Kruptos 2, enkripsi file/folder yang aman, mudah dan gratis


Kruptos logo Semua pengguna PC maupun notebook tentu mempunyai file pribadi yang dimana tidak boleh dipublikasikan ke kalangan umum, sama dengan sebuah perusahaan atau instanti tertentu yang dimana ingin mengirim sebuah file rahasia melalui layanan file sharing namun hanya orang yang dituju saja yang bisa membuka file tersebut. Biarpun file tersebut berada di pihak yang salah, tetap tidak akan bisa dibuka karena sudah dikunci dengan tingkat enkripsi yang tinggi dimana sistem pembobol password dengan metode bruteforce akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Kruptos 2 merupakan salah satu software gratis yang menawarkan proteksi enkripsi yang cukup tinggi.

Kruptos cukup unik dalam melakukan penguncian sebuah file, disamping melakukan enkripsi terhadap filenya, nama filenya juga diacak-acak (bergantung dari setting) dan diganti ekstensinya sehingga akan meningkatkan keamanan dari file tersebut dari tangan yang tidak berhak.

Kruptos 2 menggunakan algorita Blowfish yang dimana sudah sangat populer disemua kalangan hingga dalam dunia OpenSource, berikut cerita singkat mengenai Blowfish dari WikiPedia Bahasa Indonesia;

Blowfish merupakan algoritma kunci simetrik cipher blok yang dirancang pada tahun 1993 oleh Bruce Schneier untuk menggantikan DES. Pada saat itu banyak sekali rancangan algoritma yang ditawarkan, namun hampir semua terhalang oleh paten atau kerahasiaan pemerintah Amerika. Schneier menyatakan bahwa blowfish bebas paten dan akan berada pada domain publik. Dengan pernyataan Schneier tersebut blowfish telah mendapatkan tempat di dunia kriptografi, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan algoritma kriptografi yang cepat, kuat, dan tidak terhalang oleh lisensi. Keberhasilan blowfish dalam menembus pasar telah terbukti dengan diadopsinya blowfish sebagai Open Cryptography Interface (OCI) pada kernel linux versi 2.5 keatas. Dengan diadopsinya blowfish, maka telah menyatakan bahwa dunia open source menganggap blowfish adalah salah satu algoritma yang terbaik. BlowFish dalam WikiPedia.

Berikut tutorial singkat dan beberapa screenshot dari Kruptos 2;

Original File Context MenuDirect EncryptingEncrypted File

Open EncryptedUpdateMain Interface

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: