Restore Your Windows! Step by step using Nero BackItUp!


Rescue Disk Dalam merestorasi dengan Nero BackItUp, kita akan melakukan diluar Windows. Maka dari itu kita akan menggunakan bootable disc Nero BackItUp Image Tool.  Langkah – langkahnya pun bisa dibilang sangat mudah dan mirip dengan langkah backup. Yang dibutuhkan hanya CD bootable dan data backup yang sudah disimpan di partisi atau HDD eksternal. Disini langkahnya hanya cukup beberapa kali klik dan setelahnya tinggal menunggu hingga proses selesai, silakan disimak.

– Pertama boot sistem melalui CD/DVD Nero BackItUp Image Tool dan tunggu hingga muncul,

DSC03364clip_image008[4]

– Setelah memilih bahasa, di menu utama pilih Restore lalu klik Next,

clip_image012[4]clip_image014[4]

– Klik ikon folder lalu pilih Hard Drives (kali ini menggunakan HDD sebagai media restorasi),

clip_image016[4]clip_image018[4]

– Temukan lokasi file backup dan pilih file nomor 1 (seperti pada gambar sebelah kanan),

clip_image020[4]clip_image022[4]

– Lihat preview yang ada terhadap informasi partisi file backup lalu klik next,

clip_image024[4]clip_image026[4]

– Pilih partisi yang akan direstore, centang opsi “Restore master boot record” jika partisi yang direstorasi adalah bootable (sistem operasi) lalu klik next,

clip_image028[4]clip_image030[4]

– Centang opsi “verify data after restore” jika data ingin diperiksa setelah proses backup selesai, klik “restore” jika ingin langsung memulai proses restorasi,

clip_image032[4]clip_image034[4]

– Akan muncul warning bahwa data akan ditulis ulang sehingga data yang sebelumnya akan HILANG, setelah proses backup berlangsung. Opsi “Automatic Shut Down dapat dicentang jika ingin PC otomatis shut down saat proses restorasi selesai.

clip_image036[4]clip_image038[4]

6 Responses

  1. Sebenarnya utk melakukan kegiatan backup dan recovery saya lebih menyarankan untuk menggunakan Macrium Reflect Free Edition. Selain gratis utk personal langkah2nya pun mudah. Tutorial sudah saya sediakan di blog saya.
    Backup and Restore using Macrium Reflect

    Jika ada masalah lebih lanjut bisa menghubungi saya melalui messenger.

  2. Program yg saya pakai Nero BackItUp 4. Sebelumnya saya pernah membackup juga tapi tidak menghilangkan data di HDD eksternal tsb. Tapi hasilnya adalah membuat folder baru di HDD eksternal dari proses backup tsb. Tapi pada kali ini data di HDD eksternal sy hilang semuanya.

    Sekali lg terima kasih atas sarannya..

  3. Mungkin yg saya tangkap dari kasus ini adalah bahwa bro fajar tidak mengetahui apa saja konfigurasi dari program backup yg dipakai. Kalau boleh saya tahu program apa yg dipakai utk backup? Mungkin saja program backup yg bro pakai secara default akan mengambil alih seluruh partisinya utk dijadikan lokasi backup. Jadi pada proses-nya program tersebut akan memformat seluruh partisi HDD eksternal tersebut utk (alias dikosongkan) lalu dibuat utk menyimpan data backup.

    Jadi dalam kasus ini bro ingin melakukan recovery dari data yg terhapus, saya hanya bisa memberi saran saja utk melakukannya karena peluang utk berhasil bisa bervariasi, bergantung dari status media penyimpanannya (dalam kasus ini adalah HDD eksternal). Jika setelah dihapus lalu di-isi data baru lagi maka peluang akan semakin berkurang karena data ter-overwrite.

    Bro bisa menggunakan beberapa software (freeware) berikut utk melakukan recovery data yg terhapus:
    1. Recuva,
    2. DiskDigger,
    3. TestDisk (utk professional dgn tampilan DOS mode)

    Diperhatikan dulu konfigurasi2 dari software2 tersebut supaya tidak salah langkah.

    tridentcore.com

  4. Jadi saya ceritakan saja kejadiannya :

    Saya beli HDD eksternal merk verbatim yg didalamnya ada Nero Backitup 4(kalo ga salah). terus saya coba backup data dari HDD laptop saya ke HDD eksternal tsb. Tapi malah data yg ada di HDD eksternal hilang dan malah hanya ada data HDD di HDD eksternal. Apa data saya seperti di ”cloning”?? karena nama HDD eksternal sy jadi ”new volume” yg tadinya namanya ”verbatim” setelah proses backup.

    terimakasih sebelumnya krn sudah dibalas dan mohon bantuannya..

  5. Pertanyaannya mungkin bisa diperjelas kembali… “data yg lama” yg bro fajar maksud apakah data yg berada di partisi yg saat ini ingin direcovery tapi data tersebut mau diambil terlebih dahulu? atau data lama yg sudah mengalami penghapusan dan ingin melakukan pengembalian melalui recovery.

    tridentcore.com

  6. “Akan muncul warning bahwa data akan ditulis ulang sehingga data yang sebelumnya akan HILANG, setelah proses backup berlangsung. Opsi “Automatic Shut Down dapat dicentang jika ingin PC otomatis shut down saat proses restorasi selesai”.

    Maaf saya mau nanya kalau ingin data yang lama dikembalikan bisa ga ya? bagaimana caranya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: