Trillian Astra jauh lebih baik, tinggalkan Yahoo! Messenger


Yahoo Trillian RSZ Trillian Astra dimana merupakan penerus dari Trillian 3 dengan peningkatan yang sangat signifikan dari sisi tampilan dan performa sekaligus fitur yang dimampatkan. Kini Trillian Astra mendukung berbagai macam account instant messenger dan bisa aktif sekaligus dalam satu aplikasi tanpa harus membuka aplikasi per account. Beban sistem yang ringan dan respon yang lebih cepat memberi keuntungan yang lebih sebagai program instant messenger.

Dukungan terhadap video chat pun juga telah diadopsi oleh Trillian. Pada versi sebelumnya sering terjadi error atau ketidakmampuan Trillian dalam menerima file yang dikirim langsung melalui protocol instant messenger seperti Yahoo! dan Windows Live, sekarang di Trillian Astra masalah tersebut sudah terlewati.

build66 trillian-astra

Trillian Astra mendukung hingga 10 protocol instant messenger yaitu,

  • AIM/ICQ,
  • Bonjour,
  • Facebook,
  • IRC,
  • Mail (POP3 dan IMAP),
  • MySpaceIM,
  • Twitter,
  • Windows Live Messenger,
  • XMPP,
  • Yahoo! Messenger

Untuk protocol Facebook, bisa digunakan menjadi desktop client yang dimana bisa menampilkan update semua notifikasi dari account Facebook pengguna. Dimulai dari friend request, friend update, messages, pokes, group invitation, event invitation, photo tagging, friend’s note, wall post, birthday notification dan lain-lain.

Bahkan status di Facebook bisa diganti langsung melalui status Trillian Astra (harus dikonfigurasi terlebih dahulu). Chatting langsung dengan teman-teman di Facebook pun bisa di Trillian Astra ini, sehingga jauh lebih praktis daripada harus membuka web browser.

Dengan skin berbasis XML, kelebihannya bisa dirubah sesuka hati dan ringan serta tidak membebani sistem grafis. Bahkan pada saat pergantian skin sangat cepat tanpa harus menunggu lama. Desain transparansi alpha-blending pun diterapkan pada Trillian Astra ini, sehingga tampilannya sangat atraktif dan eye-catching.

Jendela chattingnya pun didesain berbasis tab sehingga hanya dengan satu jendela bisa mengobrol dengan beberapa teman sekaligus tanpa harus membuka banyak jendela aplikasi. Notifikasi untuk berbagai update dan konfirmasi pun bisa dikonfigurasi jumlahnya, jika ada 4 teman yang muncul bersamaan maka notifikasinya yang muncul berjumlah 4 kotak secara bersamaan, jumlahnya bisa dilimitasi sesuai selera.

Mengenai perihal beban sistem, disini Trillian Messenger sangat jarang membebani CPU. Konsumsi RAM pun sangat minim, disaat idle hanya 8 MB, pada saat chatting naik ke 17 MB, beban tertinggi yang pernah saya temui hanya berkisar dibawah 30 MB. Lain halnya dengan Yahoo! Messenger, disaat idle pun bisa mencapai 40 MB dan beban tertinggi yang pernah saya cek mencapai 69 MB.

Silahkan kunjungi www.trillian.im untuk mendownload Trillan Astra.

2 Responses

  1. sebenarnya dari fitur protocol Facebook-nya bisa hanya dengan melalui Status Message-nya Trillian. Jadi dengan mengubah status di Trillian lalu di Facebook juga otomatis terupdate… Sebenarnya implementasi fitur ini akan disempurnakan di Trillian versi 5… Saya sendiri sudah mencoba-nya dan cukup praktis hanya saja masih dalam pengembangan dan hanya disarankan untuk uji coba saja…

  2. mantab gan infonya,..sy dah coba ternyata memang bagus,….cuma saya kesulitan untuk update status facebook langsung dari Trillian,….mohon bantuannya gan…kirim ke e-mail ya? thanks,..nice info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: