There’s No AntiVirus Product Can Give You 100% Protection


Security Blue Kita bisa sebutkan saja… Avira AntiVir, Symantec Norton AntiVirus, Kaspersky AntiVirus, McAfee AntiVirus, Grisoft AVG AntiVirus, Avast AntiVirus, dan lain-lain… Apakah mereka benar-benar melindungi sistem dari infeksi virus? Memang benar mereka melindungi… TAPI… Apakah bisa 100% melindungi…?!?!?! Saya rasa tidak… Termasuk Norton AntiVirus 2009 yang saya beli… Tidak akan ada produk antivirus yang sempurna 100% di dunia ini.

Memang pada dasarnya produk antivirus hanya sebagai “PENAMBAL” celah keamanan di sistem operasi Windows yaitu celah keamanan dari infeksi virus. Produk-produk antivirus atau internet security hanyalah berupa layanan dari para produsen untuk para konsumen… INGAT!!! Hanya layanan!!! Buka dibeli…!!! Jadi bersifat “RENTAL” atau “SEWA”…!!!!

Para produsen membuat sebuah program khusus untuk para client yang dimana bisa secara otomatis meng-update engine/database virus untuk melindungi para client… “Layanan” yang dimaksud adalah dengan membeli sebuah lisensi subskripsi dalam jangka waktu tertentu dimana di dalam subkripsi tersebut (biasanya 1 tahun untuk 1 lisensi subkripsi, lain hal jika ada paket lain yang ditawarkan) program client akan melindungi sistem pengguna secara penuh… Para produsen hanya memberikan update dan dukungan teknis dari pusat selama subkripsi masih berlaku dan tentu saja semuanya gratis untuk setiap pengguna dengan lisensi yang valid.

Oleh karena itu disini pengguna harus bisa “membantu” produk AV dalam bekerja, yaitu dengan ikut mengawasi dan berhati-hati dalam mengunjungi website atau colok media eksternal. Produk AV yang bekerja sendirian tanpa bantuan dari sang pengguna sama aja bohong.

Semua produsen bersaing ketat dalam teknologi deteksi malware untuk produk-produk Home User, Bussiness dan Enterprise. Dengan menggunakan cara dari masing-masing developer, produk mereka akan bekerja dengan metode tersendiri untuk melindungi sistem operasi Windows. Namun harus diimbangi dengan beban sistem yang (harus) tidak mengganggu.

Berikut beberapa review dan test dari organisasi AV-Comparative sebagai informasi tambahan…

On Demand Comparative report August 2008 [Download]

Retrospective/ProActive Test report November 2008 [Download]

Download Performance Test report

Download AV-Comparatives Summary report 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: