Windows Live Writer, nge-blogging tanpa harus online


Logo Apakah selama ini anda posting artikel di blog harus nyambung ke internet secara langsung? Memang pada dasarnya semua layanan web blog memberikan semua fiturnya secara online sehingga setiap kali pengguna blog ingin mempublikasikan artikelnya harus membuka aplikasi web browser terlebih dahulu. Hal ini memang menguntungkan di satu sisi karena cukup praktis tanpa harus melakukan instalasi ke dalam OS. Namun di satu sisi amat sangat merepotkan khususnya bagi para blogger di Indonesia yang sebagian besar pelanggannya tersangkut oleh koneksi internet yang sangat dibatasi.

Namun termyata Microsoft telah memberikan solusi yang cukup menguntungkan bagi para blogger di Indonesia, Microsoft menyediakan sebuah aplikasi offline editing dengan fitur yang sangat mudah digunakan. Dengan aplikasi tersebut blogger tidak perlu harus terkoneksi dengan internet pada saat melakukan editing, koneksi internet hanya dibutuhkan pada saat melakukan publikasi artikel blog (publishing) dan update konfigurasi.

Editing 1Editing 2

Windows Live Writer adalah nama aplikasinya. Windows Live Writer merupakan bagian dari paket software layanan Windows Live dari Microsoft. Selain Writer, ada juga Photo Gallery, Messenger dan Mail. Namun kali ini saya hanya membahas Writer sesuai dengan judul artikel kali ini.

Windows Live Writer kompatibel dengan sebagian besar layanan web blog, diantaranya Windows Live Spaces, Google Blogger, WordPress, SharePoint, TypePad dan lain-lain. Oleh karena itu Writer bisa dipakai oleh siapa pun dan all in one.

Dengan menggunakan sistem WYSIWYG (What You See Is What You Get), “Apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapat”. Jadi disini dengan menggunakan Windows Live Writer, pengguna bisa langsung melihat preview hasil jadi dari post yang akan dipublikasikan tanpa harus menekan tombol “publish”.

2009-09-23_0146542009-09-23_014700 2009-09-23_014706

Tidak berhenti disitu, Windows Live Writer didukung oleh berbagai macam plug-in yang tersedia di website Windows Live untuk lebih memaksimalkan fungsi publishing. Diantaranya yang sudah tersedia langsung adalah Hyperlink, Picture, Photo Album, Table, Map, Tags dan Video.

Fungsi dari Windows Live Writer pun bisa ditambah seperti memasukkan sebuah link download file langsung dari editor tanpa harus upload ke web file sharing. File akan otomatis ter-upload ke dalam server masing – masing penyedia layanan blogging.

Dan terakhir, tentu saja lisensi Windows Live Writer adalah gratis dan tanpa iklan meskipun developernya adalah Microsoft. Ternyata Microsoft juga bisa menyediakan aplikasi gratis yang powerful.

DOWNLOAD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: