PDF-XChange Viewer, pembaca PDF dengan fitur yang lebih


PDF-XChange FileExt Dibuat oleh developer Tracker Software, PDF-XChange merupakan software pembaca file PDF yang dimana dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih lengkap. Mungkin sebelumnya sudah pernah tahu akan Foxit Reader yang menjadi primadona program pembaca file PDF karena beban sistemnya yang luar biasa ringan. Sekarang dengan hadirnya PDF-XChange yang dimana memberikan sesuatu yang lebih daripada Foxit Reader, akan saya bandingkan keduanya dari segi performa dan fitur yang disediakan. Dan tentu saja lisensi dari PDF-XChange untuk edisi Viewer adalah gratis.

PDF-XChange Viewer kali juga direkomendasikan oleh Mas Andi Wangsadijaya, beliau meminta kepada saya untuk membuat review perbandingan dengan Foxit Reader, dengan tujuan untuk memutuskan siapa yang terbaik sebagai program pembaca file PDF. Kalau sudah ada Foxit Reader, kenapa harus pakai PDF-XChange? Mungkin itulah pertanyaan yang akan muncul setelah saya mempublikasikan artikel ini. Silakan disimak reviewnya.

PDF-XChange Viewer, mengadopsi tampilan dan fitur ala web browser. Dengan fitur tab preview (dari Opera Web Browser) dan tab thumbnail (dari Windows Internet Explorer 8). Ditambah lagi beberapa fitur marking yang bisa langsung digunakan pada dokumen PDF tanpa harus melakukan edit ulang, dan lagi semua fitur tersebut tidak diberi sebuah iklan yang berupa watermark yang biasa dijumpai pada program – program trial atau shareware.

2009-10-24_0817412009-10-24_081810

Pada screenshot di atas adalah tampilan dari program PDF-XChange pada saat membuka 4 dokumen PDF sekaligus, dapat terlihat fitur tab digunakan untuk memangkas jumlah jendela program yang aktif dan menghemat tempat di taskbar. Pada screenshot yang disebelah kanan merupakan preview dari fitur tab preview, menampilkan mini preview dari isi tab yang bersangkutan tanpa harus membukanya, fitur kecil namun sangat berguna.

2009-10-24_0818292009-10-24_081940

Jika pernah menggunakan fitur tab thumbnail di Windows Internet Explorer 8 maka untuk preview pada screenshot atas kiri sudah tidak asing lagi. PDF-XChange menyediakan fitur tab thumbnail yang berguna untuk  menampilkan seluruh dokumen PDF yang terbuka dalam bentuk thumbnail sehingga pengguna bisa melihat secara sekilas isi dari masing – masing dokumen tanpa harus melihatnya satu per satu.

Untuk screenshot disebelah kanannya merupakan tampilan dari fungsi bookmark, fungsi bookmark hanya tampil untuk dokumen tertentu yang dimana dokumen tersebut menyediakan index dan daftar isi, biasanya dokumen yang dirilis resmi untuk publik dari perusahaan tertentu. Dengan adanya bookmark, pengguna bisa langsung menuju ke halaman tertentu sesuai dengan judul halaman tanpa harus scrolling.

Dibawah ini adalah fitur – fitur dari PDF-XChange yang cukup memberi pukulan telak bagi pengguna Foxit Reader (termasuk saya), dimana semua fitur tersebut sungguh sangat luar biasa karena disediakan pada sebuah software dengan lisensi gratis.

2009-10-24_0824032009-10-24_0826382009-10-24_0827212009-10-24_0829112009-10-24_0829472009-10-24_083835

Dimulai dari screenshoot kiri atas, fitur untuk memberi sebuah komentar atau catatan kecil langsung pada dokumen PDF yang bisa digunakan untuk memberi revisi dalam sebuah dokumen, sticky note, text box maupun call out tool bisa digunakan untuk hal tersebut. Bisa memberi garis bawah, mewarnai kalimat dengan blok warna maupun memberi sebuah coretan untuk berbagai kesalahan dalam sebuah dokumen.

Screenshot kedua mungkin cukup fenomenal, pengguna bisa menambah berbagai figur atau arahan dalam bentuk anah panah. Dimulai dari lingkaran elips, polygon, cloud tool, rectangle, pencil tool dan custom arrow.

Berikutnya adalah sebuah fitur stempel yang biasa digunakan untuk bukti sah dari sebuah dokumen. Ada beberapa pilihan stempel yang disediakan oleh PDF-XChange Viewer, namun pengguna bisa menambah stempel sendiri dengan menggunakan file gambar (mendukung hampir semua format). Hasilnya bisa dilihat pada screenshot bawah kiri.

Screenshot berikutnya merupakan fitur untuk mengukur jarak dari titik ke titik sedangkan pada screenshot berikut untuk mengukur jarak total dari beberapa titik yang berbeda.

Tidak hanya fitur – fitur diatas, sepertinya developer Tracker Software juga berusaha bersaing dengan developer Foxit Software. Dengan disediakannya versi portabel dari PDF-XChange Viewer, cocok bagi pengguna mobile yang tidak mau repot terhadap instalasi. Versi portabel ukurannya jauh lebih kecil daripada versi installernya, dimana versi portabel hanya 6 MB sedangkan versi installernya 15 MB.

Namun dari semua fitur tersebut tampaknya juga berdampak pada performa dari durasi startup dari program PDF-XChange Viewer. Dalam sebuah uji coba yang saya lakukan dengan membuka dokumen PDF dengan PDF-XChange Viewer dan Foxit Reader sebanyak 5 kali berturut – turut. Saya mendapa sebuah hasil yang cukup signifikan, dimana durasi startup PDF-XChange Viewer lebih lambat 3 – 9 detik dari Foxit Reader. Hasil uji coba ini tentu saja tidak mengikat dengan sistem lain. Mungkin fitur – fitur yang disediakan oleh PDF-XChange Viewer bisa menutup kekurangan ini.

DOWNLOAD / DOWNLOAD (Portabel)

8 Responses

  1. Foxit Phantom lisensinya tidak gratis sehingga tidak saya review, disini saya fokus ke freeware dan open source… Lagipula dari fungsi2 Foxit Phantom sebagian ada di PDF-XChange dan di Foxit Reader serta melalui PDF printer seperti BullZip..

  2. ama foxit phantom,lebih baik mana bos,kinerjanya ??

  3. sama dengan saya… PDF-XChange Viewer akan saya pakai kalo perlu saja… tapi Foxit Reader tetap yg utama dalam urusan kecepatan loading..

  4. Salut buat reviewnya, tapi saya tetep make Foxit aja soale lebih kenceng dan biasanya buka PDF ya cuman buat dibaca doang ^_^

  5. Agak aneh nih utk PDF Fill di websitenya… Apakah program ini juga bisa membuka file PDF? Saya lihat di websitenya kok tidak ada fungsi untuk PDF Viewer meskipun bisa merge dan split serta encrypt..

  6. PDF Fill lebih oke mas, selain semua kemampuan PDF-XChange Viewer PDF FIll juga bisa merge file PDF dan Kompresi …..

  7. Kalau untuk overall jelas lebih baik PDF-XChange Viewer karena fiturnya lebih lengkap daripada Foxit Reader, semua bergantung dari kebutuhan sih. Tapi saya pribadi lebih memilih PDF-XChange Viewer karena toh sama – sama freeware dengan Foxit Reader, ada yang lebih baik namun tetap gratis. Untuk urusan minus dalam hal startup mungkin akan hilang dengan sendirinya setelah ada update dari developernya.

  8. Jadi kesimpulannya, lebih merekomendasikan yang mana mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: