Antivirus Battle Ground, When Detection is Not a Priority…!!!


Tampilan program, susunan menu dan kemudahan pakai.

Desain layout dari tampilan program akan menentukan penilaian dalam kemudahan akan pemakaian. Tentu saja hal ini akan membuat para pengguna awam merasa nyaman dengan layout yang tidak berbelit. Jumlah klik mouse yang minim dan informasi yang jelas dari setiap fungsinya akan memberi skor yang semakin baik.

Untuk kategori review ini saya membagi bentuk penilaian menjadi 2 kategori,

  • Tampilan utama atau yang biasa disebut dashboard, dituntut untuk bisa memberikan semua informasi dari setiap komponen sehingga pengguna bisa memonitoring secara langsung tanpa harus memeriksa secara manual.
  • Layout atau susunan menu untuk konfigurasi program, layout yang mudah dihapal dan mudah dikonfigurasi tanpa susah payah. Susunan menu yang simpel sehingga tidak membuat pengguna melakukan banyak klik.

Sebagai informasi, saya menyediakan seluruh screenshot dari interface semua produk antivirus secara online. Pada halaman artikel ini saya hanya menampilkan 4 screenshot dari setiap produk namun jika anda ingin melihat semua screenshotnya, cukup klik screenshot tersebut dan nantinya akan dituju ke website album online dari Windows Live Skydrive tempat dimana saya meletakkan semua screenshotnya (online view).

Para pembaca bisa mendownload satu album secara langsung dalam format ZIP namun harus mempunyai account Windows Live terlebih dahulu atau bisa menggunakan opsi “Download with Photo Gallery” khusus untuk pengguna OS Windows Vista dan Windows 7, untuk Windows XP bisa mendownload aplikasi Windows Photo Gallery secara terpisah. Daripada repot, saya sudah menyediakan link download semua screenshot per album pada link dibawah ini (MediaFire).

Avast! Pro AntiVirus 5

Avast

Tampilan utama / dashboard
Avast dan beberapa produk lainnya mengandalkan layout berupa tab untuk dashboard. Keuntungannya dari layout ini adalah selain praktis tampilan program bisa diringkas dari banyaknya jendela program, jadi hanya dengan memilih tab yang diinginkan dapat langsung melakukan konfigurasi yang diperlukan. Namun jika jumlah tab terlampau banyak bisa membuat pusing juga, untungnya Avast menghindari masalah tersebut dengan membuat child-tab dari tab utama.
Seperti pada produk lainnya tab utama “summary” dari Avast menampilkan informasi – informasi utama dari setiap komponen seperti status perlindungan, update, status lisensi dan ditambah lagi switch Silent/Gaming Mode.
Layout / susunan menu konfigurasi
Untuk susunan menu konfigurasi program, pihak developer Avast menempatkannya pada setiap komponen dari Real-Time Shield. File System Shield, Mail Shield, Web Shield, P2P Shield dan IM Shield disediakan setting dan konfigurasi tersendiri. Khusus untuk menu konfigurasi akan muncul dalam jendela tersendiri.
Sebenarnya susunan seperti ini bisa memberi nilai fleksibilitas untuk kalangan professional namun tidak untuk pengguna awam/pemula karena bisa membuat bingung. Per fitur per setting jika pengguna awam mungkin akan langsung mengganggap repot susunan ini karena kesannya tidak praktis.
Plus:
Menggunakan sistem layout berbasis tab dan child-tab yang hemat ruang,
Fitur – fitur utama bisa diakses langsung dari tab dashboard.
Minus:
Per fitur per konfigurasi yang agak membuat repot pengguna awam,
Konfigurasi yang lumayan berlapis mungkin memerlukan waktu untuk terbiasa.

AVG AntiVirus 9

AVG

Tampilan utama / dashboard
Saya rasa agak mirip dengan Avast, hanya saja AVG agak ramai di dashboard-nya pada tab overview karena memang fitur yang disediakan lebih banyak. Untuk melihat status yang lebih detail dari setiap komponen cukup klik komponen yang diinginkan.
Beberapa komponen menyediakan setting minimal di setiap detail view-nya namun untuk konfigurasi yang lebih lengkap AVG menempatkannya di satu tempat yaitu dialog Advanced AVG Settings sehingga hanya perlu satu window setiap pengubahannya jadinya tidak perlu ada window baru setiap sub-settingnya.
Layout / susunan menu konfigurasi
Semua konfigurasi AVG diletakkan di satu tempat seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Advanced AVG Settings menyediakan seluruh konfigurasi program antivirus AVG, hal ini dapat memberi keuntungan tersendiri karena tidak adanya window baru yang terbuka saat pengguna mengubah konfigurasi – konfigurasi yang ada.
Konsep All-in-One yang sempurna namun seperti pada Avast, susunan seperti ini bisa membuat pengguna awam merasa pusing terhadap susunan yang terlalu dalam karena kategori yang cukup banyak namun hal ini bisa menguntungkan pengguna professional.
Plus:
Dashboard dan susunan menu konfigurasi menganut konsep all-in-one,
Satu window untuk seluruh konfigurasi sehingga terkesan ringkas.
Minus:
Susunan menu konfigurasi yang cukup dalam bisa membuat bingung.

Avira AntiVir Premium 10

Avira

Tampilan utama / dashboard
Layaknya AVG namun Avira jauh lebih kompak dan gampang dimengerti dalam sekali pandang. Status perlindungan, proteksi online, status update dan lisensi serta scan yang terakhir dilakukan. Avira hanya menampilkan komponen – komponen yang penting saja pada dashboard utama.
Selebihnya pada sub-tab overview seperti Events dan Reports bisa dilihat langsung tanpa ada window baru.
Menariknya lagi di dalam satu window yang sama pengguna bisa melakukan scan pada direktori yang diinginkan tanpa susah payah dan juga informasi dari Guard serta tab Online protection dan Administration.
Layout / susunan menu konfigurasi
Dalam menu konfigurasinya Avira pengguna bisa memilih mode standart atau expert, kali ini saya hanya akan membahas mode expert. Kali ini sama persis dengan AVG, Avira menggunakan layout All-in-One untuk semua konfigurasinya dan menariknya lagi kategorinya lebih sedikit sehingga gampang dihapal plus logo ikon yang membantu bagi pengguna awam.
Namun sepertinya pengguna awam harus bisa menghafal konfigurasi yang telah disetting sebelumnya karena per komponen per setting sehingga kalau tidak membiasakan diri bisa – bisa pusing sendiri.
Plus:
Dashboard yang super kompak,
Instant scan didirektori yang diinginkan.
Minus:
Per konfigurasi untuk per komponen harus membiasakan diri.

BitDefender AntiVirus 2011

BD11

Tampilan utama / dashboard
Saya akan membahas layout dalam mode Expert terlebih dahulu untuk BitDefender. Sepertinya sistem tab menjadi favorit disini, BitDefender pun menggunakannya dan hampir disemua sub-menu dashboardnya, mirip dengan AVG dengan menyediakan setting minimal per komponen agak lebih efisien dan untuk konfigurasi lebih lengkap tombol “Advanced Settings” tersedia untuk diubah sesuai kebutuhan.
Selain itu, BitDefender juga menyediakan 2 tambahan profil layout yang ditujukan untuk pengguna awam dan medium. Klik tombol “settings” di pojok kanan atas lalu pilih pada menu “Siwtch UI to”, 3 pilihan layout tampilan disediakan yaitu Novice Mode, Intermidiate Mode dan Expert Mode. Novice Mode hanya menyediakan 4 menu utama Security Status, Scan Now, Update Now dan Vulnerabilities Check sedangkan untuk Intermidiate Mode ditambahkan menu AntiVirus, AntiPhishing dan Network.
Namun yang sangat disayangkan pada layout Novice dan Intermidiate tidak disediakan menu konfigurasi sama sekali (hanya ada di mode Expert).
Pada versi 2011 tidak banyak penambahan yang dilakukan, hanya beberapa peningkatan dari segi fungsionalitas pada fitur Game/Laptop Mode sekarang ditambah dengan Silent Mode lalu pada mode View Intermidiate disediakan fitur berupa shortcut yang dimana bisa diubah untuk menambahkan/mengurangi shortcut untuk langsung ke konfigurasi komponen.
Layout / susunan menu konfigurasi
Susunan menu komfigurasi program di bitDefender telah diminimalis di setiap tab komponennya namun sayangnya pada komponen AntiVirus pada tab Shield (tombol Advanced Settings) dan tab Virus Scan (tombol New Task).
Real-time Protection Settings dan Scan Task Custom Settings susunan menunya cukup kompleks dan mungkin bisa membuat bingung pengguna awam saat menggunakannya pertama kali.
Plus:
3 pilihan mode layout yang berbeda untuk berbagai kondisi,
sistem tab pada interface utama memberi kesan praktis,
shortcut pada modus intermidiate.
Minus:
Tidak tersedianya menu konfigurasi pada layout Novice dan Intermidiate,
Susunan konfigurasi pada komponen Shield dan Virus Scan cukup kompleks.

F-Secure AntiVirus 2010

FSAV

Tampilan utama / dashboard
F-Secure, awalnya saya anggap sebagai produk non-unggulan tapi ternyata berpotensi juga dalam menawarkan kemudahan. Tampak pada layout yang diberikan pada dashboardnya, 3 tombol utama Status, Tasks dan Statistic dengan deskripsi yang jelas dan 3 tombol mini dibawahnya Scan, Check for updates dan Settings. Super simple dan praktis, cukup klik dari 3 tombol utama tersebut untuk melihat status lebih detail atau melakukan konfigurasi lebih lanjut.
Pada Status, tidak banyak yang ditampilkan hanya status dari 3 komponen utama yaitu Virus and spyware scanning, Scheduled scanning dan DeepGuard, tidak ada yang perlu dikonfigurasi disini. Lalu untuk Tasks, cukup simple hanya ada 6 sub-komponen dan semuanya terdeskripsi dengan jelas fungsinya. Lalu Statistic, sama dengan Status tidak ada yang perlu dikonfigurasi, cukup analisa apa saja yang telah dilakukan F-Secure dalam melindungi sistem PC sejak pertama kali di-instalasi.
Layout / susunan menu konfigurasi
Tidak ada yang perlu dikomentari untuk F-Secure karena saya sendiri cukup membutuhkan satu putaran untuk menjelajahinya dan menurut saya susunan menu konfigurasi F-Secure amat sangat simpel bahkan pengguna awam bisa langsung menyukainya.
F-Secure hanya menyediakan opsi – opsi yang penting saja namun tetap berfungsi dalam melindungi sistem PC. Hanya ada 2 tab di dalam konfigurasinya F-Secure, Computer dan Other Settings. Untuk tab Computer hanya berisikan setting – setting komponen Virus and Spyware Scan dan DeepGuard sisanya Scheduled Scanning dan Manual Scanning sebagai ekstra.
Tab Other Setting tidak berbuat banyak, hanya setting opsional untuk urusan update, koneksi, downloads log,subkripsi lisensi dan privasi dalam jaringan perlindungan real-time.
Plus:
Simpel dan mudah digunakan serta tidak ribet bagi pengguna awam,
Susunan menu hanya menampilkan setting untuk komponen penting saja.
Minus:
Menurut saya tidak ada, karena F-Secure bisa menawarkan produk antivirus yang penggunaannya tidak kompleks. Sehingga bagi pengguna awam tidak perlu sibuk dengan konfigurasi yang disediakan.

Kaspersky AntiVirus 2011

KSAV

Tampilan utama / dashboard
Dengan menggunakan tema warna hijau dan desain grafisnya mirip dengan control panel Intel GMA terbaru cukup artistik. Kaspersky menggunakan layout berbasis tab yang mirip dengan AVG dengan opsi per komponen berada di dalam setiap tab. Di dalam setiap tab telah disediakan komponen – komponen penting yang dikelompokkan pada kotak box dan tombol drop-down untuk membuka kotak box yang dimana akan menampilkan komponen tersebut.
Cukup klik nama dari komponen yang ingin dikonfigurasi lebih lanjut, setiap komponen akan menampilkan menu pop-up yang terdiri dari 3 perintah yaitu Disable, Settings dan Help. Layout tersebut sebenarnya bisa memberi kesan ringkas namun ternyata membutuhkan banyak klik mouse, mungkin akan lebih baik jika menu pop-up diganti dengan tombol – tombol dan diletakkan disamping kanan komponen plus deskripsi dalam tampilan pop-up.
Satu hal yang cukup disayangkan pada dashboard Kaspersky AntiVirus 2011 ini adalah adanya tab “Upgrade” yang tidak lain adalah iklan. Dengan menampilkan promosi produk Internet Security berkesan pengguna dipaksa untuk melakukan upgrade. Dan saya sendiri belum menemukan cara untuk menghilangkan iklan tersebut.
Layout / susunan menu konfigurasi
Masih menggunakan layout berbasis tab dengan sub-opsi untuk setiap komponen berada di baris bawahnya, sebuah layout yang cukup kompak dan tidak boros tempat. Namun sayangnya Kaspersky tidak membuat susunan menu seminimal mungkin dengan munculnya banyak pop-up window setiap sub-konfigurasi hingga mencapai 2 level sehingga terkesan cukup kompleks.
Plus:
Menggunakan pop-up menu untuk memberi kesan ringkas,
Informasi fitur cukup jelas pada setiap fitur dan komponennya,
Layout menu konfigurasi memudahkan navigasi.
Minus:
Membutuhkan banyak klik mouse pada dashboard,
Adanya iklan pada dashboard dan tidak bisa dihilangkan/disembunyikan,
Banyaknya pop-up window dibeberapa sub-konfigurasi hingga 2 level.

NOD32 AntiVirus

NOD32

Tampilan utama / dashboard
Sepertinya pihak developer ESET tidak mau kalah untuk menghadirkan layout dahsboard yang mudah dan simpel. Layaknya AVG, NOD32 menggunakan layout berbasis tab dan bagaikan BitDefender yang bisa memilih 2 modus layout (Standart dan Advanced) sesuai kebutuhan pengguna. Pada modus standart tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali hanya memonitoring status proteksi, scan direktori, update dan disable proteksi.
Untuk modus Advanced akan ditampilkan beberapa opsi dari semua tab yang ada, seperti Watch Activity dan Statistic pada tab Protection Status lalu pada tab Setup akan ditampilkan opsi dari masing-masing komponen Real-Time file system protection, Email client protection dan Web access protection. Lalu pada tab Tools akan ditampilkan Log files, Quarantine, Scheduler dan SysInspector.
Keseluruhan dua modus ini cukup membantu dalam beberapa situasi sehingga akan memberi kesan praktis.
Layout / susunan menu konfigurasi
Lain halnya dengan susunan menu konfigurasi, mirip dengan AVG. Semua ditaruh dalam satu tempat sehingga terlihat tidak teratur, yang dikhawatirkan adalah susunan menu yang terlalu dalam dibeberapa opsi dan pop-up window.
Saya sendiri dalam menggunakannya menemukan beberapa kesulitan yang diantaranya adalah komposisi setiap setting yang bisa dibilang terlalu detail serta cukup membuat pusing dengan berbagai istilah yang tidak umum.
Sekitar tahun lalu saya pernah melakukan review perbandingan antara NOD32 AntiVirus 4 ini dengan Norton AntiVirus 2009 dan kesimpulannya adalah NOD32 hanya cocok untuk pengguna professional ketimbang untuk level awam dan pendapat tersebut juga didukung oleh komunitas CHIP Online Forum.
Plus:
Layout dashboard dengan dua modus cukup membantu pengguna awam.
Minus:
Susunan menu konfigurasi dengan layout all-in-one cukup membingungkan.

Norman AntiVirus and AntiSpyware

NORM

Tampilan utama / dashboard
Tema warna yang menarik dengan warna gelap dan solid, tapi sayangnya dashboard Norman dinodai oleh iklan pada tab Home yang sangat terkesan memaksa pengguna untuk membeli lisensi dari produk yang ditampilkan, jika hanya 1 atau 2 produk tidak masalah tapi Norman menampilkan semua tawaran upgrade produk.
Terlepas dari masalah iklan, layout dari Norman ternyata cukup menarik dengan menggunakan sistem tab dan setiap tab disediakan beberapa opsi setiap fiturnya seperti Outbreak Mode, Disable auto scan, Scan computer, Quarantine, Task Editor, Exclude List dan Enable screensaver scanner. Setiap fitur tersebut jika di-klik akan masuk ke sub-tab yang telah disediakan sehingga tidak perlu membuka window baru. Berlaku untuk semua tab – tab yang ada di dashboard Norman.
Layout / susunan menu konfigurasi
Berbeda dengan produk lainnya, Norman tidak menyediakan tempat tersendiri untuk semua konfigurasinya, melainkan telah menjadi satu dengan dashboard-nya pada tampilan utama program. Sehingga kali ini Norman telah memberikan sebuah solusi praktis dalam manajemen susunan menu konfigurasi dengan mengandalkan satu window program.
Seluruh konfigurasi program disediakan pada sub-tab dari masing – masing tab utama. Pengguna tinggal memilih tab dan sub-tab yang bersangkutan untuk diubah settingnya. Hampir mirip dengan BitDefender namun untuk Norman tidak perlu menampilkan menu konfigurasi dalam window tersendiri.
Tapi dari semua keuntungan tersebut, layout seperti ini membutuhkan waktu untuk beradaptasi yang tidak singkat karena sama saja dengan layout dashboard BitDefender.
Plus:
super ringkas, satu window all-in-one untuk semua konfigurasi dan setting.
Minus:
Adanya iklan di dashboard, cukup mengganggu dan tidak bisa disembunyikan,
Layout dashboard dan konfigurasi program jadi satu butuh waktu untuk adaptasi,
Adanya loading singkat setiap berganti tab.

Norton AntiVirus

NR11

Tampilan utama / dashboard
Warna tema yang khas dari produk Norton yaitu kuning-hitam-hijau cukup memberi sebuah identitas. Kali ini untuk produk Norton menggunakan layout yang tidak lazim digunakan seperti pada produk lainnya, saya sendiri tidak tahu harus menyebut apa desain layout dari Symantec ini untuk produk Norton AntiVirus.
Symantec tampaknya ingin menampilkan semua komponen pentingnya pada dashboard sehingga pengguna bisa mengkonfigurasi atau memonitoring tanpa harus selalu mengakses konfigurasi utama. Menu pop-up scan, History, Quarantine dan Application ratings lalu Vulnerability Protection dan Network Security Map.
Lalu pada bagian kanan Symantec menjajarkan semua komponen utama plus sebuah switch ON/OFF yang bisa digunakan dalam berbagai kondisi, beberapa swicth tersebut akan menampilkan konfirmasi saat di-OFF-kan.
Lalu kejutan pada versi 2011 adalah Activity Map, berupa peta aktivitas kriminal web dalam skala dunia yang ditampilkan dalam bentuk peta dan diupdate setiap 24 jam. Sebuah fitur yang cukup menyenangkan dalam melakukan monitoring aktivitas malware langsung dalam skala internasional. Ditambah lagi pada peta tersebut pengguna bisa meng-klik salah satu benua dan otomatis akan ditampilkan daftar kota yang mempunyai jumlah/aktivitas malware terbesar.
Satu hal yang mungkin membuat saya agak kurang nyaman adalah adanya iklan produk Norton Online Backup dipojok kanan bawah dan terlihat juga pada gadget Norton, meskipun bisa disembunyikan dengan mengaktifkan Activity Map.
Layout / susunan menu konfigurasi
Hampir mirip dengan Kaspersky, Norton juga menggunakan sistem tab pada susunan menu konfigurasinya namun untuk Norton hanya menggunakan 3 buah tab sebagai kategori utama. Computer Settings, Network Settings dan Miscellaneous Settins.
Norton memberikan desain yang jauh berbeda dengan produk lain yaitu dengan memberikan tombol switch di setiap opsi settings dan menu drop-down. Sehingga pengguna hanya memerlukan sebuah klik untuk mengubah setting yang ada.
Tidak terlepas dari pop-window dibeberapa setting yang ada mungkin akan membuat pusing namun untungnya tidak terlalu dalam.
Plus:
Dashboard yang ramai dengan komponen – komponen penting,
Tersedia tombol switch yang cukup memberi nilai praktis,
pop-up info deskripsi dari fitur komponen,
Animasi flip 3D pada saat mengakses Performance,
Norton Activity Map untuk monitoring perkembangan malware internasional,
Susunan menu konfigurasi terpangkas dengan baik.
Minus:
Adanya iklan produk, meskipun bisa disembunyikan.
Kesimpulan
Sebagian besar peserta menggunakan desain layout berbasis tab, baik untuk dashboard maupun menu konfigurasi. Hanya F-secure dan Norton yang tidak menggunakan layout tab pada dashboardnya sehingga bisa memberi keunggulan tersendiri dalam melakukan navigasi setiap fiturnya.
Sebenarnya saya pribadi menyukai layout berbasis tab karena bisa memangkas ruang dan meringkas dalam melakukan navigasi saat ingin mengubah konfigurasi program. Tapi sayangnya beberapa produk terkesan terlalu “semangat” dalam menggunakannya sehingga dashboard terlihat ramai dan penuh sesak dengan fitur dan komponennya. Namun semua kembali ke pribadi masing-masing apakah anda sebagai pengguna mampu mempelajarinya/menggunakannya atau tidak.
Begitupun dengan susunan menu konfigurasi untuk semua produk, hampir semua mengandalkan layout tab karena memang memberi keuntungan dalam menghemat ruang. Namun layout tersebut bisa memberi bumerang bagi penggunanya sendiri jika terlalu banyak opsi dan setting yang dimampatkan ke dalam satu tempat.
Dalam kasus ini saya mengambil contoh produk AVG, Kaspersky dan NOD32 yang dimana dalam satu window konfigurasi menyediakan hampir semua konfigurasi program. Bagi pengguna awam bisa saja akan merasa kebingungan dengan navigasinya karena banyaknya komponen yang harus diubah settingnya, dan sedikit memaksa pengguna untuk menghafal susunan menu konfigurasinya.
Yang terbaik menurut saya?
Dalam review perbandingan tampilan utama (dashboard) dan susunan menu konfigurasi ini saya memutuskan untuk mengambil 3 produk terbaik yaitu F-Secure AntiVirus, Norman AntiVirus and AntiSpyware dan Norton AntiVirus.
Alasan saya memilih ketiga produk tersebut adalah mampu meminimalisasikan dan memberi susunan menu yang unik. Untuk F-Secure saya memberi gelar terbaik dalam hal minimalis, jadi bukan berarti tidak memiliki banyak fitur menjadi yang terburuk melainkan bisa memberikan fitur yang seperlunya tapi pada akhirnya pengguna juga tidak dibuat repot.
Untuk Norman saya memberi gelar paling ringkas karena dashboard menjadi satu dengan konfigurasinya sehingga hanya dengan satu window semua bisa dilakukan tanpa perlu membuka window baru. Meskipun pada akhirnya bisa membuat agak ribet tapi setidaknya dengan tersedianya tab pada sub-opsi bisa menjadi solusi dalam penggunaannya.
Norton AntiVirus memberikan layout yang berbeda dari semua produk dengan gelar terunik. Dashboard yang memiliki akses hampir ke semua komponen penting dan tombol switch instant yang cukup praktis, plus sebuah informasi perkembangan malware dalam skala internasional dalam bentuk map interaktif.

 

9 thoughts on “Antivirus Battle Ground, When Detection is Not a Priority…!!!

  1. Untuk antivirus sebenarnya kita bergantung pada pihak developernya dalam memberikan update teraktual.. utk virus ramnit saya menggunakan Norton AntiVirus bisa terlindungi…

  2. ratna

    Thanks infonya. Saya bingung mau pakai AV apa. Saya sering dpt virus shortcut pd usb baru. Tdk hilang jg meski sdh d scan AV. Smadav mendeteksi sbg virus ramnit 32 tp tdk bisa menghapus dan muncul lagi, tdk tau jg apa itu, maklum awam soal IT dan AV. Pakai Bitdefender, Avira, Avast jg tdk mempan. Waktu coba pakai Nod32 versi 30 hari baru bisa. Ada recomendasi?

  3. oke… thanks untuk ajakannya… tapi untuk sementara ini saya belum bisa bergabung chat room karena masih ada kesibukan tugas kuliah dan kebetulan kesehatan saya masih terganggu.. mungkin kira-kira pada hari Sabtu jika ada jadwal kosong atau sudah fit bisa mengundang saya di chat room messenger…

    bro ghazali bisa menghubungi saya melalui kontak yang saya sediakan https://tridentcore.wordpress.com/contact-me/

  4. Ghazali

    kang aris,

    kebetulan ogud dan bbrp rekan sering membahas soal antivirus, ogud cek ada bro iyan.dk yg komen di forum chip, dan memang beliau maen di antivirus, tp lebih condong ke unix/linux security,

    di av-comparatives bisa di rekap bbrp test, jadi bisa disimpulkan untuk rate detection dan performance berdasarkan rekap, krn kita tahu bahwa dengan 1 pengujian tdk bisa disimpulkan 1 merk yg bagus, krn harus dilihat bbrp kali pengujian,

    bisa di cek di artikel :
    http://ebsoft.web.id/2011/03/23/bagaimana-cara-dan-metode-memilih-antivirus-terbaik/
    tp rekap hanya rate detection

    bisa di info messengernya, nanti boleh kita buat room di chat dengan bbrp teman termasuk bro iyan.dk akan ogud ajak join,

    wass

  5. Terima kasih kepada bro ghazali atas koreksi-nya, sebelumnya saya minta maaf jika ada kekeliruan atas data statistik kumulatif yang saya ambil dari pihak av-comparative.org, sebagai info saja mungkin pada saat memasukkan data statistik tersebut saya tidak menyadarinya jika daya yang dimasukkan terbalik. Maklum semua proses pembuatan artikel termasuk memasukkan data statistik kumulatif saya sendirian yang melakukannya. Sekali lagi terima kasih atas koreksinya, benar atau tidak dari semua pembaca yang menyimak review ini setahu saya hanya bro ghazali yang sepertinya membaca seluruh artikel ini, karena sebagian besar pembaca langsung loncat ke bagian kesimpulan.

    Untuk masalah pendapat anda untuk ketidaksetujuan karena saya tidak memprioritaskan masalah performa deteksi. Saya telah menjabarkan alasan saya kenapa tidak mengambil performa deteksi malware sebagai poin penting di bagian awal artikel ini. Jika bro ghazali ingin penjelasan yang lebih spesifik bisa menghubungi saya melalui messenger untuk kontak langsung dengan saya, terima kasih.

  6. ghazali

    saya kurang sependapat, yg dilihat dalam memilih antivirus adalah berdasarkan prioritas apalagi kalau bukan rate detection, performa, false alarm, spt yg selalu ditulis oleh av-comparatives,
    rate detection sudah dijelaskan termasuk : windows virus, macro, malware, worm, backdoor/bots, trojan, dan malware lain (threat)

    data sumber av-comparatives yg disalin pada : https://tridentcore.files.wordpress.com/2010/10/cumulativeavreports1.jpg
    apakah sudah valid ? mohon di cek kembali, contoh :
    -feb 2009, point 99.7 avira, avast 98.2 (anda terbalik)

    -agust 2009, point 99.4 avira, avast 98 (anda terbalik lagi)

    -feb 2010, point 99,3 di pegang oleh avira dan bukan avast (lagi2, anda terbalik),

    semoga ini hanya kesalahan tulis, dan bukan manipulasi data

    Ghazali

    rata2 data yg anda salin dari av-comparatives keliatan banyak terbalik

    wass
    Ghazali

  7. terima kasih sekali atas feedback-nya mas jk.. kedepannya akan saya usahakan untuk meng-uji produk2-nya melalui pengguna awam… sehingga akan terlihat lebih relevan… Thanks again…

  8. Johannes Kristianto

    Nice review, amat sangat membantu kita2 dalam memilih AV yg mudah digunakan dan reliable dalam memproteksi system kita….

    Tapi ada satu usulan dari saya…. Berdasarkan pengalaman selama ini, kemudahan penggunaan sebuah product AV adalah untuk mentargetkan pengguna awam, jadi saya usul kalau ada review seperti ini lagi, ada baikknya diambil sebagian pengujinya dari orang yang benar2 awam, orang2 yg hanya tau menggunakan saja, karena menurut saya pendapat orang2 awam inilah yang tentunya akan benar2 mencerminkan kemudahan penggunaan sebuah product AV…….

    Keep up the good work bro…

  9. yuga

    Akhirnya keluar juga review antivirus 2011 setelah sekian lama menunggu.. 😀

    menurut saya BitDefender AntiVirus 2011 terlalu mengambil space kosong yang sangat luar biasa besarnya dan ukuran file instalasi yang menjadi paling bengkak diantara semua peserta (245 MB / 280 MB), saya jadi penasaran sama isi dari BitDefender itu sampai membengkak kayak gajah filenya. Dan proses scan yang menguras waktu cukup lama diatas rata-rata. Apakah pihak BitDefender membuat AV ini terburu” atau memang asal buat?

    Dengan semua kekurangan AV di berbagai sektor, itu bisa dimaklumi karena tidak ada 100% AV sempurna baik dalam hal resouce RAM, space harddisk, maupun timing scan. yang terpenting itu bagaimana kita selalu UPDATE AV kita agar tidak di hinggapi virus..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.