Update Windows Anda, Agar Lebih Stabil dan Lebih Aman..!!!


Update logo Sistem operasi Windows anda sering hang? crash? tidak stabil? Sebuah kejadian yang kerap kali hadir namun pada akhirnya penyebabnya adalah karena penggunanya sendiri yang tidak peduli dengan sistem operasinya. Dalam berbagai kasus error dan crash sistem operasi Windows, sebagian besar penyebabnya adalah kondisi sistem operasinya itu sendiri yang rapuh karena tidak pernah di”update” sama sekali. Update tidak hanya untuk program antivirus namun sistem operasi dan software – software lainnya juga perlu yang namanya “update” karena update memegang peranan penting dalam meningkatkan kestabilan dan menutup celah keamanan serta menghadirkan sebuah fitur baru.

Apa arti dan definisi dari “update”? Berikut definisi “update” menurut WikiPedia Bahasa Inggris,

A small piece of software designed to fix problems with or update a computer program or its supporting data. This includes fixing security vulnerabilities and other bugs, and improving the usability or performance.

Arti dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut,

Sebuah potongan dari sebuah program yang didesain untuk memperbaiki atau memperbaharui aplikasi komputer. Patch dapat menambal lubang keamanan dan error lainnya atau meningkatkan performa dari aplikasi yang bersangkutan.

Jadi singkatnya, disini update berperan dalam meningkatkan performa dan kestabilan sebuah sistem operasi, program dan aplikasi komputer lainnya. Jadi jangan salahkan sistem operasi Windows anda jika mendadak hang atau mogok kerja, padahal anda sendiri yang tidak pernah melakukan update untuk sistem operasi Windows tersebut.

Update banner

Selain sistem operasi Windows, program – program yang terinstall juga harus dan wajib diperiksa ketersediaan update-nya atau versi terbaru di website developernya. Ambil contoh saja seperti Yahoo! Messenger yang kerap kali menjadi target serangan trojan dan worm, saat ini tercatat terdapat 15 lubang keamanan yang berbahaya pada Yahoo! Messenger.

Saran saya sih lebih baik pakai program instant messenger yang lain daripada repot kena serang. Program messenger alternatif pun banyak tersedia di internet seperti, Pidgin, Trillian Astra, Miranda dan lain-lain, atau bisa menggunakan web messenger yang dimana tidak memerlukan instalasi ke sistem operasi.

Sejak Service Pack 2 untuk Windows XP dirilis pada tahun 2004, hingga saat ini sudah tersedia hampir 300 modul update untuk Windows XP. Bagi yang tidak melakukan update ke Service Pack 3 masih bisa menggunakan update yang dirilis oleh Microsoft. Service Pack 3 kerap disinggung sebagai Service Pack yang merugikan dalam beberapa aspek karena adanya penurunan kinerja dari Windows XP setelah SP3 terinstall.

Saya sendiri masih bertahan di Service Pack 2 namun terus melakukan update rutin sehingga bisa meminimalisir error dan ketidakstabilan sistem. Hingga sekarang pun terbukti sistem saya masih stabil sejak 2,5 tahun lalu tanpa install ulang.

Namun bagi pengguna Windows XP yang telat dalam melakukan update saat ini mungkin akan menemui kendala karena ukuran file update yang sangat besar jika di-download sekaligus (kurang lebih sekitar 400 MB+). Bagi yang ingin melakukan update massal namun terhalang oleh kendala koneksi internet yang tidak memungkinkan, saya menyediakan sebuah DVD yang berisi semua update untuk Windows XP Service Pack 2, termasuk berbagai tuning dan add-on komponen Windows XP. Disertai juga Service Pack 2 untuk Windows Vista. Sale DVD Total Update for Windows.

2009-09-23_1036092009-09-23_1035092009-09-23_103534

Disini saya mendownload semua update tersebut dengan menggunakan AutoPatcher Updater dari AutoPatcher yang dulu pernah populer sebelum XP Service Pack 3 rilis. Semua update dapat dilakukan dalam satu kesempatan meskipun durasi yang diperlukan agak lama, berkisar 1 – 2 jam tergantung dari kecepatan sistem hardware tapi lebih baik daripada harus melakukan instalasi satu per satu per modul update.

Jadi untuk kesimpulan, hukumnya untuk melakukan update adalah WAJIB tanpa pengecualian…!!! Tanpa update program akan rapuh dan mudah hancur (error).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: