AdBlock dan NoScript, blokade elemen web yang tidak perlu


No More Ads Sering terganggu dengan iklan dan berbagai macam elemen website yang sangat menganggu? Ditambah lagi membuat beban akses internet menjadi bertambah dikarenakan media berbasis animasi flash dan frame HTML yang sangat membebani resource CPU.  Dengan melakukan blokade terhadap elemen – elemen yang tidak perlu dari sebuah website maka alhasil kegiatan surfing menjadi lebih nyaman karena lebih cepat dan tidak terganggu oleh iklan yang tidak diinginkan, hal sangat membantu bagi pelanggan yang dimana ISP-nya sangat lambat dalam memberi kecepatan download data.

Coba bandingkan 2 tampilan dari sebuah website forum komunitas dibawah ini,

2009-11-15_2218532009-11-15_221923

Apa yang ada di dalam pikiran anda saat melihat kedua tampilan tersebut?, dua screenshot tersebut adalah dari alamat website yang sama pada halaman yang sama juga.  Yang membedakan kiri dengan kanan adalah pengurangan terhadap elemen – elemen website yang tidak perlu sehingga kecepatan akses menjadi jauh lebih cepat dan hemat biaya bagi pengguna internet dengan sistem kuota yang sangat kecil.

2009-11-29_1823422009-11-29_182440

Pada screenshot yang disebelah kanan, semua elemen website yang menurut saya tidak perlu dan mengganggu telah diblokir dari akses load. Diantaranya, elemen iklan, warna gradien, teksture header dan elemen gambar. Dengan dikuranginya elemen website maka alhasil tampilan menjadi lebih nyaman karena lebih lebar dari sebelumnya.

2009-11-29_1833272009-11-29_183153

AdBlock merupakan add-on untuk web browser Mozilla Firefox yang sangat populer, dengan jumlah download mencapai puluhan juta karena memang fungsinya yang sangat top dan benar – benar berguna. Tidak hanya iklan berupa gambar namun yang berbasis animasi flash maupun GIF bisa diblokade oleh AdBlock dengan mudah. Tidak sampai disitu, elemen – elemen website yang tidak perlu seperti gambar – gambar dengan warna gradien yang menjadi elemen tema website tersebut bisa juga diblokir agar beban load website tidak besar, alhasil load halaman web menjadi jauh lebih cepat dengan tampilan yang sesuai dengan kebutuhan.

AdBlock Context MenuAdBlock Configuration

Sebenarnya ada satu lagi add-on untuk Mozilla Firefox yang dimana berguna untuk membantu memberi perlindungan kepada pengguna saat browsing internet. NoScript namanya, add-on juga sangat terkenal dan jumlah download juga mencapai puluhan juta. NoScript memblokade kode – kode yang berasal dari domain website. Seperti kode JavaScript, HTML dan aksi drive by download.

NoScript bisa juga digunakan untuk memblokade kode script frame iklan dan juga kode Microsoft Silverlight serta Adobe Flash. Bisa juga untuk kode dari Google yaitu Google Syndication. NoScript bisa dimanfaatkan untuk melindungi web browser dari serangan – serangan kode injeksi yang biasa terdapat di website – website yang tidak aman. Dengan melakukan blokade server iklan maka bisa mengurangi beban bandwidth dan mempersingkat ping time serta response time yang lebih cepat.

1060846

Dengan begitu pengguna internet yang dimana ISP-nya sangat pelit dalam memberi jatah bandwidth dan memberi batasan kuota yang tidak masuk akal bisa merasa agak lega dengan loading halaman web yang sedikit lebih cepat dan ditambah lagi bisa menghemat kuota download yang disediakan oleh ISP – ISP Indonesia yang saya anggap sangat pelit dan tidak konsisten.

Screenshot yang saya berikan diatas bisa menjadi bukti bahwa dengan koneksi dari ISP Telkomsel Flash yang sudah turun hingga angka 64 Kbps atau hanya 8 KB/s (itu pun ndak pernah stabil) hanya memerlukan waktu kurang dari 10 detik untuk loading full halaman website tanpa iklan dan elemen website yang tidak perlu.

Informasi AdBlock Plus dan NoScript di website Mozilla Firefox Add-Ons

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: