FruitfulTime ProductivityMeter, mata – mata untuk diri sendiri


Clock Software apa nih? Yup dari judulnya memang agak aneh tapi saya telah mencobanya sendiri. Software ini fungsinya agak langka karena memang ditujukan untuk monitoring statistik penggunaan PC. Jadi semua kegiatan yang dilakukan akan dimasukkan ke dalam statistik yang dimana bisa dilihat resume-nya setiap saat. Aplikasi apa saja yang sering dikapai, website apa saja yang dikunjungi dan perbandingan durasi PC idle dan aktif serta durasi dari masing – masing aktivitas yang dilakukan.

Berikut dibawah ini adalah tampilan dari Dashboard ProductivityMeter, summary dari semua laporan monitoring bisa dilihat secara langsung.

2010-02-25_153924

Keuntungan dari FruitfulTime ProductivityMeter

  • Melihat laporan aktivitas anda kapan-pun dimana pun karena tersimpan langsung di dalam HDD.
  • Tidak perlu koneksi internet dalam bekerja.
  • Data aktivitas pengguna aman 100% dan tersimpan secara privat. .
  • Temukan kapan anda sering membuang – buang waktu.
  • Membuat grup aktivitas dari setiap aplikasi seperti gaming, chatting, social networking dan lain – lainnya.
  • Membuat laporan melalui timesheet untuk manajer anda atau sekadar hasil monitoring pribadi.
FruitfulTime ProductivityMeter coco digunakan untuk 
  • Pekerja kantoran yang butuh laporan pekerjaan kepada atasan.
  • Orang yang ingin meningkatkan produktivitasnya.
Fitur – fitur dari FruitfulTime ProductivityMeter adalah
  • merekam aktivitas secara otomatis
  • tidak perlu memasukkan data apapun
  • tidak perlu koneksi internet
  • aman dan privasi
  • mencatat program – program yang dipakai dan website yang dikunjungi
  • mencatat dokume – dokumen yang dibuka
  • Laporan aktivitas yang sangat detail
  • membuat tag dari program yang dipakai, dokumen yang dibuka dan website
  • Melihat hasil laporan aktivitas berdasarkan harian / mingguan / satuan jam
  • laporan aktivitas tersimpan selamanya
  • mudah diinstall dan digunakan
  • tidak membebani sistem

Gampang digunakan tanpa harus melakukan setting apa pun semua tinggal pakai dan laporannya tinggal dianalisa sendiri, mudah dan simpel. Semua laporan dalam bentuk grafik jadinya anda sebagai user dapat dengan mudah melakukan analisa terhadap apa-saja yang telah dilakukan selama 1 hari / minggu / bulan.

fruitfultime-productivitymeter-top-websitesfruitfultime-productivitymeter-active-vs-idlefruitfultime-productivitymeter-active-vs-idle-per-dayfruitfultime-productivitymeter-tag-time-slicefruitfultime-productivitymeter-time-distributionfruitfultime-productivitymeter-top-applications

Salah satu fitur yang disediakan oleh FruitfulTime ProductivityMeter adalah tag management. Dalam fitur ini pengguna bisa membuat label dari setiap program yang digunakan dan website yang dikunjungi.

Sebagai contoh saya membuat tag bernama “blogging”, disini saya memilih program Windows Live Writer, Mozilla Firefox dan FastStone Capture dan website wordpress.com yang dimana selalu saya gunakan setiap kali ingin membuat artikel / mengurus blog. Dengan adanya fitur tag tersebut saya cukup terbantu karena bisa melihat berapa lama saya tidak mengurus blog dan berapa lama saya menghabiskan waktu untuk blogging.

Namun dari fitur tag tersebut ada sedikit kelemahan dan memang pasti akan terjadi. Misalnya dari tag “blogging” yang saya buat tadi lalu saya juga mempunyai tag bernama “downloading” yang dimana Mozilla Firefox dan GigaGet masuk ke dalamnya maka tidak heran kalau Mozilla Firefox akan menaikkan durasi pemakaian terhadap tag “blogging” dan “downloading” karena memang Mozilla Firefox masuk ke dalam kedua tag tersebut.

2010-02-25_115622

Untuk membuat sebuah tag, masuk ke dalam dialog Tag Management melalui link dibagian atas ProductivityMeter. Di dalam jendela dialog tersebut menyediakan semua opsi untuk membuat tag.

2010-02-25_114502

Untuk membuat tag, pertama masukkan nama dari tag yang akan dibuat lalu klik “add”, lalu setelahnya pilih program dan domain yang ada di dalam daftar sebelah kanan dan klik “Apply Tag”. Untuk Windows Titles dapat dilakukan melalui dialog Timesheet.

2010-02-25_1506012010-02-25_150719

Dari Tag yang dikonfigurasi pilih dari website – website yang dikunjungi pada hari tersebut yang dimana akan masuk ke dalam kategori tag yang sedang dibuat. Dalam screenshot tag dengan nama “blogging” maka saya akan memilih website wordpress.com.

Lisensi dari FruitfulTime ProductivityMeter Personal Edition sebenarnya berbayar namun sejak November 2009 telah digratiskan hingga sekarang. Namun anehnya di website FruitfulTime untuk produk ProductivityMeter sudah tidak tersedia, link download-nya pun juga sudah tidak ada. Padahal minggu lalu saya melihatnya masih ada dan bisa didownload.

Berikut link download dari FruitfulTime ProductivityMeter Personal Edition yang saya upload sendiri ke box.net dan beserta serial numbernya.

DOWNLOAD (BOX.NET)

FREE SERIAL NUMBER

DC6C0220B107ED920026B70000DD0000BB05

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: