Windows System Restore, fitur bunuh diri yang merugikan


System Restore Mungkin dalam benak anda masih berpikir kenapa saya menganggap Windows System Restore adalah fitur bunuh diri dan ditambah lagi merugikan. Jawabannya sederhana saja, fitur System Restore ternyata sangat mudah disusupi oleh berbagai jenis malware dan ditambah lagi lokasinya yang berada di semua partisi HDD internal dan eksternal (HDD eksternal hanya dengan sistem NTFS). Jelas sekali, dengan sifatnya yang seperti itu lokasi System Restore sangat mudah dimodifikasi, manipulasi dan disusupi oleh berbagai malware. Makanya saya menyebutnya fitur bunuh diri dan jelas merugikan.

Sebenarnya fungsi dari Windows System Restore sangat menarik dan cukup membantu. Windows System Restore bisa mengembalikan kondisi sistem operasi kembali ke masa lalu pada saat masih dalam keadaan stabil apabila terjadi masalah sistem setelah pengguna melakukan kesalahan fatal. Namun dari fungsinya yang cukup fenomenal tersebut, ternyata membuat sebuah lubang besar bagi malware dan trojan untuk menyusup ke dalam direktori Windows System Restore.

Kenapa bisa disusupi? Alasannya sangat jelas, karena lokasi Windows System Restore berada di folder hidden file system yaitu System Volume Information. Dan ditambah lagi folder tersebut dibuat di semua partisi NTFS secara otomatis oleh Windows tanpa konfirmasi terlebih dahulu, jadi jangan heran kalau kapasitas hard disk yang terpakai tidak sesuai dengan aslinya karena folder System Volume Information statusnya hidden.

2009-11-14_2332492009-11-14_233256

Windows System Restore dalam setting standar mengambil 10% jatah kapasitas dari ukuran setiap partisi untuk alokasi System Restore. Meskipun bisa dibilang kecil, fragment – fragment yang dihasilkan bisa menjadi bumerang dari struktur data di dalam partisi itu sendiri. File – file System Restore selalu membuat berantakan struktur partisi sehingga mengakibatkan performa baca/tulis HDD makin berkurang dan pengguna direpotkan dengan harus melakukan defragmentasi yang semakin sering.

Meskipun fungsinya bisa dibilang mantap namun resikonya sangat besar sehingga fungsi dari Windows System Restore bisa menjadi pedang bermata dua. Daripada terkena resiko yang dimana tidak bisa ditolerir, lebih baik non-aktifkan fitur System Restore secara permanen.

Berikut langkah – langkah untuk mematikan fitur Windows System Restore pada Windows XP dan Windows Vista / 7,

Pada Windows XP sangat mudah, buka System Properties dari Control Panel (Control Panel – System atau klik kanan My Computer – Properties), pada tab System Restore beri centang pada Turn Off System Restore. Untuk mematikan fiturnya secara permanen buka Windows Services (klik kanan My Computer – Manage – Services and Applications – Services) lalu cari yang namanya System Restore Services, double klik lalu pada menu drop-down Startup pilih Disabled dan terakhir pilih klik Apply dan OK.

2009-11-14_2310202009-11-14_2311122009-11-14_231047

Pada Windows Vista / 7, buka dialog System Restore melalui Advanced System Settings dan selanjutnya langkah sama dengan Windows XP.

Sebagai penggantinya, pengguna bisa menggunakan software alternatif untuk melakukan backup sistem. Seperti yang sudah pernah saya review sebelumnya, Macrium Reflect sangat cocok menjadi pengganti dari Windows System Restore. Perlindungan menyeluruh dan proses yang cepat serta aman dari infeksi malware dan trojan karena menggunakan format independen.

Dengan program backup seperti Macrium Reflect, data backup bisa disimpan di media eksternal seperti CD/DVD ataupun HDD eksternal karena bisa alokasikan secara fleksibel. Lain halnya dengan Windows System Restore yang lokasinya tidak bisa diubah sama sekali. Sehingga kalau terjadi kegagalan hardware data dan sistem-nya susah di-restore.

2 Responses

  1. tool alternatif yak, boleh juga neh ..

  2. wah baru tahu ak, boleh dicoba nih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: