PANDA USB Vaccine – The Most Easiest Protection for Autorun based malware


Untuk melakukan pencegahan virus menyebar dengan bantuan fitur Autorun kini Anda tidak perlu repot lagi, seperti melakukan langkah-langkah pengaturan yang panjang dan beresiko. Berkat aplikasi portable dari perusahaan keamanan PandaSecurity, Anda sudah bisa melakukan pengamanan terhadap tempat penyimpanan berkoneksi USB, seperti Flash Disk dalam beberapa kali klik saja.

Aplikasi gratis bernama Panda USB Vaccine ini memiliki dua cara untuk menangkal penyebaran virus melalui media penyimpanan:

  1. Computer Vaccination – aplikasi ini akan menonaktifkan fitur AutoRun dari komputer bersistem operasi Windows secara menyeluruh, sehingga program/virus yang memanfaatkan file AUTORUN.inf dan berada di dalam USB/CD/DVD tidak akan dieksekusi/dijalankan secara otomatis. Tapi Anda tetap bisa mengembalikan fitur tersebut ke keadaan semula.
  2. USB Drive Vaccination – Virus kini tidak bisa lagi membuat file AUTORUN.inf untuk membantu penyebarannya. Aplikasi ini akan membuat file AUTORUN.inf khusus ke dalam flash disk, di mana file tersebut sudah dirancang supaya tidak bisa diganti, diedit, ataupun dihapus oleh virus. Pengguna juga tidak bisa menghapus file tersebut kecuali dengan melakukan format.

Untuk saat ini fasilitas vaksinasi pada perangkat USB hanya berlaku pada tempat penyimpanan berformat FAT & FAT32, namun ke depannya aplikasi ini akan dikembangkan untuk dapat mendukung format NTFS.
Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 2000 SP4, Windows XP SP1-SP3, dan Windows Vista SP0 dan SP1.

2 metode proteksi yang ditawarkan oleh PANDA USB Vaccine benar2 merupakan sebuah solusi yang terbaik dan sangat praktis:
metode pertama yaitu, mengkarantina semua jalur autorun disemua hardware yang mendukung fitur autorun. Hal ini jelas sangat membantu bagi user awam. Hanya dengan menekan satu tombol, semua akses autorun akan diblokir, bahkan akan hilang sama sekali.

metode kedua. Memberi sebuah perlindungan "offline" untuk USB drive. Dengan membuat sebuah file AUTORUN.INF yang dimana hak aksesnya telah diblokir sehingga komputer mana pun yang telah terinfeksi virus berbasis autorun tidak bisa menyebar/merasuk ke dalam USB drive yang telah dilindungi tersebut. Alhasil USB drive tetap aman dari virus yang menggunakan fitur autorun.

Untuk metode kedua, karena saya belum menguji coba secara real time… Mungkinkah file virus akan tetap terkopi meskipun AUTORUN.INI dari virus tersebut tidak ikut? Dalam hal ini kemungkinan 100% masih bisa terjadi. Karena memang dalam metode kedua, PANDA USB Vaccine hanya memblokir akses fitur AUTORUN.INI dengan menggunakan sebuah file AUTORUN.INI yang dimana hak aksesnya telah diblokir sehingga tidak bisa dihapus atau diedit oleh siapa saja.

Berikut screenshot dari isi flash disk saya setelah dikarantina dengan metode kedua…

Terdapat file AUTORUN.INI yang dibuat oleh PANDA USB Vaccine, namun kalau dibuka akan ada konfirmasi "Access is denied" karena hak akses telah diblokir.

Belum ada bug yang saya temukan sejak menggunakan program ini meskipun masih dalam status beta.

Mudah, praktis dan semuanya tidak membutuhkan setting yang rumit.

One Click Done…!!! and FREE…!!!

DOWNLOAD PRODUCT INFO

PANDA USB Vaccine Rating: EXCELLENT…!!!

Good StarGood StarGood StarGood StarGood Star

Crerdits to mad75@forum CHIP 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: