Telkomsel Flash, salah satu ISP yang menyandera bandwidth


no_flashPelanggan Yth. Terhitung mulai tgl 1 Sep 09, Fair Usage untuk Paket Basic TELKOMSELFlash Unlimited berubah dari 2GB menjadi 500 MB. Terima kasih.” Itulah pesan yang saya terima pada tanggal 7 September 2009 kemarin, jauh berbeda dari awal penggunaannya yang dimana kuota 3 GB. Lalu setelahnya saya menerima SMS lagi sebagai berikut, “Stlh kecepatan diturunkan&ingin mendpt kecepatan normal kembali,Anda dpt membeli paket 50rb(125MB)/100rb(300MB) via SMS.”. Beginilah Telkomsel Flash yang sekarang, sudah berbeda dari yang dulu. Sekarang dengan seenaknya mengeluarkan “paket” baru yang dimana pelanggan harus mengeluarkan biaya lebih banyak lagi demi sebuah kenyamanan ber-internet.

Pada saat pertama kali diluncurkan, kecepatan download Telkomsel Flash memang sesuai dengan klaimnya yaitu 3,6 Mbps atau 450 KB/s namun pada prakteknya kecepatan maks hanya sebesar 350 KB/s hingga 400 KB/s waktu itu. Sekitar pada tahun 2008 Telkomsel Flash meluncurkan paket Unlimited yang dimana dengan menggunakan sistem kuota hingga sekarang yang dimana sudah mengalami penurunan kuota.

Berbagai keluhan pun muncul sejak Juni 2009 hingga sekarang, berbagai komplain dari masalah tidak dapat terkoneksi, tidak ada traffic hingga tidak mendapatkan jaringan 3G. Saya sendiri sering menghubungi pihak customer service namun apa daya semua yang saya lakukan sia – sia dan tidak ada hasilnya.

Saya menemukan sebuah petisi online dari www.petitiononline.com yang dimana isinya adalah,

To:  Anti Limited Flash

Petisi Masyarakat Online
Kebijakan Telkomsel yang memangkas Quota Bandwidth Internet yang mana dirasa akan menghambat perkembangan Internet dan teknologi di indonesia.
Tuntutan :
1. Bebaskan Internet dari segala Limit
2. Tekan Harga berlangganan seminimal mungkin
3. Beri Akses 3G seluas luasnya ke daerah daerah terpencil

Sincerely,

The Undersigned

http://www.petitiononline.com/NoLimit/petition.html

Dari semua balasan / dukungan menyatakan YA atau SETUJU untuk dicabut karena merasa dirugikan secara sepihak dimana Telkomsel mengeluarkan kebijakan tanpa melihat keadaan di lapangan terlebih dahulu. Dengan mematok fair usage dari 2 GB ke 500 MB yang disinyalir hanya cukup untuk penggunaan melalui mobile phone namun tidak untuk pengguna PC. Berikut beberapa balasan dari petisi online tersebut,

saya merasa tertipu oleh telkomsel, saya dulu bergabung dgn Flash karena tertarik oleh unlimited internet ini, ternyata scr sepihak telkomsel mengubah kebijakan ini

Karena merugikan dan mempersempit ruang gerak onliner, bila di banding dengan access internet di luar negeri

Harus di cabut dan diperjelas !, Internet adalah evolusi tertinggi saat ini di bidang komunikasi, hal2 yg berkaitan dgn internet dapat di manfaatkan untuk sebuah kemajuan dan kesempatan usaha bagi setiap orang, contoh ( toko online, forum, blog dll ) yg merupakan sarana yg saat ini marak dipakai orang sebagai solusi usaha dgn modal yg ringan, pemakain internet bukan hanya untuk mengakses email atau download !, kami tidak bisa menerima sebuah produk dgn embel2 unlimited dari operator dan kemudian di rubah seenaknya menjadi 500 MB ( saya rasa cukup jelas operator apa yg saya bicaakan ) dgn alasan bandwith tidak lagi memadai / pemerataan bandwith yang dilakukan sepihak tanpa memandang mitra2 kerjasamanya. hukum kontrak dan isinya berlaku disini !

biaya internet sekarang harus lebih murah…gimana mau menang dari negara laen klo masih mementingkan kepentingan pribadi atau kepentingan pihak tertentu saja….

Karena tidak ada bukti bahwa pengguna hanya memakai 500MB saja. Untuk browsing (saja) seharian dibutuhkan hampir 100MB. Dengan kata lain hanya dalam 5 hari sudah disunat

Karena kebijakan ini dibuat secara sepihak, melanggar kontrak yg dibuat dengan pelanggan. Ujung-ujungnya tetap pelanggan yang selalu dirugikan

karena tindakan semena-mena yang dilakukan oleh Telkomsel kepada para pelanggan dimana quota diturunkan tanpa pemberitahuan jauh sebelum penurunan quota dilakukan

kesewenang-wenangan provider dan keputusan sepihak yang bodoh dan merugikan konsumen/pelanggan yang telah mendaftar dan membayar secara rutin. penipuan besar-besaran oleh corporate internet selluler terbesar nasional kepada pelanggan/rakyat secara sengaja.

Karena telkomsel udah merugikan pelanggan dengan memotong quota pada pelanggan lama. tidak menjalankan janji. kontrak pembayaran tetap jalan selama 1 tahun, tp kenapa quota tidak dijalankan sesuai pada saat flash dibuat!! taiiikkkkk….

Selain dari petisi online, di forum tempat saya sering berdiskusi masalah IT yaitu CHIP Forum pun juga banyak yang protes terhadap kebijakan baru Telkomsel Flash.

http://forum.chip.co.id/internet-provider-indonesia/125317-kecewa-dengan-telkomsel-flash.html

Diatas adalah salah satu thread yang dimana seorang user menyatakan kecewa dengan kualitas layanan Telkomsel Flash, diikuti dengan beberapa member lain yang dimana bernasib sama.

Sejak berbagai komplain muncul dari surat pembaca di website berita kompas.com maupun detik.com, tidak ada satu pun respon dari pihak Telkomsel yang memberi sebuah solusi atau memperbaiki kualitas jaringan yang ada. Telkomsel tampaknya memilih berdiam diri, apakah perlu sebuah tindakan yang dilakukan secara besar – besaran dari konsumen demi mencabut keputusan sepihak ini?

Operator terbesar tapi malah merugikan konsumen, apakah ini yang harus dirasakan oleh semua rakyat? Solusi murah untuk sebuah internet personal ternyata hanya sebuah mimpi, berbagai peraturan dan syarat serta kebijakan yang dimana ujung – ujungnya malah merugikan di pihak konsumen. Konsumen disini bagaikan tidak mempunyai hak untuk mendapatkan yang terbaik, sebagian besar memilih pasrah karena memang hukum konsumen tidak bisa berbuat banyak.

Pernyataan dari MenKomInfo mengenai turunnya tarif internet pun tidak terbukti hingga sekarang, murah tapi dibatasi. Koneksi HSDPA tapi yang ada malah koneksi HSDPA dengan isi GPRS, HSDPA yang maksimumnya 7,2 Mbps, malah menjadi 64 Kbps yang dimana setara dengan Dial-Up.

One Response

  1. setuju…..kuontol telkomsetan….jancok…..kecewa….pak SBY dengarkan suara km…..katanya internet turun….janji preketek….gombal semua……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: