Melakukan duplikasi dengan Ashampoo Burning Studio 2010


clone Artikel ini saya publikasikan atas permintaan teman saya yang kebingungan pada saat ingin melakukan duplikasi isi media CD. Sebelumnya telah saya sarankan menggunakan Ashampoo Burning Studio namun sayangnya teman saya tidak mengerti cara penggunaannya, maklum lah pengguna awam. Maka dalam artikel kali ini saya akan menjabarkan cara untuk melakukan cloning/duplikasi media CD/DVD dengan menggunakansoftware Ashampoo Burning Studio 2010 dan 1 unit DVD-RW Drive serta media CD sebagai percobaan, langkah demi langkah. Silakan disimak…

Yang pertama dilakukan tentu saja membuka program Ashampoo Burning Studio 2010, perlu diperhatikan bahwa dalam tutorial kali ini anda tidak harus menggunakan versi 2010 tapi bisa menggunakan versi 6.77. Karena pada fitur duplikasi-nya tidak ada perbedaan dengan versi 2010 alias sama saja. Sebagai info saja, versi 2010 juga freeware/lisensi gratis namun harus melakukan registrasi melalui email untuk mendapatkan license key yang juga gratis.

2010-08-18_093140

Sesuai dengan screenshot diatas, untuk melakukan duplikasi cukup klik opsi “Copy a CD/DVD/Blu-ray Disc”. Sebenarnya sebelum ini teman saya telah menggunakan metode klasik yaitu dengan melakukan peng-kopian folder secara manual ke dalam PC lalu di-burn kembali ke dalam media Disc tapi hasilnya tidak bisa di-playback di player deck.

2010-08-18_0932292010-08-18_093345

Langkah berikutnya akan ada perintah untuk memasukkan media Disc yang akan diduplikasi/di-cloning, klik saja tombol “Open Tray” untuk membuka baki drive DVD writer anda. Setelah media Disc sumber dimasukkan maka animasi akan berganti sesuai dengan screenshot sebelah kanan (atas). Klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2010-08-18_103133

Sebenarnya ada teknik cepat dalam melakukan duplikasi, bisa dilihat pada screenshot diatas terdapat fungsi “Copy on the fly” (yang tidak bisa dipilih). Fungsinya adalah melakukan proses cloning dengan menggunakan 2 unit drive optik dimana satu unit untuk proses pembacaan data dan satunya lagi untuk proses pembakaran jadinya pada saat melakukan duplikasi/cloning kedua drive tersebut langsung bekerja bareng sehingga tidak perlu melalui proses peng-copy-an date ke HDD.

2010-08-18_0936242010-08-18_093649

Pada langkah ini sebenarnya tidak ada yang perlu dilakukan karena hanya perlu menunggu proses verifikasi isi media sumber lalu Ashampoo Burning Studio 2010 akan melakukan peng-copy-an isi media sumber ke dalam HDD sebagai isi temporer yang nantinya akan di-burn ke dalam media Disc kosong sebagai hasil duplikasi. Setelah proses selesai klik Next…

2010-08-18_0937082010-08-18_093821

Seperti pada langkah sebelumnya, anda perlu memasukkan media Disc kosong seperti CD-R/CD-RW/DVD-R/VD-RW yang selanjutnya akan di-burn oleh data dari media sumber sebelumnya. Dibagian kanan bawah ada opsi “Change Options” yang menyediakan konfigurasi tambahan, penjelasan ada dibawah ini. Namun jika ingin langsung melakukan duplikasi cukup klik tombol Write CD/DVD untuk langsung menuju proses burn data ke dalam media Disc baru. Selesai… Amat sangat gampang bukan?

2010-08-18_093857

Pada konfigurasi “Change Options” disediakan beberapa opsi tambahan untuk pengguna professional, akan saya jelaskan semua fungsinya jika ingin tahu, silakan disimak…

  • Simulate recording before burning, berguna untuk melakukan simulasi proses burn data yang digunakan untuk keperluan testing, konsekwensinya waktu yang dibutuhkan 2-kali lebih banyak.
  • Verify written files and folders after recording, membandingkan file sumber dengan hasil burn di media Disc untuk verifikasi apakah hasil burn sempurna atau tidak.
  • Finalize the DVD, fungsi berguna untuk mengunci media Disc agar tidak bisa ditambah lagi isinya jika masih ada space kosong (tidak bisa dipilih dalam mode cloning).
  • Burn DVD in Disc At Once mode, melakukan proses pembakaran ke dalam media Disc dalam satu kesempatan daripada melakukan burn setiap track secara individual.

Number of Copies, opsi ini digunakan untuk melakukan cloning media sumber menjadi banyak, cukup masukkan jumlah yang diinginkan. Pada saat proses pembakaran nanti setiap selesai 1 Disc tray drive akan keluar secara otomatis dan pengguna tinggal memasukkan Disc kosong berikutnya lalu akan di-burn secara otomatis.

3 Responses

  1. Untuk versi 2010 promo free-nya sudah berakhir, tapi dengan tutorial di-atas bisa menggunakan versi Free 6.8…

  2. Aduh mu nanya ne kalo Cara dapet Licence dar ashampoo Nya gmna ya…,

  3. gan, mau tanya..
    klo mau buat CD/DVD bootable pakai Ashampoo Burning 2010 advanced caranya gimana? ane punya file mentahannya di D: tapi ane gk ngerti caranya gan. mohon tutorialnya ya gan. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: