Membuat USB Recovery, solusi bagi pengguna netbook


USB Recovery Sebuah solusi yang sangat fenomenal dan saya sendiri baru menyadarinya saat melakukan eksperimen. Disini saya akan sharing mengenai pembuatan sebuah recovery Macrium Reflect berbasis USB drive, jadi bagi anda yang selama ini menggunakan media CD untuk melakukan recovery data partisi menggunakan Macrium Reflect bisa bernafas agak lega karena dengan adanya solusi ini dapat menghemat biaya membeli CD blank dan hal ini menjadi solusi utama bagi para pengguna netbook yang dimana umumnya tidak tersedianya drive optik.

Sebelum memulai pembuatan USB Recovery saya perlu menjelaskan beberapa hal untuk para pembaca. Dalam tutorial yang akan saya jelaskan nanti memerlukan 2 buah software untuk membuat USB Recovery, Macrium Reflect dan satu lagi software bernama “LiLi” yang dimana singkatan dari Linux Live USB Creator.

Linux Live USB Creator adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat Linux agar bisa bootable dari media USB dengan langkah yang sangat mudah, bahkan tidak perlu sebuah buku manual karena dari aplikasinya sendiri sudah gampang dimengerti. Hanya dalam beberapa langkah anda sudah bisa membuat USB bootable Linux.

Nah mungkin jadi pertanyaannya, apa hubungannya “LiLi’” dengan Macrium Reflect? Karena file ISO bootable dari Macrium Reflect berbasis Linux sehingga Linux Live USB Creator (LiLi) bisa mengenalinya dari engine Linux tersebut.

Disini saya melakukan eksperimen dengan memasukkan recovery ISO dari Macrium Reflect dengan “LiLi” dan hasilnya pun luar biasa, saya telah membuat Macrium Reflect recovery berbasis USB. Proses boot jauh lebih cepat alias instant dan bisa langasung recovery dari USB drive itu sendiri (kalau data recovery dimasukkan ke dalam drive USB tersebut).

Untuk membuat USB recovery dibutuhkan 2 buah software yaitu Macrium Reflect Free dan Linux Live USB Creator, silahkan download melalui link dibawah ini.

Macrium Reflect Free (32 MB) / Linux Live USB Creator (2 MB)

Sebagai catatan, meskipun gratis Macrium Reflect Free membutuhkan aktivasi online namun anehnya saya dulu pernah aktivasi tanpa online.

Langkah pertama lakukan instalasi Macrium Reflect dan aktivasinya sekalian lalu setelahnya Linux Live USB Creator. Untuk Linux Live USB Creator anda bebas meletakkan lokasi instalasinya dimanapun tapi dengan catatan jangan di direktori USB drive yang digunakan untuk recovery.

2010-01-27_2224032010-01-27_222422

Dapat dilihat dari tampilannya Linux Live USB Creator amat sangat mudah digunakan, langkahnya pun ditandai dengan label “STEP 1” hingga “STEP 5”. Pertama, pada STEP 1 pilih USB drive-nya lalu pada langkah STEP 2 pilih opsi “ISO / IMG / ZIP” karena akan membuat dari file ISO.

2010-01-27_2226172010-01-27_222626r

Temukan file “Rescue.iso” yang merupakan file ISO recovery milik Macrium pada direktori C:\Program Files\Macrium\Reflect lalu klik Open, akan muncul konfirmasi dari LiLi bahwa file ISO Linux yang dipilih tidak masuk dalam daftar kompabilitas untuk fungsi “persistence” dari LiLi namun akan menggunakan cara regular dalam mode Live sehingga berjalan dalam Read-Only saja, jadinya lewatkan STEP 3.

2010-01-27_222626r2

Lalu pada STEP 4, ada 3 opsi yang dapat anda ubah.

  • Hide created files on key”, berfungsi untuk menyembunyikan file – file yang dibuat oleh LiLi pada USB Drive tersebut,
  • Format the key in FAT32”, berfungsi untuk melakukan format USB drive yang dipakai ke dalam format FAT32, dengan catatan data – data yang ada di dalam USB drive sebelumnya harus dibackup terlebih dahulu karena opsi ini akan menghapus total isi USB drive anda,
  • Enable launching LinuxLive in Windows”, untuk fitur ini sebaiknya dimatikan karena tidak ada gunanya untuk membua USB recovery.

2010-01-27_222626r3

Terakhir anda tinggal klik logo petir pada STEP 5 dan selanjutnya tinggal menunggu proses selesai. Saat proses selesai LinuxLive USB Creator akan secara otomatis membuka aplikasi web browser dan mengunjungi website developer LinuxLive USB Creator.

Lalu setelahnya anda tinggal menggunakannya langsung, tutorial backup and restore sudah tersedia di blog saya ini, berikut linknya dibawah ini.

Backup and Restore using Macrium Reflect

Untuk menggunakan USB Recovery berbasis Macrium Reflect ini tentu saja anda harus mengubah konfigurasi di BIOS komputer agar bisa boot melalui media USB.

2009-02-13_2039352009-02-13_2040322009-02-13_204044

6 Responses

  1. bos request utk tutor multiboot usb dong

  2. gan gan gan
    minta infonya yaa …
    tuh usb recovernya bza di pkek di os windows 7 g ??

  3. kalau utk Linux tidak mengharuskan mem-format FDD-nya karena hanya mengganti bootloader… tapi lebih baik dibackup dulu isi FDD supaya bisa lebih tenang dan bisa utk multi-boot…

  4. numpang tanya nih…
    step4: format the key in fat 32 g perlu di centang ya ?
    jadi walaupun dlm fdd kita ada file lain tetap bisa buat recovery dari fdd gitu maksudnya(tetap bisa bootable walaupun ada file lain dlm flasdisk) tidak spt instal windows dari fdd yg harus diformat dulu fdd-nya ???

  5. sayangnya BootMyISO harus melakukan editing terhadap menu.lst dan ditambah lagi harus mendownload file tambahan berupa “pmagic”. Jadinya untuk user awam mungkin akan kebingungan. Sekarang saya masih mengandalkan LiLi untuk membuat bootable rescue berbasis Macrium Reflect.

  6. dari pada pake LILI mending pake BootMyISO

    http://www.pendrivelinux.com/downloads/BootMyISO/BootMyISO-v0.2.exe

    jalanin aplikasi nya
    pilih lokasi usb flash drive
    install
    edit file menu.lst di usb flash drive
    tambahkan:

    title macrium reflect
    find –set-root /recovery.iso
    map /recovery.iso (hd32)
    map –hook
    root (hd32)
    chainloader (hd32)

    copy recovery.iso ke usb flash drive

    selesai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: