Jika sistem operasi Windows saya mengalami masalah sehingga harus melakukan recovery, saya tidak perlu risau dengan LiberKey karena lokasi LiberKey yang sengaja saya letakkan di partisi data. Jadinya LiberKey terlepas dari keterlibatannya dengan partisi sistem operasi.

Jika saya ingin menggunakan LiberKey di notebook selain notebook utama saya, maka dengan mudah saya cukup meng-kopi seluruh folder LiberKey ke dalam media eksternal yaitu HDD Eksternal saya. Tidak perlu konfigurasi ulang semua langsung dipakai. Konfigurasi web browser Firefox saya pun tidak perlu disetting ulang, sehingga AdBlock Plus, NoScript dan berbagai addon yang saya gunakan bisa langsung dipakai tanpa konfigurasi ulang. Amat sangat praktis dan menghemat waktu.

Apa saja sih yang menjadi kelebihan utama dari LiberKey? Ya LiberKey memberikan banyak kemudahan dan kepraktisan yang luar biasa dibandingkan para portable launcher lainnya. Berikut beberapa poin yang menurut saya menjadi keunggulan dari LiberKey:

—————————————————————————————————————–

menyediakan menu interaktif dengan animasi,

supaya terlihat lebih elegan dan bergaya dengan teman-teman anda, LiberKey memberikan sebuah desain animasi untuk setiap aksi yang dilakukan oleh LiberKey. Dimulai dari membuka menu, memilih kategori aplikasi, menjalankan aplikasi, mengganti tab aplikasi hingga menutup menu. Jika tidak selera dengan animasi-nya pengguna bisa mematikan fungsi animasi tersebut melalui menu konfigurasi yang disediakan.

 

Demonstrasi animasi menu LiberKey.

—————————————————————————————————————–

layout menu bisa diubah sesuai selera,

LiberKey menyediakan 2 layout untuk menu utama, modus icon dan tree. Kedua layout tersebut bisa dipilih langsung melalui tombol layout di kanan atas menu. Modus icon lebih cocok untuk tampilan kategori sedangkan modus tree layaknya Windows Explorer. Sesuaikan dengan selera.

2011-01-30_1406122011-01-30_140627

 

Demonstrasi pengubahan layout menu LiberKey.

—————————————————————————————————————–

tersedia fitur untuk mengubah warna menu Liberkey,

Seperti yang terlihat di screenshot paling atas, LiberKey tersedia dalam berbagai pilihan warna yang bisa dipakai. 10 warna utama tersedia bisa langsung dipilih, untuk variasi warna lain pengguna bisa mengubah nilai birghtness, saturation dan hue.

palette_en2011-01-30_140650

—————————————————————————————————————–

menggunakan model kategori untuk setiap aplikasi,

Menu utama LiberKey menggunakan sistem kategori untuk semua aplikasi yang dimana bertujuan untuk memudahkan pengguna menemukan aplikasi yang diinginkan. Namun ada beberapa ambigu pada penggunana sistem kategori ini karena adanya aplikasi yang mempunyai fungsi ganda yang dimana bisa ditemukan di 2 kategori yang berbeda.

Untuk contoh, aplikasi web browser Opera bisa ditemukan di 2 kategori yaitu Internet – Browser dan Internet – Email. Hal ini memang dikarenakan Opera mempunyai fungsi manajemen email client dan tentu saja sebagai web browser.

Kategori – kategori yang tersedia di LiberKey adalah sebagai berikut:

Audio, CD – DVD, Education, FIle Management, Games, Graphics – Photo, Internet, Networking – Server, Office, Security, System Utilities dan Video.

2011-01-30_1403522011-01-30_140612

—————————————————————————————————————–

menambah custom menu dan aplikasi portable non-LiberKey,

Jika mempunyai koleksi aplikasi portable sendiri dan ingin menambahkannya ke dalam menu Liberkey, pengguna bisa membuat sebuah custom menu tersendiri yang dimana isi-nya adalah koleksi aplikasi portable pribadi. Caranya pun sangat mudah, pengguna tinggal memasukkan aplikasi tersebut ke dalam folder MyApps (direkomendasikan per aplikasi per folder) dan selanjutnya tinggal memasukkan shortcut-nya ke dalam LiberKey, atau membuat menu kategori tersendiri.

2011-01-30_141307

2011-01-30_1414452011-01-30_1416232011-01-30_1416542011-01-30_1417072011-01-30_141735

Tampilan beberapa koleksi aplikasi portable milik saya dalam modus kategori.

—————————————————————————————————————–

akses ke katalog online LiberKey untuk menambah aplikasi,

Total mencapai 300 lebih aplikasi yang tersedia di katalog online LiberKey, pengguna bisa memilih langsung dan menambahkannya ke dalam LiberKey. Yang lebih hebatnya lagi pengguna bisa melakukan sinkronisasi aplikasi yang dimiliki dengan aplikasi yang terdapat di katalog online LiberKey sehingga bisa menambah aplikasi seperlunya tanpa harus melakukan cek satu per satu.

Untuk melakukan sinkronisasi terhadap aplikasi portable gunakan fitur “Browse the application catalog” melalui menu utama Liberkey Tools – Manage portable applications. Dan setelahnya akan muncul konfirmasi seperti pada screenshot dibawah ini, cukup klik “Access the online catalog” maka dengan sendirinya Liberkey akan membukakan web browser anda dan langsung menampilkan katalog online aplikasi Liberkey.

2011-01-30_1516012011-01-30_151748

2010-02-14_200422

berikut langkah – langkah untuk menambahkan aplikasi dari katalog online ke dalam LiberKey anda. Pertama lakukan saja seperti yang telah saya jelaskan diatas dan setelahnya cukup pilih aplikasi portable di katalog online yang ingin ditambahkan. Dalam contoh kali ini saya akan menambahkan aplikasi CDBurnerXP.

Sebelum memilih aplikasi ada baiknya anda meng-aktifkan modus “enable file associations” supaya aplikasi yang dipilih bisa dimasukkan ke dalam LiberKey anda. Berikut langkahnya:

2011-01-30_1532152011-01-30_153613

sebuah konfirmasi akan muncul bahwa “File Associations” telah berhasil.

Setelah memilih aplikasi yang diinginkan cukup klik “Install [nama aplikasi] on my LiberKey” dan setelahnya LiberKey akan menampilkan daftar aplikasi yang akan ditambahkan ke dalam menu. Cukup klik tombol “Install selected applications” dan setelahnya tinggal menunggu proses instalasi-nya kemudian diakhiri dengan konfirmasi bahwa penambahan aplikasi telah berhasil. Jangan lupa untuk me-non-aktifkan modus “File Associations”-nya.

2011-01-30_1541092011-01-30_154139

—————————————————————————————————————–

fitur update ke semua aplikasi sekaligus,

Kemudahan yang tiada-dua-nya di LiberKey adalah fitur update yang dimana melakukan update ke semua aplikasi portable yang digunakan tanpa terkecuali. Melalui menu utama LiberKey Tools – Check Updates maka dengan sendiri-nya LiberKey akan menampilkan daftar aplikasi yang membutuhkan update.

LiberKey akan menampilkan update dalam bentuk level prioritas yaitu Priority dan Optional. Priority lebih direkomendasikan karena dalam level ini umumnya aplikasi mendapat pengembangan versi baru atau perbaikan bug fatal, sedangkan untuk Optional hanya penambahan atau perbaikan kecil. Saya pribadi lebih merekomendasikan untuk memilih semua aplikasi untuk di-update.

Dianjurkan melakukan update saat koneksi internet-nya sedang lancar karena proses update membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk koneksi yang pas-pasan seperti di Indonesia kita ini.

2011-01-30_1559452011-01-30_155833

2010-02-07_0225192010-02-07_0227082010-02-07_0228122010-02-07_023108

Melalui menu utama LiberKey Tools – Check updates akan muncul konfirmasi “Available updates” apakah tersedia update untuk platform LiberKey atau aplikasi – aplikasi yang digunakan dan tersedia link untuk ke katalog online.

Pada screenshot diatas kebetulan LiberKey saya tidak ada update yang tersedia saat artikel ini saya ketik. Pada screenshot dibawahnya ditampilkan saat LiberKey  menampilkan daftar aplikasi yang memerlukan update. Cukup klik tombol “install selected applications” maka dengan sendiri-nya semua aplikasi akan di-update seluruhnya.

—————————————————————————————————————–

bisa dipindah ke media apa-pun tanpa perlu konfigurasi ulang,

keunggulan yang tiada dua-nya dari LiberKey adalah fleksibilitas-nya yang luar biasa. Pengguna bisa memindahkan seluruh LiberKey ke media eksternal apa-pun dan menjalankan-nya langsung tanpa perlu syarat apa-pun. Seperti pada ilustrasi dibawah ini yang dimana merupakan slogan logo LiberKey, pada ilustrasi dijelaskan bahwa LiberKey bisa digunakan hampir di semua media penyimpanan termasuk flash card dan flash disk.

Bisa dipakai langsung tanpa basa-basi dan tidak memerlukan instalasi yang rumit untuk semua aplikasinya dan tentu saja semua gratis tanpa biaya lisensi.

lbkhome5

—————————————————————————————————————–

backup cukup menggunakan aplikasi arsip seperti 7zip atau IZArc,

karena bersifat portable sehingga untuk melakukan backup platform LiberKey cukup menggunakan metode arsip dengan menggunakan software archiver seperti IZArc atau 7zip, modus ISO dari software burner juga boleh.

2011-01-31_132115

—————————————————————————————————————–

tersedia file instalasi offline untuk setiap aplikasi,

pihak developer LiberKey menyediakan fleksibilitas yang luar biasa untuk platform LiberKey. Jika pengguna ingin melakukan instalasi secara offline setiap aplikasi yang diinginkan, LiberKey menyediakan paket installer offline layaknya instalasi biasa namun dengan format dari LiberKey.

Pengguna bisa mendownload file installer-nya melalui katalog online yang tersedia dibagian bawah informasi software-nya. Untuk melakukan instalasi-nya cukup aktifkan modus “File Associations” yang telah saya jelaskan sebelumnya. Pada screenshot dibawah ini merupakan contoh dimana saat saya ingin melakukan instalasi aplikasi LibreOffice secara offline.

2011-01-31_130132

2011-01-31_132237

2011-01-31_1120592011-01-31_1121042011-01-31_112110

2011-01-31_1121172011-01-31_1121572011-01-31_112322

2011-01-31_112314

—————————————————————————————————————–

fitur file-association untuk integrasi dengan berbagai format file,

berikut ini adalah salah satu dari fitur favorit saya dalam menggunakan LiberKey, telah disebutkan sebelumnya mengenai fitur “File Associations”, namun fitur ini tidak hanya untuk penambahan aplikasi saja melainkan bisa mengambil alih format – format dokumen untuk bisa dibuka dengan aplikasi – aplikasi yang ada di LiberKey.

Sebagai contoh untuk format – format umum seperti JPEG dan TXT. Dengan meng-aktifkan fitur “File Associations” maka format – format dokumen tadi akan diambil alih aplikasi – aplikasi yang ada di LiberKey yang bisa meng-handle format tersebut. Dapat langsung dipakai saat pengguna melakukan klik kanan dari salah satu format dokumen tersebut. Berikut screenshot dari aksi fitur “File Associations”.

Fitur “File Associations” langsung tampil dalam menu konteks klik kanan di Windows Explorer. Pengguna bisa memilih aplikasi apa yang ingin digunakan untuk file yang dipilih. Konfigurasi “File Associations” bisa diubah melalui icon yang muncul di tray icon.

2011-01-31_1340582011-01-31_134317

kfa_en

—————————————————————————————————————–

sistem pencarian aplikasi instant tidak perlu menunggu,

karena jumlah aplikasi yang sedemikian banyak-nya mungkin bisa saja pengguna bingung dimana lokasi aplikasi favoritnya. Untuk itu LiberKey menyediakan kotak pencarian tepat dibagian bawah tampilan menu LiberKey, sama hal-nya dengan kotak pencarian di menu Start sistem operasi Windows 7.

2011-01-31_1348162011-01-31_134835

 

Demonstrasi fitur search pada menu Liberkey.

—————————————————————————————————————–

sistem update metode slipstream tidak perlu restart Windows,

selain melakukan update untuk aplikasi – aplikasi portable di dalamnya, platform LiberKey juga bisa di-update untuk kestabilan yang lebih baik. Meskipun tidak sering namun penting dan wajib untuk dilakukan supaya platform LiberKey stabil. Langkah untuk melakukan update platform LiberKey sama persis dengan update aplikasi, melalui menu LiberKey Tools – Check Updates lalu akan muncul dialog “Available Updates” untuk bagian update LiberKey Platform.

Kebetulan pada screenshot dibawah ini tidak ada update yang tersedia namun jika ada update terbaru yang dirilis oleh pihak developer maka cukup klik “Update my LiberKey now”. Proses download akan tampil pada menu utama LiberKey dalam bentuk download bar diatasnya tombol LiberKey Tools dan selanjutnya akan ada konfirmasi untuk melakukan update platform LiberKey, cukup klik “Apply the update” dan selesai. Platform LiberKey akan restart dengan sendiri-nya.

2011-01-30_1559452011-01-30_155833

2010-06-18_0008322010-06-18_0009452010-06-18_001027

—————————————————————————————————————–

autorun untuk menjalankan aplikasi di LiberKey secara otomatis,

Fitur autorun di LiberKey bisa disamakan dengan fitur Windows Startup pada sistem operasi Windows 7. Sebuah fitur dimana pengguna bisa menjalankan aplikasi setelah proses login Windows. Pada fitur Autorun ini bisa dibilang mirip namun dengan fungsi tambahan yaitu timer untuk menunda waktu aplikasi aktif sehingga tidak membebani HDD.

Fitur autorun terdapat pada menu konfigurasi utama dari LiberKey yang bisa diakses melalui LiberKey Tools – LiberKey Configurations. Cukup centang “activate autorun” untuk mengaktifkan fitur autorun lalu masukkan waktu timer untuk memulai autorun dan waktu timer jeda per aplikasi yang akan diaktifkan. Untuk memasukkan aplikasi ke dalam daftar autorun cukup gunakan metode drag and drop melalui menu LiberKey. Pilih aplikasi-nya lalu klik dan geser ke dalam daftar autorun. Sangat mudah bukan? Itulah LiberKey.

2011-01-31_154540

 

Demonstrasi fitur search di menu utama Liberkey.

—————————————————————————————————————–

tidak perlu mendownload file instalasi dari developer tiap update,

Muungkin sudah menjadi cerita umum kalau yang namanya update kebanyakan kita sebagai user harus mendownload file instalasi-nya yang terbaru. Jarang sekali pihak developer menyediakan update melalui metode slipstream yang dimana hanya mendownload yang diperlukan saja alias sebuah patch.

Pada LiberKey ini pengguna tidak perlu risau jika ketinggalan versi terbaru dari aplikasi favorit-nya karena semua aplikasi dari LiberKey telah dimasukkan dalam satu wadah yang dimana bisa diakses kapan saja, offline maupun online. Sebenarnya saya lebih menyarankan update online karena jauh lebih praktis dan simpel, tapi untungnya saja untuk metode offline tidak repot dilakukan mengingat internet di Indonesia yang pelitnya luar biasa.

—————————————————————————————————————–

tersedia deskripsi dari setiap aplikasi di dalam menu LiberKey,

LiberKey akan menampilkan informasi terkait dari setiap aplikasi yang digunakan saat pengguna memilihnya. Untuk setting default-nya akan tampil dalam bentuk pop-up di sebelah kiri disertai dengan link website developer-nya dan beberapa opsi yang bisa diubah.

2011-01-31_1602082011-01-31_160245

—————————————————————————————————————–

fitur floating menu untuk akses yang lebih cepat ke aplikasi favorit

floating menu adalah sebuah fitur yang mengadopsi desain menu dari LiberKey versi sebelumnya. Namun dengan pengembangan lebih lanjut yang dimana floating menu dapat diletakkan dimana pun selama berada di area desktop.

Untuk menggunakan fitur floating menu caranya sangat sederhana, pengguna cukup menggeser floating menu yang muncul dengan klik kanan icon LiberKey di tray ke area desktop.

Namun sayangnya floating menu tidak bisa muncul secara otomatis pada modus autorun sehingga setiap kali restart Windows floating menu yang sebelumnya dibuat akan hilang. Berikut dibawah ini cara membuat floating menu di LiberKey.

 

Demonstrasi video cara membuat floating menu.

—————————————————————————————————————–

berikut dibawah ini adalah demonstrasi pemakaian LiberKey yang dipublikasi di YouTube oleh coolorup. Dalam video tersebut coolorup akan memperlihatkan bagaimana LiberKey beraksi di dalam desktop.

 

 

Demosntrasi penggunaan LiberKey oleh coolorup. Credits to coolorup@youtube.com.

—————————————————————————————————————–

Gratis, siap digunakan, aplikasi – aplikasi portable, update online otomatis, sinkronisasi dengan katalog online. Itulah slogan dari LiberKey untuk para penggunanya. Sebagai tambahan informasi saja, LiberKey dikabarkan bersaing langsung dengan pihak developer PortableApps namun berbagai debat di forum internasional LiberKey berhak mendapat gelar portable launcher terbaik meskipun tidak resmi.

Tertarik untuk menggunakan LiberKey? Langsung saja download aplikasinya melalui link dibawah ini.

suite_setup4_en

DOWNLOAD (Portable Suite Downloader) – 4MB

Perlu diketahui bahwa link download diatas hanyalah sebuah launcher LiberKey tanpa aplikasi, aplikasi – aplikasi portable akan didownload setelahnya saat pengguna memilih aplikasi yang diinginkan di daftar yang tersedia atau memilih paket yang disediakan (Basic – Standard – Ultimate).

LiberKey mendapatkan rating bintang 5 dari website Freewarefiles.com dan saya sendiri akan memberikan nilai yang sama untuk LiberKey, sebuah freeware yang benar – benar memberikan yang terbaik. Freeware is Freedom without Fee and Fear.

editorspick2011-02-01_195135

All images are trademarks from their respective owners. All right reserved.

5 Responses

  1. mmhh…mantab! artikelnya. hatur nuhun

  2. Saya lebih ke LiberKey karena fitur update slipstream-nya yg mudah luar biasa utk masalah virus lokal hal tersebut gampang dihindari dengan melakukan backup dari folder LiberKey dengan menggunakna arsip seperti ZIP atau RAR…

  3. Saya sudah memakai beberapa jenis applikasi portable. dimulai dari U3, PortableApps dan terkahir Liberkey.
    U3 menurut saya bagus hanya saja jenis applikasi portable tersebut biasanya tertananm dalam Flash disk tertentu dan applikasinya kurang banyak dan berbayar, jadi ini tidak saya sarankan (dari segi kemanan bagus menurut saya).
    Portable Apps saingan LiberKey dan sama-sama bagus hanya saja ukuran file lebih besar. selabihnya tidak ada perbedaan.
    hanya saja untuk Portableapps dan liberkey bila komuter terken avirus lokal maka tidak jarang flash disk juga terserang virus dan merusak semua applikasi portable tersebut.
    mungkin baru ini saja pengalaman yang pernah saya dapatkan, selabihnya mungkin para master dan suhu lebih bisa memberi penjelasan. terima aksih.

  4. nice info gan. . . . . ane coba ya. . . . .

  5. Tadinya di awal artikel saya pikir ini cuma menu sederhana aja. Karena saya sendiri sudah melakukan hal tersebut secara manual sejak dulu (awal 2000). Tapi makin ke bawah bacanya, makin kagum dengan softwarenya . Fiturnya keren, top banget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: