TechSmith Jing VS FastStone Capture


Jing yang merupakan turunan dari SnagIt dimana bedanya hanya pemangkasan fitur, tampilannya cukup menarik dan futuristik. Disini akan saya bandingkan langsung dengan FastStone Capture yang dimana sudah lama saya pakai. Silakan disimak.

Jing, bagus dan simpel namun semua itu harus dibayar dengan beban konsumsi RAM yang sangat berlebihan… Jing.exe dalam keadaan idle akan memakai 76 MB dan pada saat editing akan naik ke 89 MB… Sebuah ukuran yang sangat besar… Disini pengguna juga direpotkan oleh konfirmasi account dan upload ke web screencast. Ditambah lagi adanya embel-embel Pro yang dimana lebih lengkap di bagian capture video.

  Picture1-1_cr Jing.exe

FastStone Capture, jauh lebih ringan daripada Jing. Beban RAM hanya 2,5 MB dan ditambah lagi fitur editornya jauh lebih lengkap dan fleksibel… Namun kekurangannya jika dibandingkan Jing hanya fitur capture video yang dimana FastStone tidak memilikinya. Disini FastStone Capture versi terbaru sudah menjadi shareware lisensinya, namun versi lama yang masih gratis masih saya pakai hingga sekarang.

 2009-08-02_0959 2009-08-02_095817 

Skor:

Jing

FastStone Capture

Disini Jing mendapat skor yang minim karena beban RAM yang lumayan tinggi sehingga disini kenyamanan pengguna sangat terganggu apalagi yang hanya memiliki kapasitas RAM terbatas. Sedangkah FastStone disini mendapat nilai tinggi karena beban RAMnya yang sangat rendah dan fitur editornya yang sangat lengkap meskipun hanya sebatas editor gambar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: