Windows 7…? Saat ini saya masih berpihak ke Windows XP


Windows ZipIt Windows 7 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yang disinyalir jadwal rilisnya terlalu cepat sejak Windows Vista. Hal ini pun terkait dengan anjloknya popularitas perdana Windows Vista karena masalah beban sistem yang luar biasa. Dan hadirlah Windows 7 yang merupakan “versi ringan” dari Windows Vista dengan beberapa fitur tambahan. Namun bagi saya pribadi, lebih memilih berpihak ke Windows XP daripada melakukan upgrade ke Windows 7 saat ini meskipun dikasih gratis lisensinya. Windows XP masih menjadi yang tercepat dan teringan serta peringkat 1 dalam jumlah pengguna OS keluarga Windows.

Ya memang Windows 7 ringan dan tidak berat seperti Windows Vista, namun dari semua gembar – gembor mengenai fitur – fitur terbaru dan keunggulan dari Windows 7 tidak ada satu pun yang menonjol dan menjadi pembicaraan, dari semua review yang saya temukan hanya kata – kata umum yang keluar yaitu “lebih ringan daripada Vista”.

Keringanan Windows 7 hanya dapat dirasa pada saat menggunakannya dan hanya itu keunggulan mutlaknya dari Windows Vista. Nah bagaimana kalau dibandingkan dengan kakak tuanya Windows XP? Windows XP masih memimpin dalam urusan responsif dan hemat resource. Malah Windows XP dipilih untuk OS produk netbook dan dimana versi Windows 7 yang ditujukan khusus untuk produk netbook tidak dirilik sama sekali.

Pengembangan sistem operasi Windows sepertinya mulai dipercepat oleh Microsoft untuk per edisinya. Seperti pada masa Windows 95 ke Windows 98 lalu Windows 2000 lalu Windows Me dan lahirlah Windows XP. Microsoft lalu vakum selama 5 tahun dan lahirlah Windows Vista namun Windows generasi ke 6 tersebut (Vista) mengalami kegagalan dalam tingkat kepuasan dari konsumen dan mengakibatkan pasar sistem operasi masih dipegang oleh Windows XP dan lahirlah Windows 7 atas jawaban dari kritikan Windows Vista.

Saya sendiri pun telah menjadi “korban” dari keburukan Windows Vista, notebook ACER Aspire Timeline saya dibundle dengan Windows Vista Home Premium yang notabene CPU-nya adalah Intel Core 2 Solo 1,4 GHz. Sebuah kombinasi yang sangat berlawanan, OS berat di platform hardware untuk ultra mobile. Saya pun lebih memilih Windows XP karena jelas beban sistem jauh lebih ringan namun apa daya lisensinya harus dibeli kembali karena tidak ada opsi downgrade maupun upgrade ke Windows 7 secara cuma – cuma (telah melewati batas masa promosi).

Alhasil saya terpaksa melakukan instalasi dual-boot dengan Linux Mint, sudah jelas dari keluarga Linux mampu memberikan tampilan yang wah tanpa mengorbankan banyak resource sistem. Sampai – sampai Windows Vista-nya sendiri jarang saya pakai karena durasi bootingnnya lebih dari 1 menit dan beban RAM mencapai 900 MB bandingkan saja dengan Linux Mint yang langsung start kurang dari 20 detik dengan beban RAM kurang dari 300 MB full startup.

Sebenarnya saya sendiri cukup kagum dengan Windows 7, fiturnya berlimpah dan menyediakan berbagai driver built-in. Karena memang telah menjadi kodratnya sebagai sistem operasi terbaru. Namun dari semua kemudahan dan fiturnya yang berlimpah, Windows 7 mempunyai satu kekurangan fatal yang diwariskan oleh Windows Vista yaitu, jatah kapasitas instalasi yang luar biasa besarnya.

image

Sudah jelas dari tabel perbandingan di atas Windows Vista dan Windows 7 mengamil jatah kapasitas HDD 10 kali lipat daripada Windows XP. Yang menjadi pertanyaan, apa saja sih yang mengakibatkan ukuran instalasi menjadi sedemikian besarnya? Sebuah pertanyaan yang jawabannya masih menjadi misteri meskipun bisa ditebak dengan sendirinya.

Klaim lebih ringan daripada Windows Vista dan Windows XP tapi kenapa jatah HDD sangat besar? Berarti bukan lebih ringan tapi jauh lebih boros. Ada yang berpendapat bahwa kapasitas sebesar itu bukan menjadi masalah karena kapasitas HDD sekarang sudah mencapai satuan terabyte dengan harga yang juga terjangkau untuk varian kapasitas dibawahnya.

Namun, bagi saya kapasitas tersebut jelas merugikan, disamping jatah yang dipakai tersebut tidak jelas tujuannya, pada saat mau melakukan backup pun harus menyediakan kapasitas tempat backup yang juga lebih besar lagi. Berikut perbandingannya dengan simulasi backup dengan Macrium kompresi maksimal dan instalasi OS normal tanpa aplikasi,

Windows XP Service Pack 2 instalasi normal ditambah full update berkisar 3,5 GB, backup dengan kompresi tertinggi menjadi 1,3 GB. Windows Vista / Windows 7 instalasi normal berkisar 16 GB, backup dengan kompresi maksimal menjadi 9 GB, sungguh sangat besar untuk sebuah file backup dan sungguh merepotkan untuk melakukan backup rutin.

Saya sendiri secara terpaksa hanya menyimpan 1 buah recovery point untuk Windows Vista karena ukurannya yang sedemikian besar. Namun untuk Windows XP saya bisa menyimpan hingga 5 buah recovery point.

Sekarang pun saya menjadi tertarik dengan sistem operasi dari kerajaan Linux dan yang saya pakai adalah Linux Mint yang merupakan turunan dari Linux Ubuntu. Alasan saya pun sudah pasti, bebannya luar biasa ringan dan semua softwarenya bisa didapat langsung secara online, sistemnya stabil dan mampu menjalankan video HD meskipun CPU yang saya gunakan adalah Intel Core 2 Solo dengan Intel GMA4500MHD, padahal di Windows Vista tersendat – sendat karena beban CPU yang berlebihan.

Jatah HDD kurang dari 5 GB sudah termasuk berbagai aplikasi multimedia dan berbagai aplikasi produktivitas kelas atas seperti GIMP dan Blender ditambah lagi paket OpenOffice dan Gnome Office lalu diikuti oleh berbagai asesoris desktop yang berlimpah. beban RAM paling tinggi hanya berada di kisaran 300 MB lebih sedikit.

Artikel ini hanyalah sebuah catatan harian saya dalam melakukan evaluasi setiap produk software yang dimana produk tersebut menjadi kontroversial dalam berbagai hal serta sering dibicarakan oleh publik maupun media online.

One Response

  1. Betul gan. Bingung soal system operasi,, linux obatnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: