Avira AntiVir has been Removed from My System


Avira AntiVir removedSetelah Grisoft AVG AntiVirus Free Edition, sekarang giliran Avira AntiVir yang saya “pecat” dari sistem operasi Windows Whistler XPS saya… Mau tahu alasannya? Mari kita simak beberapa kekurangan yang saya temukan disaat menggunakan Avira AntiVir. Namun sebelum saya membeberkan kekurangannya, ada beberapa kelebihan dari Avira AntiVir ini.

Kelebihan atau keunggulan yang saya temukan dari produk ini yaitu,

  • dua metode update, online update dan offline update. Sama seperti Grisoft AVG dan Norton AntiVirus, Avira  AntiVir bisa diupdate database virusnya (virus definition) secara langsung (online) maupun dari file [.vdf] yang bisa didownload dari website Avira,
  • beban sistem yang cukup ringan, pada saat scan maupun update tidak ada beban sistem yang berarti atau bisa disebut “menganggu” kinerja sistem,
  • susunan menu setting yang cukup ergonomi, mudah untuk diingat dan disertai dengan penjelasan singkat mengenai fitur-fitur yang bersangkutan,
  • tingkat deteksi yang cukup tinggi dengan fitur heruistic.

Dari ketiga keunggulan tersebut patut diacungi jempol karena Avira AntiVir dengan lisensi gratis pun juga disertakan.

Berikut kekurangan yang saya temukan dan berakibat sangat fatal pada saat penggunaannya sehari-hari,

  • fitur detektor yang harus diberi konfirmasi satu per satu dan sangat merepotkan, apalagi jika terdeteksi 100 file yang terinfeksi, bisa dibayangkan berapa kali pengguna harus melakukan klik mouse untuk memberi konfirmasi,
  • fitur update online kadang-kadang bermasalah, pernah disuatu saat proses update tidak melakukan transfer data meskipun telah ditunggu hingga 30 menit. Hal ini dikarenakan pengguna Avira AntiVir dengan lisensi gratis tidak diberi akses download yang cepat dari server Avira. Begitupun dengan fitur offline update, kadang kala proses update tidak bisa dilakukan dan fitur Guard harus dinon-aktifkan atau harus melakukan copy manual file update dengan menggunakan program extractor (IZArc Archiver),
  • adanya sisipan iklan disaat proses online update yang ternyata membawa masalah, transfer file update sering berhenti ditengah-tengah sehingga membuat proses update gagal.

Sekarang setelah Avira AntiVir di”pecat”, Norton AntiVirus 2009 bekerja sendiri untuk melindungi sistem saya dari keluarga malware, toh saya tidak rugi telah membeli lisensinya.

Namun Norton AntiVirus 2009 masih punya support dan partner dalam urusan melindungi sistem saya, yaitu COMODO Internet Security, Spyware Terminator dan Xacti System Protect. Ketiganya mempunyai fungsi tersendiri dan hingga saat ini sistem saya masih aman hingga 100% sejak 2 tahun yang lalu.

COMODO Internet SecurityXacti System ProtectSpyware Terminator

17 Responses

  1. thx..

  2. sebenarnya sih dalam menggunakan program keamanan saya sekarang telah mempunyai “metode” baru… yaitu “gunakanlah software keamanan yang bisa anda pakai”, jadi dalam hal ini jangan menggunakan banyak program keamanan dalam satu sistem yg dimana ujung2nya malah membuat repot karena harus di-update satu per-satu…

    Nah utk bro ibnoe, saya mungkin merekomendasikan anda untuk memilih salah satu program keamanan yg dimana sebagai pengaman utama. Dalam pilihan anda yaitu Spyware Terminator, Xacti System Protect dan Comodo Firewall merupakan program keamanan pendukung. Sehingga bro ibnoe tetap memerlukan minimal sebuah antivirus yg menurut bro bisa dipakai dan mengerti akan konfigurasinya (saya pribadi memilih Norton AntiVirus).

    Kalau dalam sistem saya, saya mengandalkan Norton AntiVirus sebagai pengaman utama dan didukung oleh Comodo Firewall (dgn fitur Comodo Defense+ aktif). Sementara ini saya tidak menambahkan program keamanan lagi karena hingga saat ini sejak migrasi penuh ke Windows 7 Home Premium 64bit (notebook Lenovo IdeaPad Y550P) belum ada serangan malware maupun infeksi malware.

    Pilih program keamanan yang bisa bro pakai dan dipelajari konfigurasinya bukan karena produk tersebut populer. Perbandingan produk antivirus silakan merujuk ke sini.

    Yang penting sih melakukan backup secara reguler…

  3. maaf baru online lagi.. win7 home basic 32bit.

  4. karena keterangannya kurang jelas… boleh saya tahu sistem operasi yang anda pakai?

    Karena saya sendiri baru migrasi penuh ke Windows 7 Home Premium 64bit maka saya belum menggunakan Spyware Terminator dan Xacti System Protect… Masih mengandalkan Norton AntiVirus dan Comodo Firewall…

    Perbedaan Comodo Internet Security dan Comodo Firewall hanya di komponen antivirusnya saja…

  5. saya coba install commodo firewall (tanpa antivirus), spyware terminator (tanpa clamav), dan xacti tapi komputer malah hang.. konflik?? apa jangan-jangan ada settingannya yang salah.. trus, bedanya commodo internet security sama firewall apaan ya? kan itu ada disettingannya…? thx.

  6. sebenarnya saya ingin sekali mencoba software tersebut namun masih belum ada waktu karena review AntiVirus Battle Ground belum selesai… nanti kalau ada kesempatan akan saya coba review disini… terima kasih…

  7. bagaimana dengan RETURNIL…….
    top..gan

  8. Saya pribadi lebih memilih Norton AntiVirus digabung dengan Comodo Firewall daripada pakai Norton Internet Security… Karena Comodo Firewall lebih mudah untuk dikonfigurasi dan menduduki peringkat pertama dalam tes firewall dari matousec.

  9. wah dulunya saya juga pake ini antivirus ini, trus karena repot bgt (mungkin avira terlalu hati2),..,
    jadi sekarang pindah ke NIS 2010 dengan trial dulu, blm kuat beli lincense aslinya.hehe,..,

  10. Sebenarnya dalam urusan deteksi Avira bisa dibilang yang terbaik dari sebuah produk AV gratisan, namun yang membuatnya namanya buruk adalah repotnya luar biasa.

    Update disusupi iklan dan sering gagal, lalu fitur Proteksi Real-Time-nya kalau malware memberi konfirmasi per deteksi. Kalo terdeteksi 5 ato 10 ndak masalah, tapi bagaimana kalo ampe 30-an ato ampe 100-an???? Bakal rusak tuh tombol mouse…

  11. saya masih pake avira . pernah ampe seminggu ga bisa update . kadang ampe 16.000 kb lebih , tapi ga ada yg keinstal sedikit juga . dan itu makan waktu berjam jam . pernah nyoba avg 8.5(udah download yg 9 , tapi belum dipake) , tapi berat waktu masih pake p4 jadul . belum nyoba di x4 b50 yg sekarang . selain masalah yg diatas , ada lagi yg kurang dari avira ga ya ?

  12. kebetulan saya sebelum memakai Spyware Terminator juga pernah memakai Spybot Search and Destory. Dulu saya sangat memfavoritkan SpyBot, cuma yang saya sesalkan dari SpyBot adalah metode scanning yang tidak efisien dan juga signaturenya masih dibawah rata-rata.

    Setelah menggunakan Spyware Terminator selama kurang lebih 2 tahun, keunggulannya dari SpyBot dan anti-spyware komersial lainnya adalah bisa update offline dan online, fitur HIPS dan adanya modul AntiVirus ClamAV meskipun bersifat opsional. Ditambah lagi beban sistem yang sangat ringan.

    Updatenya pun mirip dengan Norton AntiVirus 2010, Spyware Terminator hanya mendownload data update terbaru tanpa harus mendownload seluruh database dimana sebelumnya pada versi lama proses update Spyware Terminator sangat lama.

    Kalau ada pertanyaan dan memerlukan bantuan soal konfigurasi Xacti System Protect atau program lainnya (yang dibahas di blog saya) silakan kontak saya melalui Yahoo! Messenger atau Email, klik disini untuk lebih jelas.

  13. wow keren juga,

    oiya bro tridentcore, klo kelebihan spyware terminator dibanding spybot-S&D apa yah?
    sori jadi nambah pertanyaan ^^

    nb: makasih banyak buat referensi xacti system protect-nya, bener2 canggih nih app..

  14. Sudah saya perbaiki… terima kasih atas pemberitahuannya…

  15. Maksud saya dalam hal ini… COMODO, Spyware Terminator dan Xacti mempunyai fitur khusus yang dimana hanya masing2 dari mereka yg punya.

    COMODO Internet Security (sekarang kembali ke COMODO Firewall Pro karena modul antivirusnya sudha saya uninstall), mempunyai modul firewall yang cukup ampuh dalam memberi pertahanan. Dengan metode pro-aktif dan modul Defense+ sangat ampuh untuk pengguna professional.

    Spyware Terminator, mempunyai fitur HIPS yg dimana dapat mencegat program tak dikenal / malware yang belum diketahui.

    Xacti System Protect, mampu melindungi sebuah direktori dari berbagai macam akses yang tidak berhak.

  16. “..yaitu COMODO Internet Security, Spyware Terminator dan Xacti System Protect. Ketiganya mempunyai fungsi tersendiri..”

    boleh tau ga bro fungsi ketiga itu apa bedanya?

  17. mas gambar Norton AntiVirus 2009
    menutupi artikel jd gak bisa kebaca.

    thx n rgs,
    albert

Leave a Reply

