Facedesk, aplikasi desktop untuk Facebook super simpel


facebook logo Masih menggunakan web browser seperti Firefox, Opera atau Safari untuk mengunjungi Facebook? Sebuah cara tradisional dan ribet menurut saya, kenapa saya menganggap seperti itu? Ya, saya telah menemukan sebuah aplikasi yang luar biasa simpel bagi pengguna Facebook, tinggal buka aplikasinya dan beres tanpa harus memasukkan alamat websitenya. Facedesk namanya, berbasis engine Adobe AIR. Penggunaannya juga tinggal pakai saja tanpa harus melakukan konfigurasi apa pun (zero configuration).

Mau tahu tampilannya seperti apa? Sebelum saya tunjukkan akan saya jelaskan cara instalasinya. Untuk menggunakan Facedesk hanya memerlukan aplikasi Adobe AIR yang bisa didownload dari link dibawah ini

http://get.adobe.com/air/ (15 MB)

Lakukan instalasi Adobe AIR, disini peran Adobe AIR adalah sebagai engine atau basis dari setiap aplikasi yang menggunakan engine Adobe AIR seperti .NET Framework dan DirectX dari Microsoft serta Java Runtime dari SUN. Berikut definisi dari Adobe AIR:

Adobe AIR (AIR) is a cross-platform runtime environment developed by Adobe Systems for building rich Internet applications using Adobe Flash, Adobe Flex, HTML, or Ajax, that can be deployed as a desktop application.

Adobe AIR adalah sebuah software untuk membuat lingkungan virtual yang bisa digunakan di semua sistem operasi untuk membuat aplikasi berbasis layanan internet dengan menggunakan teknologi Adobe Flash (dulunya Macromedia), Adobe Flex, HTML atau Ajax yang dimana bisa berfungsi untuk membuat aplikasi desktop.

adobe-air-setup

Jadi disini peran Adobe AIR sangat sederhana seperti Java Runtime, tapi Adobe AIR jauh lebih simpel karena hanya dengan satu versi installer dengan ekstensi [.air] langsung bisa diinstall di semua OS.

Facedesk yang menjadi salah satu aplikasi berbasis Adobe AIR ukuran instalasinya cuma 98 KB, amat sangat kecil bukan? Silakan download installer Facedesk dari link dibawah ini:

http://facedesk.googlecode.com/files/facedesk-0.7.air (98 KB)

Berikut tampilan dari Facedesk saat saya menggunakannya, tidak ada konfigurasi apa pun, semuanya tinggal pakai, yang kelihatan pun cuma title bar dari Facedesk.

2010-01-27_2137562010-01-27_2138412010-01-27_213916

Namun di Facedesk anda tidak bisa melakukan chatting seperti biasa dari taskbar Facebook namun menggunakan Pop-Up Chat yang dimana menggunakan window sendiri seperti pada screenshot disebelah kanan.

Beban RAM lebih kecil daripada menggunakan  aplikasi web browser, loadingnya juga instant dan…. pokoknya simpel deh. Silakan dicoba.

4 Responses

  1. saya pun juga begitu… sementara masih menunggu informasi dari pihak developer FaceDesk…

  2. Mas, setelah saya coba kok nggak bisa ya.
    gejalanya, tampilan agak redup trus nggak bisa di apa-apain selain di tutup atau di minimize.

  3. @Bayu, saya pribadi lebih memilih menggunakan Facedesk daripada pakai web browser karena beban RAM dari akses Facebook di web browser cukup tinggi. Karena dengan Facedesk jauh lebih simpel dan tidak memerlukan setting apa-pun.

    Web browser berbasis dari engine Gecko yang dipakai Firefox. Tapi masalahnya banyak yang tidak mengerti akan kegunaan khusus dari Flock itu sendiri.

  4. emang sih aplikasi gini sangat memudahkan bagi pengguna yang kerjaannya cman buka facebook doank… tp klo butuh browsing2 yang laen ya balik lagi deh pake browser. Jd dari pada buka 2 aplikasi untuk buka 2 situs, mending buka 1 aplikasi untuk buka berbagai situs kan…
    eh ris, wes nyoba browser flock blm??? salah satu social web browser?? cocok neh buat org yang kerjaannya cman buka social networking….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: