Norton AntiVirus 2010, yang terbaik menjadi jauh lebih baik


The Logo Lebih detail dalam memberi informasi, lebih cepat dalam bertindak dan lebih ringan dalam bekerja. Kali ini Norton AntiVirus 2010 menawarkan berbagai peningkatan yang sangat signifikan. Berbagai fitur baru dan tuning dari fitur yang lama. Demikian juga dengan beban sistem yang tetap dipertahankan keringanannya. Respon yang cepat tanpa delay, bahkan di sistem yang low-end sekalipun. Norton AntiVirus 2009 menjadi yang terbaik tahun lalu, sekarang Norton AntiVirus 2010 kembali menjadi yang terbaik dengan performa yang jauh lebih baik. Buktikan sendiri sebelum anda memberi komentar.

The 2009The 2010

Bagi pengguna Norton AntiVirus 2009 atau dibawahnya, Symantec telah memberi sebuah inovasi yang sangat menguntungkan bagi yang ingin melakukan upgrade. Dengan mengunjungi Norton Update Center, pengguna akan langsung bisa mendownload file instalasi Norton AntiVirus 2010 melalui Norton Download Manager. Setelah proses download selesai maka proses instalasi akan langsung berjalan otomatis, pengguna hanya memerlukan review terhadap EULA dan setelahnya klik pada tombol “Agree and Install” untuk memulai proses instalasi.

2009-09-10_0209182009-09-10_0209342009-09-10_0210382009-09-10_021254

Secara otomatis proses instalasi akan melakukan upgrade langsung, dimana pengguna tidak perlu melakukan uninstall versi lama. Tidak perlu menunggu lama, kurang dari 3 menit semua akan selesai dan setelahnya pengguna tinggal melakukan restart sistem. Mudah dan simpel, no more waiting. Setelah restart, tidak ada yang perlu dilakukan selain membiarkan Norton AntiVirus 2010 melindungi sistem di belakang layar.

Berikut fitur – fitur terbaru dari Norton AntiVirus 2010:

  • Norton Insight Network,
  • Norton Download Insight,
  • Norton File Insight,
  • Norton Threat Insight,
  • SONAR 2 Behavioral Protection,
  • Norton System Insight,
  • Vulnerability Protection.

Norton Insight Network, dengan menggunakan jaringan keamanan global dari Symantec yang dimana memberi sebuah perlindungan pro-active terhadap berbagai malware terbaru yang beredar. Dalam jendela Norton Insight Network akan ditampilkan jumlah file yang sudah masuk dalam database, disebelah kanannya terbagi menjadi 3 dimana mengkategorikan dalam setiap reputasinya. Untuk warna hijau menandakan jumlah file yang telah teranalisa dan masuk dalam ketegori aman, warna abu-abu menandakan belum teranalisa dan warna merah yang berarti berbahaya. Dalam kotak dibawahnya ditampilkan jumlah file di dalam sistem yang masuk dalam kategori aman dan jumlah file yang masih dianalisa.

Norton Insight Network

Norton Download Insight, mengawasi dan memeriksa file atau data yang didownload oleh pengguna. Jika berbahaya akan langsung diberi konfirmasi dan dihapus. Fitur ini khusus untuk Windows Internet Explorer dan Mozilla FireFox.

Norton File Insight, memberi informasi terhadap sumber dan lokasi sebuah file dan aplikasi. Apakah dipercaya atau membebani sistem. Memberikan informasi terhadap proses – proses yang berjalan di sistem, mana yang aman dan tidak. Norton File Insight terintegrasi dengan menu konteks Windows Explorer, sehingga pengguna bisa langsung memeriksa reputasi sebuah program. Disamping itu Norton File Insight juga menampilkan konsumsi resource dalam jangka waktu tertentu.

File Insight 1File Insight 2File Insight 3File Insight 4

Norton Threat Insight, memberi informasi kepada pengguna, sifat dari malware yang terdeteksi dan bagaimana Norton AntiVirus membunuh malware tersebut.

SONAR 2 Behavioral Protection, dengan menggunakan teknologi real-time online intelligence dan pengawasan proaktif untuk mendeteksi dan menghapus malware yang baru beredar tanpa membutuhkan definisi terbaru.

Norton System Insight, memberikan sebuah laporan total dari berbagai aktivitas sistem seperti instalasi, download, scan dan deteksi malware dalam bentuk grafik, pengguna dapat melihat seberapa besar beban yang ditimbulkan oleh proses yang berjalan dan apa saja yang telah dilakukan oleh Norton AntiVirus 2010. Bahkan dari situ, pengguna bisa langsung memeriksa rating reputasi dari program yang sedang berjalan dengan cara langsung klik-mouse lalu melalui Norton File Insight informasi akan ditampilkan.

System Insight 1System Insight 2System Insight 3System Insight to File Insight

Vulnerability Protection, melindungi dari celah keamanan dari bug sebuah program yang terinstall. Disini Norton AntiVirus 2010 akan melindungi sistem dari serangan atau infeksi virus dari celah keamanan yang ditimbulkan (diakibatkan) oleh bug dari program yang bersangkutan. Untuk mengetahui program apa saja yang telah masuk dalam daftar perlindungan, klik pada “Vulnerability Protection” lalu akan ditampilkan daftar ratusan program beserta nama developernya dan jumlah bug yang terdeteksi.

Vulnerability Protection 1Vulnerability Protection 2

Dari semua fitur terbaru tersebut, Norton AntiVirus 2010 (dan juga Norton Internet Security 2010) menggunakan sistem yang bernama “Quorum” dari Symantec. Quorum menggunakan metode interaksi secara online dari masing-masing pengguna.

Quorum merupakan kata sandi dari teknologi terbaru Symantec untuk Norton 2010. Disini Quorum memanfaatkan program Norton Community Watch di seluruh dunia. Secara anonym semua data mengenai aplikasi yang bekerja di sistem pengguna akan disumbangkan ke database. Melalui data-data tersebut Symantec dapat mengetahui rating keamanan dari setiap aplikasi tanpa harus bertanya ke pengguna. Dengan demikian dapat disimpulkan apakah aplikasi yang bersangkutan aman atau tidak. Singkatnya Quorum adalah metode keamanan yang memanfaatkan sebuah reputasi. Untuk mengikuti program Norton Community Watch cukup centang kotak box pada saat proses instalasi yang berada di bawahnya tombol “Agree and Install”.

Fitur – fitur lama yang sebelumnya di versi 2009 menjadi unggulan tetap dipertahankan dengan beberapa peningkatan. Diantaranya,

  • One Minute Installation,
  • Pulse Update,
  • Silent Mode,
  • Intrusion Prevention, dan
  • Heuristic Protection.

One Minute Installation, tetap dipertahankan seperti sebelumnya. Proses instalasi yang hanya memerlukan waktu 1 menit (rata-rata). Di notebook saya sendiri memerlukan waktu 1 menit 5 detik, sesuai dengan klaim Symantec. Hanya saja bagi yang melakukan upgrade dari versi 2009 memerlukan restart sistem untuk menggantikan modul yang sedang aktif, sedangkan untuk instalasi baru tidak memerlukan restart.

Pulse Update, update per 5 – 15 menit di belakang layar secara otomatis. Saya sangat memfavoritkan fitur Pulse Update dari Norton AntiVirus sejak versi 2009, karena dengan adanya fitur Pulse Update, beban bandwidth sangat luar biasa ringan bahkan hebatnya lagi meskipun pada saat koneksi internet lagi lelet (saya pakai Telkomsel Flash di kota Bontang, Kalimantan Timur pas lagi mudik), Pulse Update tetap bisa menjalankan tugasnya dengan lancar tanpa ada gangguan sedikitpun. Norton AntiVirus 2010 tetap ter-update dengan sempurna meskipun pada statistik kecepatan internetnya maksimal hanya berada di angka 2 KB/s (koneksi GPRS).

Cukup sambungkan sistem dengan jaringan internet, maka dengan sendirinya Norton LiveUpdate akan menjalankan aksinya. Tanpa disadari status update akan menjadi “1 minute ago” bahkan bisa saja seperti ini, “30 seconds ago”. Kalau sistem online selama 24 jam maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi untuk masalah update. Kalau sampai status update menjadi “20 minute ago” atau lebih dari 30 menit tidak ter-update yang bermasalah pasti koneksi internet-nya. Status update Norton AntiVirus 2010 bisa menjadi sebuah “sensor” sambungan koneksi internet, buktikan sendiri.

Silent Mode, tentu sudah tahu fitur yang ini bukan. Fitur ini merupakan salah satu dari fitur unggulan Norton AntiVirus sejak versi 2009. Silent Mode “membungkam” semua notifikasi dan aktivitas rutin agar pengguna tidak terganggu atau naiknya beban sistem pada saat bermain game atau sedang menonton video dalam mode full-screen. Fitur Silent Mode dalam versi 2010 telah ditingkatkan performanya dengan memberi tambahan opsi berupa User-Specified Program.

Dalam opsi tersebut pengguna dapat memasukkan aplikasi apa pun dimana pada saat aplikasi tersebut berjalan (aktif/running process), Norton AntiVirus 2010 akan meng-aktifkan fitur Silent Mode. Opsi ini memberi fleksibilitas yang luar biasa bagi para gamer, karena dengan adanya opsi ini, kenikmatan bermain game tidak akan lagi terganggu dengan berbagai konfirmasi yang muncul.

Intrusion Prevention, mungkin bisa dibilang sebuah “firewall mini”. Intrusion Prevention bekerja layaknya sebuah firewall karena bisa memblokir serangan yang diakibatkan oleh bug dari sebuah program dan pada saat browsing di internet. Namun firewall tetap dibutuhkan untuk memperketat keamanan karena Norton Intrusion Prevention tidak mempunyai opsi menambah “firewall rule” layaknya program firewall “beneran” dan hanya bergantung pada Norton LiveUpdate untuk menambah signature definisi serangan terbaru. Norton Intrusion Prevention hanya kompatibel dengan Windows Internet Explorer dan Mozilla FireFox.

Heuristic Protection, melindungi sistem dari malware tak dikenal berdasarkan perilaku. Dengan bantuan dari Norton SONAR 2, berbagai malware terbaru dapat dikenali dengan mudah berkat Norton Community Watch. Heuristic Protection akan menghentikan sebuah injeksi kode dari program yang tak dikenal.

Untuk tampilan jendela utamanya masih mirip dengan versi 2009, di versi 2010 kali ini yang berbeda hanya beberapa penambahan “slider” untuk fitur-fitur yang baru. Hanya saja untuk “hiasan” transparansi yang tersedia diversi sebelumnya tidak lagi disediakan di versi 2010 meskipun tidak terlalu penting sih. Kalau untuk sekilas, bentuknya sedikit kaku dari yang sebelumnya karena terlalu “kotak-kotak”. Tapi toh tidak terlalu penting, karena performa dan fitur terbaru di versi 2010 masih menutupi “kekurangan kecil” tersebut.

Selain itu, disini Symantec memberi sebuah kejutan dalam hal desain tampilan programnya. Adanya sebuah animasi “flip-screen” di jendela utama. Klik-mouse pada tulisan “performance” di bagian kiri bawah yang terdapat simbol anak panah berputar maka jendela Norton AntiVirus 2010 akan berputar balik dan menampilkan jendela Norton System Insight. Sebuah “hiasan” yang menarik namun tetap ringan dalam beraksi, menambah nilai “estetika” dalam sebuah desain interface.

Main WindowFlip 1Flip 2Norton System Insight

Tidak hanya itu, “hiasan” lainnya yang sebelumnya disediakan di versi 2009 kali tetap dipertahankan di versi 2010 yaitu, “Background Theme”. Dalam sisi estetika, fitur ini cukup memberi sedikit hiburan dikala pengguna merasa bosan dengan warna background jendela utama Norton AntiVirus 2010. Tersedia 5 pilihan tekstur warna, warna bawaan (kuning gradien orange), shadow (hitam gradien), dew (kuning pudar dengan tekstur), orchid (warna anggrek dengan tekstur) dan hitam kelam. Silahkan pilih warna yang sesuai dengan mood anda.

Main WindowShadowDewOrchidBlack

Selain “hiasan” diatas, Symantec ternyata juga melakukan pemangkasan terhadap Norton Settings. Dimana sebelumnya ada 4 tab, di versi 2010 ini dipangkas menjadi 3 karena tab Internet Settings dan Home Network digabungkan. Kalau menurut saya sih karena pada basisnya kedua kategori termasuk mirip dan opsi settingnya tidak banyak sehingga dijadikan satu supaya hemat tempat.

Norton Settings tab 3Norton Settings tab 1Norton Settings tab 2

Pada jendela Norton Settings, berbagai opsi baru telah disediakan untuk fleksibilitas yang lebih baik. pada tab Computer Settings yang baru hanya ada 2 yaitu, Insight Network dan 2 sub-settings untuk Norton SONAR 2. Pada tab Network Settings hanya penambahan di opsi Download Insight dan terakhir pada tab Miscellaneous Settings cukup banyak penambahan opsi yaitu, Idle Time Optimizer, Monthly Report, Performance Monitoring, Power Saving Mode, sub-opsi Product Security, Silent Mode Settings.

Insight Network, mengaktifkan penggunaan teknologi Quorum yang dimana memanfaatkan Norton Community Watch untuk memberi perlindungan berbasis reputasi.

Download Insight, memeriksa file – file instalasi (.exe / .msi) yang didownload dari internet apakah aman atau tidak. Dengan memanfaatkan teknologi Quorum, Norton AntiVirus 2010 akan memberikan informasi mengenai file tersebut (jika tersedia).

Idle Time Optimizer, sebuah tool kecil dari Norton AntiVirus 2010 yang berfungsi untuk mendefragmentasi direktori C:\Windows, agar sistem lebih responsif. Optimizer akan berjalan secara otomatis pada saat sistem sedang tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu (idle timeout).

Monthly Report, Norton AntiVirus 2010 menyediakan sebuah fitur untuk membuat sebuah laporan bulanan secara otomatis. Dalam laporan bulanan tersebut pengguna dapat melakukan audit berapa jumlah file yang telah diperiksa, jumlah malware yang terdeteksi, jumlah malware yang diketahui, jumlah serangan yang diblokir, jumlah serangan yang teridentifikasi dan jumlah aktivitas download yang teranalisa.

Power Saving Mode, sebuah fitur yang sangat cocok bagi pengguna notebook, pada saat sistem berada dalam mode baterai maka Norton AntiVirus 2010 akan menghentikan kegiatan rutinya diantaranya, Norton LiveUpdate, Norton Community Watch submission dan Idle Time Scan.

Product Security – Non-Admins Access to Settings, sebuah setting opsional untuk sistem PC yang digunakan secara multi-user. Disini administrator dapat memberi sebuah hak akses ke Norton Settings untuk limited-user lainnya.

Silent Mode Settings, hanya ada beberapa penambahan di bagian ini. Diantaranya deteksi terhadap kegiatan burning dan aplikasi media center, jika salah satu dari aplikasi tersebut aktif maka Silent Mode akan aktif. Sebuah opsi User-Specified Program yang telah dijelaskan sebelumnya memberi fleksibilitas untuk menambah program tertentu.

Mungkin cukup segini dulu untuk review awal Norton AntiVirus 2010, untuk kali ini saya sengaja memfokuskan ke fitur terbaru dan overview singkat seluruh fitur. kedepannya saya akan segera melakukan review perbandingan dengan Kaspersky AntiVirus 2010 yang dimana sudah keluar (rilis) duluan pada pertengahan 2009 lalu. Terima kasih telah menyimak artikel saya, mohon maaf apabila ada kekurangan.

Supaya tidak penasaran dengan fitur-fitur dari Norton AntiVirus 2010 yang sudah saya jelaskan di atas, lebih baik segera men-download file instalasinya dan mencobanya sendiri. Rasakan sendiri performanya. Kunjungi Norton Update Center untuk mendapatkan file instalasinya. Di Norton Update Center, awalnya akan mendownload program Norton Download Manager yang berfungsi untuk mendownload file instalasi Norton AntiVirus 2010 beserta file updatenya.

Norton adalah produk dari Symantec yang dirilis khusus untuk kelas konsumen  End-User yang berguna melindungi sistem dari berbagai macam serangan malware dan tentu saja ringan dalam bekerja – Symantec Corporation —

19 Responses

  1. sebaiknya jangan mempercayakan website tersebut…
    http://anti-virus-software-review.toptenreviews.com
    telah disinyalir menyebarkan review palsu dan telah dikategorikan website scam oleh Web Of Trust…
    http://www.mywot.com/en/scorecard/anti-virus-software-review.toptenreviews.com/comment#comment

    Lebih baik merujuk ke
    http://www.av-comparatives.org
    yg jauh lebih dipercaya… dan berikut laporan terakhir hasil review On-Demand Comparative Februari 2010
    http://www.av-comparatives.org/images/stories/test/ondret/avc_report25.pdf

    sejak tahun lalu di website toptenreviews tersebut produk BitDefender tidak pernah beranjak dari posisi nomor 1 padahal dari sumber website lain tidak pernah ada produk yg bisa bertahan di posisi puncak disetiap review perbandingan.

    Jadi utk kesimpulan jangan lagi ke toptenreviews karena sudah dianggap penipuan oleh beberapa portal website…

    Info lebih lanjut
    http://www.mywot.com/en/forum/4155-toptenreviews-com-fraud-scam-fake-review-sites-but-rated-as-green

  2. norton di review top 10, ga protect : p2p, keylogger, spam, auto detect and phising

    parah dah..

  3. kalo bedanya dgn NIS 2010 OEM dimananya bro? maksudku ada fitur2 yg dikurangi ga dgn yg full version? Oiya kalo jual jg lisensinya yg NAV 2010 tlg email sy aja berapa dan bgmn cara pesannya. Thx.

  4. apakah benar2 kena virus? kinerjanya aneh bukan berarti kena virus kan…

  5. waw reviewnya lengkap banget.
    Norton Sonarnya kok tidak mau detek virus ya ?
    Laptopku aneh kerjanya lalu kuscan dengan NIS 2010 nihil yg didapat. Ini virus atau bukan ?

  6. Saya juga jual nih lisensi Norton Internet Secuirty 2010 dan Norton AntiVirus 2010.. tapi utk saat ini masih kosong… kira – kira besok sudah ada… Harga single user utk NIS2010 Rp 150rb.. 3 user Rp 300rb.. Akan ada kejutan di blog saya sebentar lagi…😀

  7. bro, mo tanya kalo beli lisensi NIS 2010 yg single user kmana ya? bisa tlg di kasi no kontakx and brp? Thx…

  8. lebih baik jangan karena nantinya NIS juga menolak pada saat proses instalasi. Lebih baik dibackup terlebih dahulu, lalu uninstall Kaspersky pake Revo Uninstaller dan terakhir install NIS…. Jadi setelah mencoba NIS dan ingin balik ke KIS, tinggal recovery aja…

  9. Kalo NIS diinstal berdampingan dengan KIS aman gak?ingin ngerasain sendiri pake NIS
    saat ini lagi pake KIS2010, apa cukup dgn disable self/proactive defense aja?

  10. tenang saja… Saya sudah menyiapkan konsep artikel untuk Kaspersky dengan Norton versi 2010… Namun kali ini saya tidak hanya membandingkan Kaspersky dan Norton… Nanti akan melibatkan AVG dan Avira (versi non-free)… Nanti judul artikelnya “AV Battle Ground, Avira vs AVG vs Kaspersky vs Norton 2010” (masih dalam konsep)… So tunggu aja ampe tanggal mainnya…

  11. bro, gmn kalo bikin review KIS 2010 VS NIS 2010
    kayanya Kaspersky udah melakukan banyak perbaikan di KIS 2010, dengan mengikuti fitur2 yang ada di NIS2010..
    (misal gaming mode)
    thanx

  12. aq minat 100 rb norton 2010.

  13. Harga lisensi utk single user $ 39 lalu untuk 3 user pack $ 60, tapi di saya pernah ditawarin ada lisensi resmi Norton AntiVirus 2010 cuma Rp 100rb utk single user dan Rp 200rb utk 3 user. Kalau bro berminat akan saya hubungi teman saya, kebetulan saya juga mau beli yang 3 user.

    Jamu adalah bahasa kerennya dari “crack”. Lebih baik memakai yang legal daripada pakai crack malah kena trojan akhirnya malah terinfeksi malware.

  14. harganya berapa bro per user?
    btw, “jamu-jamu” itu maksudnya apa? o_O?

  15. WinRAR kok pakai jamu segala, lebih baik pakai IZArc tuh…. Gratis dan lengkap… Tuh barusan saya post artikelnya…

  16. udah kok bos, tapi sonarnya bekerja pas kita mau open programnnya…

    soalnya winrar saya kan pake jamu, jadinya pas diopen langsung jalan sonarnya…

  17. Saya kok baik – baik aja yah bro… Koleksi trainer – trainer game saya yang dikumpulkan dalam satu folder tidak ada masalah tuh. Apakah dalam konfigurasi exclusion sudah dimasukkan dalam kedua box? Auto-Protect exclusion dan Scan exclusion.

  18. wah, ini NIS yang 2010 lebih agresif kepada “jamu – jamu” yang saya miliki, padahal sudah di excludekan masih tetep juga kena, gara2 sonarnya mengalami pembaharuan, tapi overall yang terbaru sudah lebih lengkap, tapi saya rasa bagi orang2 yang suka mengunduh jamu, fitur download insightnya pasti akan sangat mengganggu.

  19. Bagi donk…………………kekekek

    Nice review bro…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: