progeSOFT progeCAD Smart 2009, pengganti gratis AutoCAD


logo-p Masih menggunakan AutoCAD? Sebaiknya ganti dengan progeCAD dari developer progeSOFT yang dimana mempunya fungsionalitas dan fitur yang sama dengan AutoCAD, terlebih lagi progeSOFT memberi label gratis untuk lisensi penggunaan personal. Jadi bagi anda yang hanya ingin belajar desain Computer Aided Design tidak perlu menggunakan AutoCAD yang mahal atau bajakan. progeCAD jauh lebih kecil ukurannya dan lebih ringan dalam penggunaannya, beban RAM pun tidak terlalu besar pada saat membuka beberapa dokumen sekaligus.

Karena saya tidak mahir dalam urusan desain Computer Aided Design, jadi mohon maaf kala saya tidak bisa memberikan review yang lengkap. Tapi akan saya berikan beberapa screenshot dari progeCAD dengan beberapa tampilan pada saat membuka sampel dokumen. Sebelumnya saya pernah melihat teman saya menggunakan AutoCAD 2007 lalu saya membandingkannya dengan progeCAD tidak ada bedanya dalam tampilan dan penggunaan umum.

Berikut beberapa fitur unggulan dari progeCAD Smart:

  • reads and writes AutoCAD® DWG files from 2.5 to 2009
  • has industry standard AutoCAD Commands
  • has AutoCAD® Menu, Script, Font Compatibility
  • has AutoLISP® Compatibility!
  • has Basic Rendering Options
  • has Express Tools
  • export to PDF and JPG
  • 11,000 standard symbols and blocks available for free

smart_banner

Mungkin dalam pandangan saya, progeCAD sangat cocok untuk para mahasiswa atau pengguna umum yang mau belajar desain CAD tanpa harus membayar lisensi yang sangat mahal. Jauh lebih baik daripada menggunakan software bajakan dan tentu bebas dari urusan crack dan keygen yang berpotensi akan bahaya trojan dan virus.

Saya sendiri pun tidak mempercayai akan progeCAD, padahal software macam seperti ini biasanya dijual dengan harga sangat tinggi hingga mencapai 10 juta Rupiah. Sekali lagi saya berterima kasih kepada Mas Andi Wangsadijaya yang dimana telah memperkenalkan saya progeCAD. Sebuah fenomena yang cukup menarik terhadap sebuah freeware yang sangat powerful dan bisa menggantikan versi komersial yang sangat mahal bagi penggunaan pribadi.

Berikut beberapa screenshot dari progeCAD,

2009-11-14_1707372009-11-14_1446512009-11-14_1447522009-11-14_1449192009-11-14_1449362009-11-14_144945

Pada saat instalasi pengguna akan diberi masa trial selama 30 hari namun tenang saja, anda hanya perlu sebuah registrasi yang tentu saja tidak memerlukan biaya sepeser pun. Registrasi tersebut hanya untuk membebaskan anda dari batasan masa trial yang dimana hanya 30 hari, selanjutnya tentu saja tetap gratis.

2009-11-14_1210312009-11-14_121043

DOWNLOAD (98 MB) / Website progeSOFT khusus untuk progeCAD Smart

6 Responses

  1. serial number-nya bisa didapat melalui menu registrasi yang tersedia di softwarenya….

  2. serial numbernya berapa mas ??

  3. sebenarnya memang SkecthUp lebih baik dalam hal sketsa modelling namun untuk soal presisi progeCAD mampu menghadirkan yang kurang lebih sama dengan AutoCAD yang mahal.

  4. apa kelebihan progeCAD dibanding Sketchup (free version) dari Google ? sketchup punya teknik menggambar lebih menarik dan bisa export import DWG dengan autoCAD

  5. sama sama, senang bisa membantu…

    Freeware is Freedom without Fee and Fear

  6. makasih banget nih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: