Kaspersky VS Norton (Internet Security 2009) [Comparison]


Akhirnya selesai juga proses comparison review kali ini. Saya mohon maaf kepada rekan-rekan CHIPers karena lamanya waktu untuk menyelesaikan artikel ini, karena akhir-akhir ini saya disibukkan oleh kegiatan kuliah yang semakin padat. Saya sangat berterima-kasih kepada rekan-rekan CHIPers yang mau bersabar menunggu dan berbagai kontribusinya. Silakan disimak.

Sesuai janji saya di Forum CHIP utk mengadakan review perbandingan antara Kaspersky Internet Security 2009 dan Norton Internet Security 2009. 2 produk yang dibahas disini adalah hasil polling di forum CHIP. Didapat hasil polling terbanyak untuk pilihan Norton Internet Security 2009 dibandingkan dengan Kaspersky Internet Security 2009. Disini saya akan membandingkan fitur-fiturnya dengan 9 segmen.

  • Proses instalasi
  • Beban sistem (startup, scan, standby)
  • Tampilan Menu dan Kemudahan Pakai (GUI)
  • Susunan Menu Konfigurasi Program
  • Fitur-fitur untuk keamanan internet
  • Proses Update dan Fleksibilitas Metode Update
  • Help and Support serta Fleksibilitasnya
  • Performa Deteksi Malware
  • Harga Lisensi

Dari 9 perbandingan diatas 8 diantaranya saya ambil dari perbandingan NOD32 vs NAV2009 sebelumnya. Yang baru disini adalah nomor 5 karena mengikuti produk yang dibahas. Karena fitur keamanan internet penting untuk dibahas karena masing-masing produk melindungi user dari serangan malware internet.

Sebelum memulai berikut testbed yang saya pakai dalam review kali ini:

Notebook ION Portiva W30 dengan spesifikasi: Intel Pentium M 740 (1,73 GHz), 533 MHz FSB, 2 MB L2 Cache, Corsair 1 GB DDR2-533, Seagate 60 GB 5400rpm, koneksi internet Telkomsel Flash paket 256 Kbps, Windows XP Professional SP3 Full Updated.

Perlu diingat juga, pada review kali ini koneksi internet yang saya pakai dalam keadaan stabil dimana kecepatan download maksimal 30 KB/s bisa diraih tanpa ada gangguan. Dimana pada saat pengujian yang memerlukan proses update koneksi Telkomsel Flash dalam keadaan stabil tanpa ada masalah pada kecepatan downstream (download).

Sebagai tambahan, untuk pertama kalinya dalam comparison review kali ini saya mengajak 3 teman saya untuk memberi komentar; Harun, Aziz, dan Rozi. Berikut pengalaman singkat mereka dalam menggunakan program keamanan;

Harun belum pernah memakai KIS2009 maupun NIS2009, selama ini hanya memakai Avira AntiVir dengan lisensi free selama 2 tahun,

Aziz menggunakan Norton AntiVirus 2007 bundle dari produk notebooknya,, dan

Rozi memakai KIS versi 7 yang merupakan bundle dari produk notebooknya.

Perlu diingat, disini saya bertindak secara netral dalam review kali ini. Tidak memihak siapa pun meskipun saya sendiri menggunakan Norton AntiVirus 2009. Penilaian yang saya lakukan disini berdasarkan semua yang saya amati dan dari teman saya. Penilaian kami disatukan dan dirata-rata di setiap segmen. Jika ada yang merasa keberatan dengan hasil review ini, dengan senang hati saya menerima saran dan tips dari anda. Silakan diutarakan melalui komentar atau melalui E-Mail.

A. Proses instalasi

Proses instalasi dari KIS2009 (Kaspersky Internet Security 2009) ternyata sama dengan NOD32 AV4, cukup banyak klik (mungkin bisa dibilang lumayan banyak) yang harus dilalui oleh pengguna. Lebih dari 25 klik mouse untuk menyelesaikan proses intalasi dan diakhiri dengan proses restart.

Waktu yang dibutuhkan pun lebih lama daripada NOD32 AntiVirus 4. Untuk Norton Internet Security 2009, kurang dari 3 menit program sudah bisa langsung dipakai, itu pun sudah ditambah proses aktivasi lisensi.

Dibawah ini adalah screenshot dari proses instalasi KIS2009 dan NIS2009 dimulai dari awal proses setelah saya double-click file instalasi hingga siap pakai. Dalam konteks “siap pakai” disini dimana semua proses instalasi selesai dan pengguna hanya perlu melakukan update, meng-konfigurasi setting proteksi, “menyambut” konfirmasi-konfirmasi yang muncul.

KIS2009

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

NIS2009

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

Dilihat dari screenshot diatas, bisa dilihat perbedaan yang cukup telak. Langkah-langkah dari KIS2009 sangat banyak bahkan sangat menyita waktu. Untuk NIS2009 pengguna hanya memerlukan beberapa kali klik dan program langsung bisa dipakai tanpa perlu restart sistem.

Pada KIS2009, jika yang diambil adalah langkah “Express” mungkin bisa menghemat waktu namun meskipun begitu masih lebih ringkas NIS2009. Yang membuat lama disini adalah proses update dari KIS2009 dimana “progress bar”nya agak berulah, dimana pada saat bar sudah penuh tetap saja proses download update belum selesai dan menyita waktu hingga 15 menit untuk proses update dalam tahap instalasi.

Pada NIS2009, pengguna tidak perlu melakukan konfigurasi apapun, setelah proses instalasi pun pengguna hanya memerlukan melakukan update untuk membuat status menjadi “secure” (aman).

Dalam tahap instalasi pemenangnya Norton Internet Security 2009 karena ringkas dan tidak menyita waktu. Cocok bagi pengguna yang ingin langsung terproteksi tanpa embel-embel dan berbagai konfirmasi pra-instalasi yang merepotkan.

NIS2009 membutuhkan waktu 1 menit 10 detik, sedangkan KIS2009 2 menit 40 detik (ditambah durasi restart sistem 25 detik) dan untuk mode advanced mencapai 25 menit. Dalam mode advanced utk KIS2009 ditambah waktu update pada saat instalasi selama 10 menit.

Komentar:

Aries,

“memang disini KIS2009 cukup kompleks dalam memberikan sebuah konfigurasi namun saya sendiri cukup repot dibuatnya dan sangat menyita waktu”

“ndak ada yang perlu dilakukan selain menunggu, proses instalasi yang sangat cepat dan setelahnya langsung bisa digunakan tanpa restart”

Rozi,

Proses instalasi dari KIS cukup kompleks akan tetapi terlalu bertele-bertele dan memakan waktu yang banyak, beda dengan NIS 2009 yang proses instalasinya cepat dan tidak memakan waktu yang banyak

Aziz,

menurut dari segi penginstalan memang karpersky 2009 lebih banyak settingan. Ini berguna agar si user mengetahui bagaimana proses karpersky itu dan juga bagaimana sistem itu bekerja.

kalau dibandingkan norton 2009 memang lebih cepat dalam penginstalan ini bertujuan untuk membuat user comfortable dalam memakai internet security dan tidak ambil pusing dalam menginstall tinggal klik klik aja beres dach…!!! sipp langsung tancap gass….

Harun,

instalasi pada KIS2009 memang ditujukan untuk user yang mengetahui jelas spesifikasi komputer dan konfigurasi milik user itu sendiri, jika dilakukan oleh user awam memang agak repot.

instalasi pada norton 2009 memang memudahkan user khususnya pemula, lebih simple, cepat dan lebih familiar bagi user pada umumnya.

WINNER: Norton Internet Security 2009

B. Beban Sistem (Startup, Standby, Scan dan Proses Update)

Sekarang kita membahas masalah yang sering menjadi momok yaitu, beban sistem. Karena hal ini menjadi kontak langsung ke pengguna karena resource CPU dan konsumsi RAM bisa langsung “terasa” disaat kegiatan komputasi jika terlalu berlebihan.

Dimulai dari beban sistem, disini keduanya tampak seimbang dalam keadaan standby. Tidak ada resource CPU yang naik meskipun hanya berkisar 10% dalam rata-rata.

Untuk startup, kedua cukup berimbang namun disini NIS2009 unggul tipis 10 detik dari KIS2009, ada saat dimana KIS2009 hanya terpaut 2 detik. Namun setelah proses startup KIS2009 malah membebani sistem hingga 70% dalam 10 detik. Untuk NIS2009 hanya 25% untuk 5 detik setelah startup.

Dalam mode scan keduanya sangat bervariasi, KIS2009 langsung membebani CPU hingga 100% dan setelahnya masih cukup tinggi. KIS2009 kerap sekali membebani CPU pada tingkat 100% meskipun pernah turun di 40% namun tidak lama langsung naik lagi hingga 95%. Kejadian terus berlangsung pada saat proses full system scan berjalan.

Proses update, sebenarnya sih tidak perlu dibahas namun ada sedikit “berita” untuk tugas rutin ini (update). Disini KIS2009 bertindak cukup aneh dalam proses update, adanya beban sistem hingga 67% pada saat proses update berlangsung selama 5 detik. NIS2009 tidak ada beban yang berarti pada saat proses update, namun pada saat instalasi updatenya beban CPU naik hingga 30% meskipun tidak frekuentif.

Lucunya lagi pada saat proses aktivasi online, 10 detik pertama KIS2009 membebani CPU hingga 70%, setelahnya idle.

Dalam hal konsumsi RAM, KIS2009 cukup tinggi dalam ukuran sebuah program keamanan. Pada saat idle atau standby, konsumsi RAM berkisar 21 MB dan 4 MB untuk per proses “avp.exe” namun jangan kaget pada saat KIS2009 melakukan full system scan. Betapa terkejutnya saya konsumsi RAM KIS2009 melonjak tajam dari 30 MB naik ke 50 MB dan naik lagi mencapai 256 MB. Itu sudah 1/4 dari total kapasitas RAM dari testbed saya, kejadian ini terjadi pada saat KIS2009 memeriksa file arsip “.zip”. Dimana pada saat review saya uji dengan file arsip “.zip” yang berisi file gambar sebanyak 50 file. Demikian juga dengan file arsip lainnya seperti “.cab” dan “.bin”.

Berbeda jauh dengan NIS2009, dimana pada saat mulai scan beban RAM naik hingga 35 MB lalu naik lagi hingga pada angka maksimal 106 MB dan tidak pernah lebih dari itu. Meskipun NIS2009 melakukan scanning terhadap file arsip “.zip” beban RAM tetap pada angka maksimal yaitu 106 MB. Kecepatan scanningnya pun jauh lebih cepat daripada KIS2009, Full System Scan hanya memerlukan waktu 31 menit 40 detik, sedangkah KIS2009 33 menit 54 detik. Belum selesai disitu, durasi scan dari NIS2009 bisa lebih singkat berkat fitur Norton Insight, dengan melewati file – file yang telah dipercaya alhasil jumlah file yang akan diperiksa (scan) akan berkurang dan berimbas pada durasi scan yang jauh lebih singkat menjadi 11 menit 20 detik.

*Testbed Full System Scan: 171.781 file.

KIS2009

NIS2009

Komentar:

Aries,

“Beban sistem yang sangat tinggi dan sangat mengganggu, saya sangat tidak menyarankan produk ini”

“NIS2009 tenang dalam bekerja dan sunyi dalam bertindak, tidak ada beban yang berlebihan pada saat digunakan”

Rozi,

beban sistem KIS 2009 memang tidak terlalu berat jika dibandingkan avira, grisoft dan mc afee akan tetapi jika dibandingkan NIS 2009 jauh lebih ringan dari pada KIS 2009 karena NIS beban memori maksimalnya 106 MB dan selisih jauh dengan KIS 2009 yang memerlukan konsumsi mencapai 256 MB sedangkan untuk men-scan komputer KIS sangat keterlaluan lamanya apalagi file-file arsip “.rar” dan “.zip”, saya pernah mencoba men-scan file-file yang ada di hardisk saya berkapasitas sekitar 140 GB ternyata lamanya minta ampun beda dengan NIS 2009 yang cukup cepat dan proses updatenya kayaknya KIS 2009 tidak terlalu bermasalah akan tetapi lebih enak lagi jika menggunakan NIS 2009 karena beban cpunya lebih ringan.

Aziz,

“KIS2009 itu protektif tapi membutuhkan beban yang besar untuk protektif yang besar pula”

“NIS2009 hanya mebutuhkan RAM yang lebih kecil dari KIS2009 tapi performanya 100 % dan proses sangat stabil”

WINNER: Norton Internet Security 2009

C. Tampilan Menu dan Kemudahan Pakai (GUI)

Apakah perlu? Tentu saja… Tampilan menu dari sebuah program tentu akan berperan sebagai wajah yang dimana akan menjadi daya tarik tersendiri meskipun tidak mutlak. Kemudahan pakai tentu saja menjadi hal yang mutlak disamping tampilan. Tampilan yang simpel tentu saja memudahkan pengguna dalam meng-operasikan program tersebut.

Dimulai dari KIS2009, untuk status keamanan sistem KIS2009 menggunakan sistem lampu lalu-lintas. Warna merah untuk kondisi kritikal (update/scan), kuning untuk status non-kritikal (aktivasi/update) dan hijau adalah status aman. Di menu utama KIS2009 ditampilkan dalam model tab, sehingga tidak banyak jendela program yang muncul. Namun di dalam jendela konfigurasi dan setting tidak sama dengan menu utama, disini pengguna disuguhi oleh tree-style GUI dimana jika dilihat opsi-opsi konfigurasi dibuat berakar dan terlihat sangat banyak. Bagi orang awam mungkin merasa malas dengan banyaknya setting dan konfigurasi yang harus dilakukan tapi bagi yang sudah terbiasa tidak masalah.

Untuk tampilan pada saat proses scan KIS2009 cukup berhemat dengan ditampilkan dalam window utama. Dengan memberi konfirmasi berupa memilih lokasi dan hardware yang mau di-scan, agak sedikit repot dalam hal ini, padahal seharusnya tidak perlu karena yang namanya full scan ya semua tanpa pengecualian. Pada saat scan pun pengguna malah disibukkan dengan konfirmasi malware yang terdeteksi dan file yang tidak bisa dibuka padahal langkah ini bisa diproses belakangan.

NIS2009, jika melihat kembali review saya yang NAV2009, sekiranya akan sama dengan saat ini. Dimana tampilan Norton Settings menggunakan sistem tab dan semua setting bisa diubah on the fly dengan menggunakan “slider”. Untuk setting – setting yang lebih dalam seperti “exclusion” dan “scan profile” NIS2009 akan membuka window baru.

Dalam proses scan untuk NIS2009 sama dengan NAV2009, di jendela yang terpisah akan ditampilkan 3 tab, Result Summary, Attention Required dan Detailed Result. Pada “Result Summary” akan ditampilkan jumlah file yang telah diperiksa, apabila ada malware yang te”rdeteksi akan langsung ditampilkan jumlahnya dari setiap kategori (virus / adware / spyware / dll), jika malware yang terdeteksi bisa dihapus maka akan langsung dilaporkan di baris “Resolved Security Risk” dan jika ada yang tidak bisa dihapus karena sesuatu hal akan ditampilkan jumlah di baris “Total items that required attention”. Di tab “Attention Required” akan ditampilkan malware apa saja yang tidak bisa dihapus, akan diberi pilihan untuk karantina atau dihapus saat reboot (restart). Lalu pada tab “Detailed Result” akan diperlihatkan seluruh laporan dari virus yang terdeteksi dan terhapus beserta jumlah entri dari registry dan file-nya.

Komentar:

Aries,

“KIS2009 menggunakan tampilan standar dari produk keamanan, tampilan seperti ini pun mirip dengan Avira AntiVir yang saya pakai selama ini. Kalau fiturnya sedikit, mungkin akan mudah navigasinya namun di KIS2009 fiturnya berjubel sehingga terlihat berbelit meskipun pada kasus ini bergantung dari kebiasaan pengguna”

“metode slider dari NIS2009, cukup beberapa kali klik mouse semua opsi di Norton Settings langsung berubah.”

Rozi,

Tampilan menu NIS 2099 sangat fleksibel dan mudah digunakan sehingga bagi orang awam yang baru pertama kali mencoba NIS 2009 akan senang dan mudah dalam menggunakan NIS 2009 beda dengan KIS 2009 yang kadang kalah menunya berakar sehingga bagi orang awam susah untuk dimengerti meskipun bagi yang biasa menggunakan KIS seperti saya hal tersebut mungkin tidak bermasalah.

WINNER: Norton Internet Security 2009

D. Susunan Menu Konfigurasi Program

Mungkin untuk pembahasan kali ini agak panjang karena menjabarkan susunan penataan fitur-fitur KIS2009 dan NIS2009. Disini KIS2009 tampilannya seperti program – program keamanan pada umumnya, model susunan menu “tree-style”. Disini KIS2009 mengandalkan sebuah menu dan sub-menu untuk setiap konfigurasi fiturnya. Dari setiap konfigurasi untuk fitur – fitur proteksi pada kategori “Anti-Malware” KIS2009 menyediakan setting per sub-fitur jadi bisa dibilang disini user agak direpotkan dengan setting yang harus dikonfigurasi per sub-fiturnya, sekali lagi disini peran user sangat diperlukan.

Jika dilihat pada setting dari setiap sub-fitur di kategori “Anti-Malware” ada setting “Performance” dimana harus dikonfigurasi disetiap sub-fiturnya (“Files and Memory”, “Email and IM” dan “Web Traffic”). Padahal untuk setting “heuristic” bisa dikonfigurasi secara global. Tapi bagi user yang menginginkan setting per fitur tidak menjadi masalah. Lalu untuk setting perlindungan Email dan Instant Messenger disini user harus melakukan setting manual padahal hal ini harusnya bisa otomatis.

Selanjutnya untuk fitur-fitur lainnya, KIS2009 menggunakan metode per konfigurasi per window dan dari setiap konfigurasi menggunaan sistem tampilan tab untuk setiap setting dari fitur tersebut. Bisa dilihat pada screenshot yang fitur “Application Filtering” dan “Firewall”. Jika dilihat secara umum, langkah yang harus dilalui oleh user untuk menyelesaikan seluruh konfigurasi sesuai dengan keinginan akan cukup memakan waktu namun keuntungannya disini konfigurasinya lebih spesifik. Peran user sangat penting disini untuk bisa menghafal seluruh peta setting, pengalaman dibutuhkan disini.

Mari kita berpindah ke kubu NIS2009, disini Symantec menggunakan tampilan tab untuk setiap kategori. Sehingga setting pada setiap fitur tidak perlu membuka window baru, sebagian besar setting yang ada pun menggunakan model “slider” untuk mengubahnya, jadi hanya memerlukan klik mouse untuk mengubahnya.

Untuk setting whitelist dan firewall memerlukan window baru untuk memasukkan netri dan mengubah firewall rules. Demikian juga dengan Parental Control yang dimana harus memasukkan website kedalam whitelist dan blacklist.

KIS2009

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

NIS2009

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket

WINNER: Norton Internet Security 2009

E. Fitur – Fitur Untuk Keamanan Internet

Sejenak saya lihat keduanya sangat sarat akan fitur keamanan, mau bilang komplit ya memang komplit. Tapi masalahnya disini apakah penggunanya mengerti akan dari semua fitur tersebut? Karena dari semua teman saya yang memakai KIS2009 jujur mengatakan “ndak tau yang penting pake aja” setelah saya menanyakan “itu semua fiturnya kamu pelajari ndak?”. Saya sendiri pada saat menguji KIS2009 merasa sedikit repot dengan banyaknya fitur dan akar – akar dari setiap kategori. Disini kemauan pengguna untuk mempelajari fitur-fitur yang ada sangat dibutuhkan dan wajib dimengerti kalau ingin dilindungi sesuai dengan keinginan. Banyak yang memvonis dengan kata-kata “jelek”, padahal sendirinya ndak ngerti cara pakainya.

Supaya jelas, berikut saya sediakan penjelasan singkat mengenai fitur-fitur dari KIS2009 dan NIS2009. Dimulai dari KIS2009, disini Kaspersky tidak mempunyai fitur yang digembar-gemborkan atau unggulan, namun jumlah dari fitur yang disediakan lumayan umum dan cukup banyak.

  1. Two-Way Firewall, untuk menyaring paket data yang masuk dan keluar melalui koneksi internet,
  2. Virus protection, perlindungan dari malware termasuk pemeriksaan terhadap lubang keamanan dari aplikasi tertentu,
  3. Application Filtering, menyaring aplikasi yang terpercaya melalui daftar whitelist,
  4. Proactive Defense, melindungi dari malware yang belum diketahui definisinya,
  5. Kaspersky Security Network, jaringan informasi dari user untuk malware terbaru dari sistem yang terinfeksi,
  6. Network Monitor, memperlihatkan detail dari jaringan yang sedang aktif,
  7. Network Package Analysis, memberi informasi detail dari setiap paket data yang masuk,
  8. Virtual Keyboard, melindungi dari hardware keylogger,
  9. Privacy Cleaner, membersihkan jejak data dari aksi pencurian data dan spyware,
  10. . Anti Spam, melindungi user dari email sampah atau email palsu yang mengandung malware,
  11. System-Restore Wizard, dengan memakai fitur dari bawaan Windows System Restore untuk mengembalikan sistem disaat belum terinfeksi,
  12. . Parental Control, melindungi anak dibawah umur dari website dewasa atau yang tidak diperkenankan,
  13. Ad-Blocker, memblokir konten iklan yang mengandung kode berbahaya,
  14. . Rescue Disk, memberi pertolongan kepada sistem pada saat tidak bisa boot total.

Dari fitur-fitur diatas tidak ada satupun yang menonjol, sebagian besar dari fitur-fitur yang ada menggunakan setting dan konfigurasi yang cukup rumit. Contohnya untuk email scanner, disini user harus mengkonfigurasi program email client yang dipakai dan setting koneksi, padahal untuk hal ini harusnya bisa otomatis.

Virtual Keyboard dari KIS2009 cukup bagus namun jauh lebih baik yang disediakan oleh Windows XP, Privacy Cleaner juga cukup bagus namun program dari pihak ketiga seperti CCleaner memberikan tingkat pembersihan paling akurat. Terlepas dari itu KIS2009 sudah memberi nilai yang lebih dari cukup untuk sebuah paket keamanan.

Sekarang kita beralih ke NIS2009, jumlah fiturnya pun terbilang sama dan cukup umum namun hampir separuh dari fitur-fitur yang ada mempunyai mekanisme yang sangat menonjol.

  1. Two-Way Firewall, pertahanan berlapis yang memberikan keputusan secara otomatis,
  2. Virus Protection, perlindungan terhadap semua jenis malware serta melindungi dari penyebarannya,
  3. Norton Insight, mempersingkat durasi scan dan beban sistem dengan menggunakan teknologi intelijen berdasarkan tingkat rating dari setiap aplikasi,
  4. Pulse Update, memberikan update yang lebih cepat dan lebih kecil ukurannya, dalam kurun waktu 5 hingga 15 menit update terbaru sudah didapat,
  5. Silent Mode, menghentikan konfirmasi – konfirmasi pada saat aplikasi yang berjalan pada mode FULL SCREEN,
  6. Norton Identity Safe, melindungi identitas pribadi pada saat belanja online atau transaksi bank dan melindungi dari website palsu,
  7. Norton Protection System, pertahan multi lapis yang melidungi sistem sebelum terinfeksi,
  8. Botnet Detection, melindungi sistem dari malware jenis botnet yang dimana dapat mengambil alih kontrol sistem dan mencuri data pribadi tanpa diketahui,
  9. SONAR, mendeteksi malware yang muncul tanpa membutuhkan update tradisional atau definisi berdasarkan signature,
  10. Smart Scheduler, bekerja dibelakang layar dengan sunyi tanpa mengganggu aktivitas user,
  11. Parental Control, membuat setting – setting tambahan tambahan untuk user tertentu dan bisa digandakan ke PC lain,
  12. Wireless Network Security, mengamankan PC pada saat mengakses WiFi publik,
  13. Automatic File Sharing, secara otomatis akan mengkonfigurasi akses file sharing pada saat keamanan jaringan telah dipastikan,
  14. Norton Recovery Tool, memperbaiki sistem yang telah parah terinfeksi meskipun sudah tidak bisa booting secara normal,
  15. Norton AntiSpam, melindungi user dari email sampah atau email palsu yang mengandung malware.

Kita lihat pada fitur Norton Insight, fitur ini sangat membantu pada saat melakukan pemeriksaan (scan) malware. Norton Insight memanfaatkan digital signature dari aplikasi – aplikasi yang diperiksa dan melakukan pemeriksaan online terhadap rating atau tingkat kepercayaan (trusted) dari jaringan komunitas Norton Insight, jika masuk ke dalam daftar “trusted” maka pada saat scan berikutnya tidak akan diperiksa sehingga akan memperingan beban sistem pada saat scan dan Auto-Protect (Real Time Protection).

Lalu untuk Pulse Update dapat dibaca keterangan dan detailnya di segmen F.

Silent Mode, fitur ini merupakan fitur paling difavoritkan karena dengan otomatis Silent Mode akan aktif pada saat user mengaktifkan aplikasi yang berjalan pada mode FULL-SCREEN seperti game dan menonton film HD. Sehigga pengguna tidak diganggu oleh berbagai konfirmasi yang muncul.

Botnet Detection disini adalah merupakan produk Norton AntiBot yang dibenamkan (digabungkan) ke dalam produk Norton 2009 (NIS2009 dan NAV2009), Botnet Detection melindungi dari serangan Botnet (Robot Internet) yang dimana bisa mengakibatkan pengambil alihan kontrol sistem atau menjadi host dalam serangan komputer zombie yang dimana berperan dalam penyebaran spam.

SONAR, bisa dikatakan mempunyai fungsi yang sama persis dengan Proactive Defense dari KIS2009. Melakukan deteksi malware dengan berbasis perilaku sehingga tidak memerlukan database definisi.

Disamping fitur – fitur diatas, NIS2009 mungkin agak kurang sempurna jika tidak menyertakan fitur kecil – kecilan seperti Virtual Keyboard dan Privacy Cleaner seperti yang telah disediakan oleh KIS2009. Meskipun tidak terlalu menonjol namun fitur tersebut mampu melindungi user secara langsung.

Komentar:

Rozi,

Memang fitur yang dimiliki NIS 2009 sangat banyak dan pastinya ada beberapa yang paling menonjol diantaranya Norton Insight, pulse update, Botnet Detection dan Sonar lain halnya dengan KIS 20009 yang fitur-fiturnya biasa2 aja meskipun NIS 2009 tidak menyediakan fitur-fitur seperti virtual keyboard dan privacy cleaner yang dimiliki oleh KIS 2009 yang berfungsi sebagai untuk mampu melindungi user secara langsung.

WINNER: Norton Internet Security 2009


F. Proses Update dan Fleksibilitas Metode Update

Proses yang mudah dan cepat serta tidak ribet, itulah yang menjadi syarat untuk para developer program keamanan. Dalam review kali ini saya akan memasukkan perbandingan antara metode update online dan offline dari masing-masing kontestan.

KIS2009 cukup memanjakan pengguna dengan tampilan proses update. Grafis kecepatan download, ukuran file yang terdownload, durasi waktu dan tombol Start/Stop, semua itu dilakukan di window yang sama tanpa harus membuka window baru sehingga cukup “hemat”. Namun dari semua itu terdapat masalah dari proses update KIS2009, disaat update berjalan dan mencapai 99% ternyata proses download belum selesai hingga 10 menit, di proses yang ke 99% data update yang terdownload sudah 8 MB dan terus mendownload hingga 25 MB. Saya sendiri belum mengetahui apakah ini bug dari KIS2009 atau memang begitu? Hal ini kerap terjadi meskipun telah dicoba di sistem lain pun tetap sama.

Dalam metode offline update, KIS2009 cukup merepotkan pengguna karena harus mengkonfigurasi lokasi file update yang sudah ter-download. Karena nantinya proses udpate juga dijalankan melalui interface update di KIS2009 User Interface. Tapi ukuran dari file update tidak terlalu besar dan tersedia opsi update harian dan mingguan.

Untuk NIS2009, prosesnya updatenya cukup simpel dan terbilang lumayan cepat dengan ditambahnya fitur Pulse Update. Disini Pulse Update sangat berperan penting dalam proses update NIS2009 dan NAV2009. Karena dengan adanya Pulse Update pengguna bisa menghemat waktu dalam mendownload file update. Disini Pulse Update bekerja layaknya seperti “mencicil”, dalam jeda waktu 5 hingga 15 menit NIS2009 akan melakukan pemeriksaan online untuk update terbaru, jika ada update terbaru maka akan langsung didownload saat itu juga. Keuntungannya pun sangat besar, per sesi update ukuran file rata-rata hanya 200 KB dan paling tinggi pun dibawah 1 MB.

Namun untuk update pertama kali NIS2009 terbilang cukup besar karena mencapai 32 MB, hal dikarenakan mencakup dari Virus Definition, Engine Update, Intrusion Prevention, Norton Insight dan komponen-komponen lainnya. Update yang berukuran besar hanya dialami pada saat update engine saja (5 – 7 MB) sedangkan seterusnya hanya dibawah 1 MB, khusus untuk online update. User Interface dari proses update pun sangat simpel, disini NIS2009 hanya menyediakan status ukuran dari file update yang terdownload dan total file update yang dibutuhkan. User Interface hanya muncul jika pengguna mengaktifkan Norton LiveUpdate secara manual, untuk update otomatis semua berjalan di background.

Untuk offline update, NIS2009 terbilang jauh lebih mudah daripada KIS2009. Disini pengguna hanya perlu mendownload file update dan setelahnya tinggal di double-click lalu menunggu proses update (tidak lebih dari 15 detik) dan selesai. Namun ukuran file updatenya mencapai 40 MB dan tidak ada pilihan update mingguan atau bulanan seperti yang disediakan oleh KIS2009.

KIS2009

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

NIS2009

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

Komentar:

Aries,

“Untuk update online saya rasa KIS2009 cukup menarik namun untuk update offline saya harus melakukan konfigurasi terhadap lokasi file update, hal ini agak merepotkan karena sama dengan pas saya memakai Avira dan Grisoft. Dan adanya sebuah problematika pada saat proses update sudah mencapai 99% tetap saja masih mendownload.”

“Saya sangat memuji metode update online dari NIS2009 berkat adanya fitur Pulse Update, sangat cepat dan paling aktual. Update terbaru sudah bisa didapat hanya dalam waktu kurang dari 15 menit dan semua serba otomatis. Begitu juga dengan update offline, download file updatenya lalu setelahnya tinggal diinstall dan beres tapi ukurannya cukup besar hingga 40 MB.”

Rozi,

Pengalaman saya ketika menggunakan KIS proses updatenya sangat aneh sekali karena proses updatenya berjalan mencapai 99% ternya proses updatenya belum selesai-selesai padahal yang didownload sekitar 2 MB akan tetapi naik terus sampai 3 MB bayangkan mestinya bukan 99% untuk penyelesain updatenya melainkan 60% karena terpau jauh antara 2 s/d 3 MB beda dengan NIS 2009 yang cepat dan tidak memakan konsumsi bandwith yang banyak ketika proses update dimulai

WINNER: Norton Internet Security 2009


G. Help and Support serta Fleksibilitasnya

Bantuan dan dukungan dari vendor tentu harus tersedia. Disini saya akan melakukan review untuk fitur yang memang “wajib” disediakan. Kriteria penilaian saya adalah dimana metode yang diberikan oleh KIS2009 dan NIS2009 mudah untuk dilakukan dan tidak ribet, jadi hanya dengan beberapa langkah pengguna sudah bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

Dimulai dari layanan bantuan berbasis website. Layanan khusus untuk produk KIS2009 ada di link berikut http://support.kaspersky.com/kis2009. Dilihat dari layout websitenya disediakan database Knowledge Base dari pertanyaan – pertanyaan yang sering ditanyakan dari pengguna lain. Pengguna bisa mencari solusi permasalahan yang dihadapi dari setiap kategori yang tersedia.

Kaspersky sendiri menyediakan layanan produk dan support untuk regional Asia bagian Selatan dan Timur (South East Asia) di http://www.antivirus365.com. Jadi bagi pengguna di Negara Indonesia yang dimana membutuhkan layanan dan dukungan bisa mengirim email ke support@antivirus365.net atau berkunjung ke forum komunitas di http://forum.antivirus365.net. Khusus untuk produk Kaspersky Internet Security bisa berkunjung ke link berikut http://www.antivirus365.net/products/internet_security.php.

Namun perlu diingat dari semua layanan yang ada tersebut pengguna harus cukup sibuk dengan mencari – cari database FAQ dan di forum. Untuk jalan pintas bisa menggunakan layanan support melalui email yang dari website antivirus365.

Sekarang ke kubu NIS2009. Jika sudah membaca artikel saya yang review mengenai NAV2009 mungkin sudah tahu secara garis besar layanan – layanan “Help and Support” dari Symantec. Tapi disini saya akan kembali menjabarkannya. NIS2009 menyediakan 3 jalur yaitu E-Mail, Knowledge Base dan Direct Chat.

Pada web support Symantec di link berikut http://www.symantec.com/norton/support/index.jsp terdapat 2 pilihan layanan pelanggan, dukungan untuk produk dan layanan penghapusan virus / spyware. Untuk layanan penghapusan malware dikenakan biaya tertentu apabila sistem telah terinfeksi, disini support agen dari Symantec akan mengkontrol sistem desktop user melalui koneksi remote dan disini user hanya perlu menunggu hingga selesai.

Untuk layanan produk, Symantec menyediakan berbagai kategori dari topik yang sering ditemukan. Pengguna tinggal memilih kategori yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi. Biasanya untuk masalah umum cukup mudah untuk dicari solusinya di bagian ini, namun untuk masalah yang cukup kompleks seperti internal error atau masalah lainnya yang tidak dapat ditemukan solusinya di “knowledge base”.

Layanan untuk pelanggan lainnya adalah melalui jalur chatting. Sebuah bentuk layanan yang cukup fenomenal. Disini pengguna bisa mengobrol dengan support agen Symantec secara langsung dan menjelaskan tentang permasalahan yang sedang dihadapi, nantinya pelanggan akan diberi langkah – langkah yang harus dilakukan terhadap masalah tsb atau memberi izin ke agen untuk membantu melalui koneksi remote yang dimana support agen akan mengendalikan cursor di desktop dan pelanggan tinggal menunggu hingga selesai.

Komentar:

Aries,

“Untuk KIS2009 sepertinya cukup standar dan sama dengan produk lainnya, hanya saja disini Kasperksy menyediakan website khusus untuk pelanggan wilayah Asia, sebuah nilai tambah yang cukup. Namun jalur yang disediakan hanya knowledge base dan email tapi sudah lebih dari cukup.”

“Tidak berbeda dari yang lain juga, knowledge base dan email. Tapi disini saya menemukan sebuah jalur cepat, yaitu chatting. Betapa praktisnya saya bisa langsung ngobrol dengan support agen dan permasalahannya bisa diselesaikan dengan cepat saat itu juga, sebuah nilai yang lebih dari sebuah layanan pelanggan.”

WINNER: Norton Internet Security 2009


H. Performa Deteksi Malware

Sama dengan review saya sebelumnya, disini saya mengandalkan hasil perbandingan dari pihak AV-Comparatives.org, saya hanya akan menampilkan skor dan rating dari masing-masing kubu (KIS2009 dan NIS2009). Berikut screenshot ilustrasi dari laporan review tersebut, silakan disimak;

Dibawah ini adalah tingkat deteksi dari masing –masing kategori malware:

PhotobucketPhotobucketPhotobucket

Berikut adalah tingkat kesalahan deteksi (false alarm);

PhotobucketPhotobucket

Dibawah ini adalah tingkat deteksi total dan kecepatan scanning:

PhotobucketPhotobucket

Dan dibawah ini adalah gelar atau pangkat yang diraih:

Download laporannya dari link berikut: DOWNLOAD

Komentar:

Aries,

Saat ini memang yang tertinggi NIS2009 namun hasil ini tidak akan selalu bertahan selamanya. Tingkat deteksi bergantung dari kecepatan respon masing-masing vendor terhadap malware-malware terbaru.

WINNER: Norton Internet Security 2009


I. Harga Lisensi

Harga sebuah lisensi menentukan nilai akhir namun sebuah nilai harga akan sesuai dengan layanan yang diberikan ke pelanggan. Saya pribadi berpendapat bahwa layanan dari Symantec dan performa yang ditunjukkan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Komentar saya untuk Kaspersky memang tidak dapat dipungkiri bahwa harganya murah namun saya melihat kembali dari review yang saya lakukan ini, Kaspersky memberi layanan yang cukup dan standar.

Berikut harga dari lisensi KIS2009 dan NIS2009:

Kaspersky

Norton

1 License pack

$29

$44

3 License pack

$45

$59

Komentar:

Aries,

Saya pribadi berpendapat bahwa fitur – fitur dan layanan dari NIS2009 memang sesuai harganya, KIS2009 jauh lebih murah dikarenakan tidak melengkapi layanan untuk pelanggan yang lebih fleksibel.

Rozi,

Memang KIS 2009 harganya lebih jauh murah dari pada NIS 2009 tetapi NIS 2009 cocok dengan harga segitu kalu dilihat performa dan layanan yang disajikanya.

WINNER: Kaspersky Internet Security 2009

J. Kesimpulan

Skor akhir:

Kaspersky terpuruk dikarenakan beban sistem yang cukup fatal dan menu konfigurasinya yang berakar. Kaspersky mendapat 1 poin tambahan berkat offline update yang cukup fleksibel dan harga lisensinya yang lebih murah daripada Norton.

Norton sangat berjaya dikarenakan proses instalasinya yang singkat, beban sistem yang sangat ringan dan fitur pulse update. Kekurangannya hanya offline update yang ukurannya sangat besar.

Mungkin sama kesimpulannya dengan review NOD32 AV4 VS NAV2009 yang pernah saya lakukan. Disini Kaspersky lebih cocok untuk pengguna professional yang dimana membutuhkan fleksibilitas dalam setiap konfigurasinya. Dan untuk NIS2009 lebih cocok untuk pengguna awam dan rumahan yang dimana membutuhkan konfigurasi yang tidak berbelit dan bisa langsung dipakai.

Teman saya (Harun) berkomentar:

NIS2009 jauh lebih cocok digunakan untuk orang awam karena tampilannya menunya yang tidak berjubel seperti KIS2009 dan beban sistemnya yang jauh lebih ringan daripada KIS2009.

Dari beban sistem pun KIS2009 sangat menghambat sistem yang low-end, keluhan yang sama pun saya temukan di forum CHIP dimana user ID “smiling_man” mengutarakan beban sistem yang berlebihan pada saat proses update (menggunakan OS Windows 7 RC);

jadi gini ceritanya, selama ini saya browsing2 tiba2 kok merasa laptop jadi ngelag tiba2. Setelah saya lihat lewat task manager ternyata biang keladinya KIS saya yang sedang update database atau background scanning. Jelas aja lemot karena KIS (avp.exe) memakan jatah CPU saya 70-90%

ada yang tahu caranya biar angka CPU Utilization ini minimal?

saya udah pakai KIS 7 dan KIS 8 ga pernah ada kasus kayak gini soalnya.

Untuk kalimat terakhir saya hanya ingin mengutarakan sebuah pertanyaan bagi semua pengguna produk keamanan,

Apakah anda sudah mempelajari seluruh fitur, setting dan konfigurasi dari produk tersebut?

Apakah anda salah satu pengguna yang maunya tinggal pakai tanpa tahu menahu soal konfigurasi dari produk tersebut?

Apakah anda langsung mem-vonis dengan kata-kata “jelek” jika produk tersebut tidak bisa mendeteksi malware atau berperilaku tidak sesuai dengan keinginan?

Dari 3 pertanyaan diatas jawabannya ada dibawah ini,

Jika anda mempelajari dan memahami semua fitur dan konfigurasi yang ada, kedepannya pasti produk tersebut akan bertindak sesuai dengan kehendak anda.

Jika maunya tinggal pakai, maka jangan salahkan produk tersebut bertindak tidak sesuai keinginan, bahwasanya anda sendiri tidak mau mempelajari fitur-fitur yang disediakan oleh produk tersebut.

Jika langsung mem-vonis tanpa me-review kejadiannya maka anda termasuk pengguna yang asal cuek terhadap situasi apa pun. Yang namanya tingkat deteksi berdasarkan definisi pengguna harus pasrah dengan sang developer untuk menyediakan update terbaru, untuk fitur pro-active bergantung dari kemampuan deteksinya dan sebuah keberuntungan.

Jadi bisa ditarik kesimpulan seperti berikut,

Percuma anda mempunyai produk keamanan yang terbaik dan termahal namun anda sendiri tidak mengerti cara memakainya apalagi mengerti akan fiturnya. Produk tersebut akan bekerja sesuai dengan kodratnya dari awal pada saat dirilis tanpa mau mengerti anda.

K. Extra Test

Tes berikut hanya sebuah “side story”, disini saya melakukan tes terhadap KIS2009 dan NIS2009 di notebook saya yang spesifikasinya sebagai berikut:

ACER TravelMate 4603 WLCi, Intel Pentium M 750 (1,86 GHz), 2x 1 GB Corsair DDR2-533, ATI Mobility Radeon X700 64 MB dan WD Scorpio 160 GB.

Saya melakukan tes Full System Scan dibarengi dengan bermain Red Alert 3 Uprising, Tom Clancy’s HAWX dan Left 4 Dead. Tentu saja semua setting GPU dari masing-masing game telah saya konfigurasi ke level paling rendah dengan resolusi 1280×800 untuk semua game.

Sebagai preview, sebelumnya dengan Norton AntiVirus 2009 terinstall (tanpa full system scan) dalam memainkan ketiga game tersebut saya tidak menemui masalah apapun, framerate pun lumayan (beneran loh).

Red Alert 3,

Loading game lebih lama, namun pada saat bermain tidak ada kendala yang terasa namun akan terlihat pada saat banyaknya unit mulai ramai. Mengalami penurunan fps sangat drastis pada saat menyerang dengan unit yang cukup banyak.

Pada KIS2009 malah lebih gawat, sering hang per 2 detik pada saat melakukan serangan. Loading game pun sama dengan NIS2009.

Tom Clancy’s HAWX,

Untuk NIS2009 pada saat loading awal pun sudah terlihat tersendat namun pada saat memilih pesawat cukup lancar. Pada saat bermain mengalami nyendat pada saat melewati objek partikel seperti asap.

Kalau KIS2009 malah loadingnya tambah lama dan pernah mengalami hang disaat bermain.

Left 4 Dead,

Tidak ada masalah pada saat loading, namun pada saat bermain sering nyendat kalau diserang oleh gerombolan zombie.

Pada saat Full System Scan KIS2009 pun sama, suara sering telat keluar pada start bermain.

Tes diatas hanya sebuah rasa ingin tahu saya pribadi untuk menemukan jawaban dari pertanyaan berikut, “bagaimana kalau notebook saya ini disiksa scan sambil bermain?”. Yah ternyata memang begitu hasilnya.

Terima kasih telah membaca review saya, jika ada saran, kritik atau komentar silakan hubungi saya melalui email atau cukup tulis komentarnya dibawah artikel ini. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini.

Sebagai catatan, komentar – komentar dari terman saya yang belum masuk akan segera menyusul.

5 Responses

  1. makasih yaaa kak… infonya lengkap banget

  2. minta no tlpnya dong kak

  3. Norton AntiVirus 2010 maupun Norton Internet Security 2010 versi trialnya tidak ada pembatasan dalam fitur, semua fitur bisa dipakai secara penuh. Batasannya hanya durasi pemakaian selama 15 hari.

    Kalau mau beli lisensinya silakan hubungi saya…

  4. mantap bro..
    jadi makin yakin pake NIS ne..
    sementara ini cuma pake avira plus firewall windows aja..
    mau tanya : kalo versi trial NIS dapetnya full feature ga?
    rencananya mau coba dulu…

  5. hai bro tridentcore, great review, so details..🙂

    kesimpulannya adalah, kembali kepada kebutuhan setiap orang.. serta kemampuan finansialnya off course..😀

    namun tidak dapat dipungkiri, norton memang memiliki keunggulan yang cukup signifikan dibanding kaspersky..🙂

    again, great review..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: