Complete Guide Norton AntiVirus 2009 by TRIDENTCORE


nortonfromsym Pada bulan Oktober 2008, perusahaan sekuriti ternama di dunia merilis produk terbaru untuk segmen konsumer. Symantec Corporation merilis Norton AntiVirus 2009 dan Norton Internet Security 2009. Dengan melakukan tuning dan perubahan mendalam, kini program Norton 2009 mengalami transformasi yang sangat signifikan. Dimulai tampilan user interface, performa hingga kemudahan pakai.

Kali ini saya akan mereview Norton AntiVirus 2009 yang dimana baru saja saya beli sesaat setelah produk ini dirilis, ada kabar baik bagi para pengguna produk Norton AntiVirus 2009 (atau mungkin versi-versi sebelumnya juga bisa, tapi hal ini tidak diberitakan ke umum), dapat menggunakan produk Norton AntiVirus 2009 GRATIS…!!! Dengan syarat, sisa subkripsi dari produk sebelumnya masih berlaku. Kontak support agen Symantec bahwa anda ingin melakukan upgrade, support agennya akan memberikan instruksi dan sebuah serial number untuk aktivasi, uninstall produk lama lalu instalasi Norton AntiVirus 2009 masukkan serial number yang telah diberikan lalu aktivasi online, produk bisa langsung digunakan.

Norton AntiVirus 2009 dijual dengan harga yang sama seperti versi sebelumnya, $39 untuk Norton AntiVirus dan $59 untuk Norton Internet Security. Ada penawaran dengan membeli Norton Internet Security 2009 dan Norton SystemWorks Standart Edition akan mendapatkan diskon 40%. Produk bisa dibeli melalui toko online atau retail box. Bagi pengguna yang menggunakan produk multi lisensi (3 hingga 5 lisensi) cukup mengupgrade salah satu dari lisensi tersebut maka yang lain akan mengikuti.

Mari kita review segera, para pembaca bisa mencoba versi trial dari Norton AntiVirus/Internet Security 2009 selama 15 hari, selebihnya akan diberi peringatan agar segera membeli lisensinya. Disini saya akan menjelaskan mulai dari Instalasi, Tampilan Utama, Norton AntiVirus Settings, Norton Insight, Silent Mode, teknologi SONAR, Norton Acount, One Click Support, Norton Security History dan Help.

A. Instalasi (One Minute Installation)

Anda pasti terkejut dengan proses instalasi yang ditawarkan oleh Norton AntiVirus/Internet Security 2009 kali ini. Bayangkan saja hanya dengan 3 kali klik, proses instalasi berjalan dan dalam waktu kurang dari 1 menit program dapat langsung dipakai TANPA HARUS RESTART. One Minute Instalation, itulah fitur terbaru dari Norton AntiVirus/Internet Security 2009. Bandingkan saja dengan proses instalasi program-program antivirus dan komersial yang lain, hanya Norton AntiVirus/Internet Security 2009 yang cepat, simpel dan mudah. Sebagai pembanding, program keamanan dari F-SECURE membutuhkan waktu hingga 5 menit dan memerlukan restart, ditambah lagi harus mengkonfigurasi seluruh setting umum disaat proses instalasi.

Hanya beberapa langkah yang diperlukan untuk segera menggunakan Norton AntiVirus/Internet Security 2009,

1. Double-klik file instalasi Norton AntiVirus/Internet Security 2009,

2. Klik Agree & Install setelah membaca seluruh penjelasan yang disediakan,

3. Proses instalasi (kurang dari satu menit) hingga proses finishing,

4. Program Norton AntiVirus/Internet Security 2009 akan terbuka otomatis, dan

5. Pengguna langsung bisa menggunakannya TANPA RESTART.

 

B. Tampilan Utama

Main Status Logo 1 Inilah kejutan kedua dari Norton AntiVirus 2009, setelah selesai instalasi anda dapat langsung menggunakannya tanpa harus restart. Tampilan utama dari Norton AntiVirus 2009 sangat simpel dan mudah untuk dipelajari, bahkan untuk orang awam pun bisa langsung menggunakannya dengan lancar.

Status Logo 1 Status Logo 2 Status Logo 3 Mari kita bahas satu persatu, dibagian kiri menu utama Norton AntiVirus 2009 terdapat 3 fitur yaitu, status logo, CPU Usage dan Norton Insight. Status logo menampilkan 3 macam logo yang berubah sesuai keadaan keamanan sistem, CPU usage menampilkan CPU Usage Detailbeban CPU secara langsung untuk proses sistem dan Norton AntiVirus 2009, Norton Insight merupakan fitur terbaru dari Norton AntiVirus 2009. Norton Insight dapat mempercepat durasi scan dengan cara memasukkan file-file yang terpecaya ke daftar whitelist Norton AntiVirus 2009 sehingga file-file tersebut tidak perlu discan kembali. Dengan demikian fitur Auto-Protect tidak perlu bekerja keras dalam memeriksa file-file yang telah masuk daftar whitelist (terpercaya).

Norton InsightNorton Insight menggunakan identitas Digital Signature untuk mengidentifikasi setiap file yang dianggap terpercaya dan masuk daftar whitelist. File yang dianggap aman biasanya mempunyai tingkat Norton Trust diatas 3 bintang (4 dan 5 bintang) di dalam daftar proses yang berjalan di Norton Insight. Dengan adanya fitur ini, Norton AntiVirus 2009 tidak perlu bekerja keras untuk memeriksa kembali file-file yang terpercaya sehingga meringankan beban sistem.

Selanjutnya ke bagian pojok kanan atas yang berada di dekat tombol “minimize” dan “close”, terdapat 3 buah fitur yaitu, Leave Feedback, Norton Account dan Help and Support. Ketiga fitur ini merupakan fitur turunan dari Norton AntiVirus 2008, namun pada Help and Support telah disempurnakan.

Leave Feedback memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengirimkan sebuah saran dan kritik ke Symantec Corporation mengenai produk Norton AntiVirus 2009,

 Send Feedback

Feedback web address for Norton AntiVirus 2009 users

Norton Account merupakan jalan pintas pengguna untuk mengakses akun Norton melalui web browser, di Norton Account membawa kita ke sebuah halaman web dimana pengguna bisa mengakses status akun Norton-nya. Bagi para pengguna produk Symantec diharap membuat sebuah Norton Account agar Norton Accountbisa menyimpan Serial-Key produk-produknya (jika membeli lebih dari satu produk). Tidak hanya itu, dengan memiliki Norton Account, pengguna bisa mendapatkan promosi diskon pembelian produk jika membeli produk lebih dari satu atau potongan harga saat mengupgrade ke versi lebih baru (upgrade ke Norton AntiVirus 2009 misalnya), atau berlangganan berita-berita tentang virus dan keamanan internet yang dikirim lewat E-Mail. Untuk itu jika pengguna ingin memiliki sebuah Norton Account, yang dibutuhkan hanyalah sebuah account E-Mail pribadi yang valid dan sah.

 Norton Account web address

– Untuk Help and Support terdapat 4 sub-menu yang ditawarkan yaitu, Help, One Click Support, Subscription Status dan About.

o Fitur Help menampilkan berbagai informasi fitur-fitur dari Norton AntiVirus 2009 dan cara-cara penggunaannya secara offline,

o One Click Support merupakan fitur pengembangan dari Help, fitur ini memerlukan sebuah koneksi internet, dimana pengguna dapat melakukan kontak dengan customer service Symantec,

2008-11-04_234756

o Subscription Status digunakan untuk memeriksa status lisensi yang dibeli pengguna secara online, fitur ini sangat berguna jika Norton AntiVirus 2009 menampilkan status subkripsi yang salah atau error. Koneksi internet diperlukan disini,

2008-11-09_221232

o About menampilkan informasi mengenai versi produk dan informasi-informasi lainnya yang berkaitan dengan produk Norton AntiVirus 2009.

Norton About

One Click Support, inilah fitur yang paling saya favoritkan. Symantec memberikan fleksibilitas yang luar biasa jika para pengguna produknya ingin melakukan kontak ke service agent Symantec. Ada 3 pilihan yang bisa dipakai, chatting, telephone dan E-Mail. Dimulai dari chatting, saya sendiri sudah lebih dari 10 kali menggunakan layanan ini, disamping tidak mengguna lama, semua permasalahan bisa langsung diselesaikan di tempat.

2008-11-04_2353282008-11-05_0048452008-11-04_234838Layanan support melalui media chatting juga dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada produk pengguna, misalnya status subkripsi yang salah atau produk mengalami error, bisa juga jika terkena sebuah malware dimana Norton AntiVirus tidak mampu menghapusnya dikarena proteksi enkripsi. Support agen akan segera memberikan konfirmasi berupa ijin untuk mengakses desktop anda secara langsung melalui Remote Connection, tanpa basa-basi suppport agennya akan langsung memperbaiki masalah tersebut, pengguna dapat santai melepas tangan dari keyboard dan mouse sambil melihat kursor mouse bergerak sendiri karena dikontrol oleh support agen Symantec. Setelah masalah selesai ditangani dan beres, support agennya akan memberikan konfirmasi ke pengguna bahwa masalah telah terselesaikan.

Layanan melalui media chatting tidak dipungut biaya sepeser pun jika pengguna hanya ingin menanyakan sesuatu mengenai produk Symantec dan berbagai hal yang umum, namun disamping itu ada juga layanan yang dipungut biaya. Jika pengguna merasa sistemnya terinfeksi dengan suatu malware yang sangat berbahaya sampai-sampai produk Norton AntiVirus-nya tidak mampu menanganinya, layanan untuk membersihkan sistem dari malware dikenakan biaya sebesar $140 sekali seumur hidup untuk setiap pelanggan/per lisensi. Malware ditangani secara langsung melalui koneksi Remote Desktop oleh support agennya.

Layanan support melalui telephone juga sama dengan chatting hanya saja dibutuhkan biaya, biayanya pun bervariasi dari setiap negara karena ditentukan dari kode negara yang bersangkutan. Support agen yang melayani Negara Indonesia biasanya dari Negara India.

Jenis layanan ketiga cukup konvensional karena melalui E-Mail. Memang sudah cukup umum yang seperti ini, namun layanan support melalui E-Mail dari Symantec juga punya kelebihan tersendiri. Di saat anda telah mengirimkan permasalahan anda, maka dengan segera akan ada balasan dari Auto-Response bahwa E-Mail anda telah diterima, sambil menunggu balasan dari support agennya anda dipersilahkan mengunjungi website Help & Support Symantec. Di website tersebut pengguna bisa mencari permasalahan-permasalahan umum dan spesifik, bisa saja pengguna bisa langsung menemukan jawabannya daripada menunggu balasan E-Mail dari support agennya. Namun untuk menunggu balasan tidak membutuhkan waktu lama, paling lama 1 hari sudah mendapat balasan (paling cepat dalam hitungan 6 jam).

Tapi jika pengguna tidak bisa menggunakan ketiga layanan diatas dikarenakan tidak terkoneksi internet, pengguna dapat mengakses Norton Help Center. Dapat dibuka melalui link Help & Support dan selanjutnya klik link Help. Pengguna dapat mencari mengenai keterangan dari fitur-fitur Norton AntiVirus dan berbagai pemecahan problem dasar. Disediakan juga informasi mengenai perwakilan Symantec Help and Support dari seluruh dunia.

2008-11-09_221312

Berikutnya tetap di tampilan utama, sekarang membahas tab Computer yang berada di sebelahnya status logo. Terdapat 5 link dan 3 slider di tab ini. 5 buah link diantaranya Settings, Scan Now, History, Quarantine dan Run LiveUpdate.

Settings akan menampilkan fitur Settings untuk semua fitur Norton AntiVirus 2009 (akan dijelaskan kemudian).

Scan Now, jika diklik sekali akan muncul sub-menu yaitu, Run Quick Scan, Run Full System Scan dan Run Custom Scan. Jika pengguna klik Run a Scan maka akan muncul pop-up sub-menu yang terdiri dari Run Quick Scan, Run Full System Scan dan Run Custom Scan.

o Run Quick Scan akan membuka perintah Quick Scan, Quick Scan hanya memeriksa direktori-direktori yang paling sering terinfeksi oleh virus.

o Untuk Run Full System Scan akan memeriksa seluruh partisi tanpa terkecuali termasuk HDD eksternal dan USB flash disk yang tercolok.

o Run Custom Scan memberikan kemudahan bagi pengguna jika hanya ingin memeriksa direktori tertentu tanpa harus mensetting berulang-ulang, misalnya jika hanya ingin memeriksa direktori [C:/Windows].

 2008-11-09_224847

2008-11-09_222021History dan Quarantine berada di kelompok yang sama yaitu, dalam fitur Norton AntiVirus 2009 Security History. Dalam fitur Security History terdapat semua catatan kegiatan yang dilakukan Norton AntiVirus 2009 tanpa terkecuali. Dimulai dari Intrusion Prevention, Security Risk, Scan Result hingga Quarantine. Penjelasan lebih detail mengenai Norton AntiVirus 2009 Security History akan dijelaskan nanti. Sekarang mari konsentrasi pada tampilan utama terlebih dahulu.

Fitur Run LiveUpdate di Norton AntiVirus 2009 lebih simpel dan lebih cepat daripada Norton AntiVirus 2008 dikarenakan fitur terbaru dari Norton AntiVirus 2009 yaitu Pulse Update yang dimana memberikan sebuah “update mini” bagi pengguna yang terkoneksi langsung ke internet. Pulse Update lebih baik daripada offline update yang notabene harus mendownload data update yang ukurannya hampir 30 MB. Pulse Update memberikan kemudahan, dimana tidak harus menunggu lama hingga satuan hari, dalam satuan menit pun sebuah update terbaru dapat diperoleh langsung dengan keuntungan ukuran filenya hanya satuan KB. Ada lagi keuntungan dari fitur LiveUpdate, pengguna dapat juga mengupdate modul-modul di Norton AntiVirus 2009 seperti Intrusion Prevention dan AntiSpyware yang dimana melalui offline update tidak dapat dilakukan. Jika ada update yang gagal atau tidak terinstall dengan sempurna, LiveUpdate akan menyediakan laporan yang sangat detail, ditambah lagi disediakan pula link ke fitur One Click Support jika laporan tersebut ingin segera ditanyakan ke support agen Symantec.

Norton LiveUpdate downloading Norton LiveUpdate completed Norton LiveUpdate summary

Slider 1Berikutnya ke pembahasan fitur disebelahnya (yang terdapat slider), AntiVirus, AntiSpyware dan Advanced Protection. Fitur slider merupakan fitur terbaru dari Norton AntiVirus 2009 yang dimana memudahkan pengguna, hanya dengan menggeser slider ke posisi OFF untuk dapat mematikan fitur-fitur tertentu jika diperlukan. Untuk AntiVirus dan Advanced Protection diberikan sebuah konfirmasi mengenai durasi yang dibutuhkan untuk mematikan fitur tersebut. Tanda seru di sebelahnya merupakan penjelasan detail dari fitur-fitur tersebut, tombol ignore yang ada diberikan untuk pengguna jika salah satu fitur tersebut menampilkan pesan error agar tidak dilaporkan ke status logo (dicuekin).

2008-11-09_223420Link hijau dari Definition Update hanya menampilkan waktu terakhir kali pengguna melakukan update terhadap Norton AntiVirus 2009.

 

 

 

NAV2009Beta_3962Berikutnya untuk tab Internet (tetap di tampilan utama). Hanya ada 2 link dan 2 slider disini, Settings dan View Home Network. Untuk Settings akan dijelaskan dibagian akhir. Link View Home Network akan membawa pengguna ke fitur dimana dapat memeriksa seluruh hardware jaringan yang terkoneksi beserta status keamanannya. Sebenarnya fitur ini diperuntukkan bagi produk Norton Internet Security 2009, jadi yang berada Norton AntiVirus 2009 ini hanya versi “simple”nya saja, tidak banyak informasi yang didapat dari fitur ini.

Slider 22 buah slider yang berada di tab Internet yaitu, Intrusion Prevention dan Email / Message Scanning juga merupakan salah satu modul dari Norton Internet Security 2009, hanya saja Symantec bermurah hati untuk menyertakan kedua modul ini diproduk Norton AntiVirus 2009. Intrusion Prevention layaknya sebuah firewall tunggal dimana fitur ini dapat memblokade sebuah serangan dari pihak luar seperti Buffer Overflow yang dapat membebani koneksi internet. Email /Message Scanning melindungi Email client seperti Microsoft Office Outlook/Mozilla Thunderbird dan program Instant Messenger seperti Yahoo! Messenger, Windows Live Messenger dan Trillian. Email / Message Scanning akan melindungi pengguna dari attachment Email dan arsip-arsip berbahaya yang diterima melalui Instant Messenger (chatting).

2008-11-09_224012Berikutnya ke fitur terakhir di tampilan utama Norton AntiVirus 2009 yaitu tombol Subscribe Now. Di fitur ini pengguna dapat melihat status lisensi yang dibelinya, difitur ini pengguna juga dapat memberbaharui lisensi secara langsung atau memasukkan kode suskripsi yang baru jika telah membelinya.

 

C. Norton AntiVirus Settings

Pembaharuan total dan manajemen yang lebih baik telah dilakukan Symantec terhadap fitur ini, Norton AntiVirus 2009 Settings telah diringkas di dalam satu tempat (window). Terdapat 4 tab yang mewakili masing-masing fitur di Norton AntiVirus 2009 yaitu, Computer Settings, Internet Settings, Home Network Settings dan Miscellaneous Settings. Sebagian besar dari opsi-opsi yang ada di Norton AntiVirus Settings menggunakan metode slider untuk mengubah statusnya (ON/OFF).

Sebelum memulai pembahasan fitur Norton AntiVirus 2009 Settings, ada beberapa hal umum yang harus saya jelaskan disini agar para pembaca tidak bingung. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, hampir semua konfigurasi di Norton AntiVirus 2009 Settings menggunakan metode slider, jadi hanya dengan menggeser switch ke arah ON atau OFF untuk mengubahnya. Dan untuk beberapa simbol tanda tanya yang berada di sisi kanan dari masing-masing opsi merupakan link ke Norton Help Center yang berguna untuk menjelaskan fitur yang bersangkutan langsung ke topik pembahasannya. Link Use Section Default berguna untuk mengubah seluruh setting kembali awal untuk di satu tab, sedangkan Default All untuk seluruh setting di Norton AntiVirus 2009 Settings.

————————————

Computer SettingsDimulai dari tab Computer Settings, pada tab ini seluruh konfigurasi yang berhubungan dengan pemeriksaan antivirus dapat ditemukan disini. Akan dijelaskan satu persatu dimulai dari,

 

[Antispyware]

AntiSpyware. Fitur proteksi terhadap spyware, dimana spyware dapat mencuri indentitas dan memata-matai kegiatan komputasi pengguna. Link configure disebelah kanan slider opsi AntiSpyware menyediakan fungsi untuk memilih kategori spyware yang akan diawasi oleh Norton AntiVirus 2009, tapi lebih baik semuanya saja dicentang.

[Computer Scans]

Manage Scans berguna untuk mengkonfigurasi profil-profil scan yang telah dibuat atau ingin membuat sebuah profil Custom Scan.

Compressed Files Scan merupakan fitur untuk memeriksa file-file yang terkompresi (zip, rar, 7z, dll), terdapat 2 sub-opsi yaitu,

o Remove Infected Files Automatically memberi hak ke Norton AntiVirus 2009 agar langsung mendelete file yang terinfeksi secara otomatis dan,

o Limit Data Extraction memberi limitasi sebesar 2 GB terhadap ukuran file terkompresi (zip, rar, 7z, dll) yang akan di-scan, hal ini berguna supaya proses scan tidak macet di file tersebut yang dimana memiliki jumlah data yang sangat banyak.

Rootkits and Stealth Items Scan, memeriksa rootkit dan berbagai malware-malware yang bersembunyi di dalam sistem.

Tracking Cookies Scan, memeriksa file-file cookies berbahaya yang dimana dapat merekamz-Bottom of Form; aktivitas komputasi korban. Cookies dalam definisi software adalah sebuah file yang diterima oleh pengguna saat mengunjungi website dimana website tersebut memerlukan sebuah autentikasi pribadi atau biasa disebut User Account. Jadi pada saat user login, data berupa cookies yang dimana layaknya “chace mini” akan disimpan di PC pengguna agar setiap kali berkunjung ke website tersebut tidak perlu login kembali.

File cookies ada juga yang berbahaya dimana dapat menghubungi ke pihak ketiga (dalam hal ini hacker) dan mencuri data pribadi anda. Biasanya file cookies yang berbahaya bersumber dari website-website craker atau underground. Norton AntiVirus 2009 dapat dikonfigurasi untuk merespon hal ini, diantaranya Remove, Ignore dan Ask Me. Remove, secara otomatis akan menghapus cookies yang berbahaya tersebut. Ignore, membiarkannya (atau dicuekin) dan Ask Me, memberikan konfirmasi ke pengguna jika mendeteksi cookies yang berbahaya tersebut.

Microsoft Office Automatic Scan, memeriksa secara otomatis semua dokumen Microsoft Office disaat pengguna membuka filenya, mendukung program Microsoft Office versi 2000 keatas. Jika pengguna telah mengganti setting di opsi ini diharapkan segera menutup semua program Microsoft Office agar efeknya terpakai oleh Norton AntiVirus 2009.

Idle Time Scan, melakukan scan disaat sistem tidak digunakan lebih dari 10 menit (bisa dikonfigurasi waktunya).

Advanced Heuristic Protection, Norton AntiVirus 2009 menggunakan teknologi heuristic untuk memeriksa file yang mempunyai karakteristik mencurigakan dari kode-kode penyusunnya. Teknologi ini akan membandingkan dari file yang mencurigakan tersebut dengan informasi malware yang terdapat di database milik Norton AntiVirus 2009. Terdapat 3 level perlindungan untuk opsi ini yaitu,

o Aggressive, tingkat deteksi paling “liar” dan sangat sensitif. Level ini dapat mengakibatkan alarm salah sasaran, dianjurkan hanya bagi pengguna professional.

o Automatic, mengkonfigurasi Norton AntiVirus 2009 untuk mendeteksi dan menghapus file yang terdeteksi sebagai malware secara otomatis.

o Off, mematikan fitur Advanced Heuristic Protection.

Fitur Advanced Heuristic Protection, merupakan fitur yang hampir sama dengan teknologi SONAR (akan dijelaskan nanti). Fitur ini menggunakan engine dari produk Norton AntiBot yang dimana dapat mendeteksi malware berdasarkan perilaku. Norton AntiBot merupakan produk terbaru yang dimana berasal dari Sana Security dimana telah diakuisisi (dibeli) oleh Symantec Corporation.

[Exclusion / Low Risk]

Low Risks, memanajemen malware-malware (rendahan) yang dianggap “jinak” atau “tidak berbahaya” yang ditemukan di sistem. Namun pengguna dapat mengkonfigurasinya dengan opsi yang telah disediakan,

o Remove, semua malware yang terdeteksi akan dihapus tanpa terkecuali dengan opsi ini.

o Ignore, membiarkan malware tersebut yang terdeteksi.

o Ask me, memberikan total kontrol terhadap malware yang terdeteksi. Pengguna bisa memutuskan apa yang harus dilakukan Norton AntiVirus 2009 terhadap malware tersebut.

Laporan detail mengenai setiap proses akan ditampilkan.

Scan Exclusions, mengkonfigurasi lokasi file, disk atau folder yang akan di”cuekin” atau dibiarkan dalam proses scan.

Signature Exclusions, memberikan hak ke pengguna untuk memilih malware-malware yang terdaftar di database Norton AntiVirus 2009 untuk tidak diawasi dari proses Auto-Protect atau Scan.

Konfigurasi ini dapat mengurangi tingkat proteksi terhadap sistem, lakukan hal ini jika ada perlu tertentu dan harus yakin jika sistem benar-benar tidak terinfeksi (aman).

[Scan Performance Profiles]

Ini merupakan fitur terbaru di Norton AntiVirus 2009. Fitur ini dapat meningkatkan performa sistem dan memperingan pekerjaan Norton AntiVirus 2009, dengan cara membiarkan file-file yang telah terindektifikasi sebagai Norton Trusted dan mempunyai Digital Signature (sertifikasi digital).

Fitur ini bekerja sama dengan fitur terbaru di Norton AntiVirus 2009 yaitu, Norton Insight. File-file yang masuk daftar whitelist atau Norton Trusted biasanya berasal dari produsen software yang cukup terkenal seperti, Microsoft Corporation, Symantec Corporation, COMODO CA Limited atau Siber System.

Terdapat 3 opsi yang dapat dipilih untuk konfigurasi fitur ini,

o Full Scan, melakukan scan terhadap semua file tanpa terkecuali. Scan ini termasuk boot records, semua file di dalam HDD dan proses yang sedang berjalan.

o Standard Trust, Norton AntiVirus 2009 akan melakukan scan terhadap file-file yang belum memiliki sertifikasi Norton Trusted.

o High Trust, selain Norton Trust, file yang mempunyai sertifikasi digital (Digital Signature) level 1 dan 2 tidak akan discan. Demikian sebaliknya, file yang tidak memiliki tidak atau hanya memiliki Digital Signature level 3 akan diperiksa menyeluruh.

[Real Time Protection]

Auto Protect, fitur ini akan masuk ke memori dan memberikan proteksi konstan saat pengguna berkomputasi. Auto-Protect memeriksa virus dan berbagai malware kapan pun disaat pengguna menjalankan berbagai program. Fitur ini juga melakukan pemeriksaan terhadap malware di saat pengguna memasukkan sebuah floopy disk, USB Flash Disk atau berbagai media penyimpanan portabel lainnya. Terdapat 3 sub-fitur di opsi ini yaitu,

o Early Load, memulai fitur Auto-Protect saat sistem start. Untuk proteksi maksimum pengguna harus mengaktifkan fitur ini.

o Removable Media Scan, memeriksa virus boot saat pengguna mengakses media portabel.

Setelah sebuah media portabel diperiksa, media tersebut tidak akan discan lagi hingga dimasukkan kembali atau diformat.

o Chacing, meningkatkan performa sistem pengguna. Jka pengguna mengaktifkan fitur ini, Norton AntiVirus 2009 akan menjaga semua arsip mengenai file yang sering diakses dan yang tidak. Meskipun pengguna telah merestart sistem, arsip tersebut tetap akan ada.

SONAR Advanced Protection, Symantec Online Network for Advanced Response (SONAR). Merupakan teknologi yang mirip dengan Advanced Heruistic Protection. Teknologi ini melindungi dengan menggunakan mekanisme proaktif berdasarkan perilaku malware.

[Updates]

Automatic LiveUpdate, fitur ini akan secara otomatis memeriksa update keamanan dan update program untuk Norton AntiVirus 2009 disaat sistem terkoneksi dengan internet.

Dari setting awalnya (default), Automatic LiveUpdate akan memeriksa update setiap 4 jam disaat sistem terkoneksi dengan internet.

Pulse Update, tambahan untuk update yang telah didownload oleh Automatic LiveUpdate, Norton AntiVirus 2009 menggunakan teknologi streaming untuk mendownload definisi virus terakhir yang paling aktual. Teknologi ini dinamakan Pulse Update. Pulsa Update lebih cepat dan ringan, dan tetap menjaga sistem aman dari malware di dunia World Wide Web.

Fitur Pulse Update memeriksa terhadap update yang ada setiap menit dan mendownloadnya dari server Symantec. Pulse Update mengisi celah dari fitur Automatic Live Update yang dimana hanya mendownload update online setiap 8 jam. Pulse Update dapat juga dikatakan sebagai “mini update” atau “express update” karena hanya mendownload yang diperlukan dan tidak membebani sistem, Pulse Update hanya memerlukan waktu kurang dari 30 detik untuk menyelesaikan proses updatenya.

Dengan pulse update pengguna tidak perlu menunggu lama, hingga satuan menit update terbaru sudah dapat diperoleh. Mulai dari virus definition, Intrusion Prevention detection engine, whitelist configuration dan lain-lain.

————————————

Internet SettingsBerikutnya di tab Internet Settings, pada tab ini pengguna dapat mengkonfigurasi berbagai fitur dari Norton AntiVirus 2009 yang berhubungan dengan perlindungan terhadap kegiatan yang menggunakan internet.

 

 

[Browser Protection]

Dengan bertambahnya jumlah pemakaian internet, aplikasi penjelajah web rentan terkena serangan terhadap berbagai situs web yang mencurigakan atau berbahaya. Situs web tersebut biasanya sering mencari celah keamanan dari aplikasi web browser untuk mendownload program malware yang berbahaya tanpa sepengatahuan pengguna. Metode tersebut dapat disebut sebagai “drive-by-download”. Norton AntiVirus 2009 melindungi aplikasi web browser dari drive-by-download yang berasal dari web site berbahaya.

Fitur ini hanya mendukung aplikasi web browser Internet Explorer versi 6 ke atas dan Mozilla FireFox.

Disaat fitur ini aktif, Norton AntiVirus 2009 secara proaktif akan memblokade berbagai malware yang telah diketahui maupun yang tidak sebelum sempat menyerang sistem. Dengan melindungi aplikasi web browser, Norton AntiVirus 2009 akan menjaga berbagai informasi yang sensitif dan mencegah penyerang mengontrol sistem dengan metode remote.

[Email Scan]

Di saat fitur ini aktif, Norton AntiVirus 2009 secara otomatis mengkonfigurasi program email yang digunakan untuk dilindungi dari virus dan malware yang beredar. Pengguna bisa mengkonfigurasi fitur Email Scan untuk memeriksa semua email yang masuk dan keluar. Dengan memeriksa email yang masuk, Norton AntiVirus 2009 akan melindungi sistem dari virus yang ikut didalam attachment (arsip) email. Demikian sebaliknya jika memeriksa email yang keluar, Norton AntiVirus 2009 akan mencegah email yang tersisip oleh malware menyebar.

Untuk lebih melengkapi keamanan, Norton AntiVirus 2009 akan memeriksa setiap arsip file dari Email yang keluar karena bisa saja salah satu dari Email tersebut adalah worm, untuk itu centang opsi Scan outgoing messsages for suspected worms, dengan sub-opsi pengguna bisa memilih otomatis dihapus atau memberikan konfirmasi terlebih dahulu. Protect againts timeouts; menjaga agar Email client tidak menampilkan laporan timeout (yang biasa terjadi jika koneksi internet lambat dan tidak stabil) disaat Norton AntiVirus memeriksa arsip file yang ukurannya besar. Display icon in System Tray, menampilkan ikon di System Tray saat Norton AntiVirus memeriksa Email yang masuk dan keluar. Display progress indicator, menampilkan jendela proses saat Norton AntiVirus memeriksa Email yang keluar. Semua opsi diatas terdapat di link Configure di samping fitur Email Scan ini.

Norton AntiVirus 2009 mendukung semua program email client seperti Microsoft Office Outlook atau Mozilla ThunderBird yang menggunakan jalur protokol komunikas POP3 atau SMTP.

[Instant Messenger Scan]

Ini adalah fitur yang sangat simpel tapi vital bagi para pengguna layanan Instant Messenger. Instant Messenger Scan akan melakukan pemeriksaan terhadap file yang diterima melalui program Instant Messenger untuk melindungi sistem dari virus dan malware.

Norton AntiVirus 2009 mendukung program-program instant messenger dibawah ini,

o Yahoo! Messenger (versi 5.0 hingga 6.1, dan 9.0 keatas)

o AOL Instatnt Messenger – AIM (versi 4.7 hingga 5.9)

o MSN Messenger / Windows Live Messenger (versi 6.0 keatas)

o Cerulean Studios / Trillian (versi 3.1 keatas)

[Intrusion Prevention]

Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Norton AntiVirus 2009, cara kerjanya mirip dengan sebuah firewall sederhana. Hanya saja metode perlindungannya tidak seperti sebuah firewall. Intrusion Prevention memeriksa semua arus jaringan yang dimana masuk dan keluar dari sistem dan membandingkan dengan definisi serangan yang dimiliki oleh Norton AntiVirus 2009.

Database definisi serangan yang dimiliki Norton AntiVirus 2009 berisikan informasi yang mengidentifikasi sebuah metode serangan yang dilakukan untuk mencari celah keamanan sistem operasi. Jika teridentifikasi sebagai sebuah serangan, Intrusion Prevention secara otomatis akan memblokade dan memutuskan koneksi langsung ke penyerang. Cara ini dapat melindungi dari serangan dengan cara apa pun. Intrusion Prevention dapat melindungi sistem dari serangan melalui internet secara umum.

Instrusion Prevention menggunakan sebuah daftar definisi serangan untuk mendeteksi dan memblokade aktivitas yang mencurigakan di dalam sebuah jaringan. Dalam sebuah kasus, bisa saja sebuah koneksi biasa dapat dianggap sebuah serangan. Dalam hal ini pengguna dapat memasukkannya ke dalam daftar whitelist (exclusion), agar ke depannya tidak dipersulit oleh alarm yang dipicu oleh deteksi perilaku.

Terdapat 3 sub-opsi yang ditawarkan dalam fitur ini yaitu,

Intrusion Exclusion, opsi ini dapat digunakan pengguna jika ingin sebuah definisi serangan dinon-aktifkan sementara. Lakukanlah dengan hati-hati dan sebelumnya harus yakin bahwa jaringan yang sekarang sedang dipakai aman dari serangan.

Intrusion AutoBlock, memberikan opsi memilih durasi yang diinginkan untuk memblokade sistem yang menyerang pengguna. Jika sebuah serangan terdeteksi, koneksi akan terblokade secara otomatis. Jika terus diserang Intrusion Prevention akan memblokade seluruh arus yang masuk selama waktu yang telah ditentukan.

Notification Alert, sebuah alarm visual untuk pengguna jika sebuah serangan terdeteksi. Pengguna dapat menon-aktikan fitur ini jika merasa terganggu.

————————————

2008-11-09_224217Berikutnya di tab Home Network Settings, di dalam tab ini sebenarnya merupakan fitur turunan dari produk Norton Internet Security 2009. Untuk tab ini hanya disediakan fitur untuk mengawasi keadaan jaringan yang terkoneksi dan sistem komputer yang menggunakan jaringan tersebut.

 

[Network Security Map]

Fitur ini sebenarnya tidak terlalu vital bagi pengguna yang hanya menggunakan internet untuk keperluan biasa (email, chatting dan browsing). Sebenarnya bisa lebih dari itu, Norton AntiVirus 2009 bisa mengawasi dan mengkonfigurasi setiap port yang digunakan oleh sistem untuk melakukan koneksi ke jaringan internet.

Ada 3 opsi di dalam fitur ini yaitu,

Show welcome screen at startup, menampilkan sebuah overview keamanan jaringan saat pengguna membuka fitur Network Security Map.

Communication Port, menampilkan port-port yang digunakan oleh produk-produk Norton untuk saling berkomunikasi di dalam jaringan.

!!! Meskipun bisa dikonfigurasi sendiri, direkomendasikan tidak untuk diubah nomor portnya. Jika mengingnkan untuk mengubahnya, diharap hanya menggunakan nomor port dari 1 – 65535.

Purge Network Map, menghapus semua perangkat jaringan yang terdaftar di Network Map. Pengguna bisa menghapus semua perangkat jaringan jika ingin membuat daftar yang baru, hal ini dilakukan jika pengguna pindah dari lokasi yang satu ke lokasi yang lain dimana membutuhkan konfigurasi perangkat jaringan yang berbeda.

————————————

2008-11-09_224229Berikutnya di tab Miscellaneous Settings. Kali ini pengguna tidak perlu pusing terhadap tab ini, dikarenakan semua opsi di tab ini tidak ada kaitannya terhadap sistem proteksi sistem. Semua opsi disini hanya berkaitan dengan setting-setting sederhana.

 

 

[Norton Community Watch Settings]

Disaat Norton AntiVirus 2009 mendeteksi sebuah malware, semua alamat website yang dikunjungi oleh pengguna akan dikirim ke Symantec oleh Norton Community Watch. Symantec akan memeriksa website-website tersebut apakah merupakan penyebab dari munculnya malware yang terdeteksi sebelumnya. Symantec tidak mengambil identitas pribadi pengguna dalam fitur ini.

Namun jika pengguna menginginkan Norton AntiVirus 2009 menghentikan pengiriman data website tersebut, cukup non-aktifkan fitur Norton Community Watch. Gunakan fitur Norton Security History untuk melihat alamat-alamat website yang telah dikirim ke Symantec.

[Product Security]

Fitur ini menyediakan opsi pengamanan terhadap produk Norton yang terinstall di sistem. Melindungi dari pengubahan tanpa ijin, fitur ini dapat diberi password.

Norton Product Tamper Protection, melindungi Norton AntiVirus 2009 dari serangan atau modifikasi oleh aplikasi yang mencurigakan.

Password Protection Settings, melindungi konfigurasi di Norton AntiVirus 2009 Settings dengan sebuah password. Hal ini dapat melindungi setting-setting dari perubahan tanpa ijin

[Silent Mode Settings]

Ini juga merupakan fitur terbaru dari Norton AntiVirus 2009, cukup simpel fungsinya. Disaat pengguna sedang mengerjakan sebuah tugas penting dan tidak menginginkan untuk menerima semua alarm (tidak ingin diganggu) dari Norton AntiVirus 2009, aktifkan fitur Silent Mode. Silent Mode akan menghentikan semua notifikasi alarm dan tugas-tugas scan di background untuk sementara. Jika sebuah malware terdeteksi, alarm tetap tidak ditampilkan namun Norton AntiVirus 2009 akan melakukan pembersihan terhadap mlaware tersebut.

Silent Mode, aktifkan fitur ini jika ingin tidak diganggu oleh berbagai alarm yang muncul. Untuk mengaktifkannya, geser slider ke arah ON lalu klik tombol Apply dibawah window Norton AntiVirus 2009 Settings dan silakan pilih durasi yang diinginkan sesuai keperluan (1, 2, 4 hingga 6 jam).

Full Screen Detection, disaat pengguna mengaktifkan aplikasi yang menggunakan mode full-screen (bermain game misalnya), Norton AntiVirus 2009 akan secara otomatis mengaktifkan fitur Silent Mode.

[Main Window Transparency]

Ini bukan fitur untuk konfigurasi keamanan, hanya mengubah warna background dari tampilan utama Norton AntiVirus 2009 menjadi transparan atau non-transparan.

[CPU Usage Display]

Menampilkan sensor beban CPU di tampilan utama Norton AntiVirus 2009. Sebenarnya fitur ini mempunyai arti untuk pengguna, disinilah Symantec ingin membuktikan bahwa Norton AntiVirus 2009 tidak membebani sistem. Dengan meng-klik link CPU Usage, akan ditampilkan grafik beban CPU dan RAM secara detail.

[Network Proxy Settings]

Jika pengguna menggunakan jalur proxy untuk koneksi ke internet, maka opsi ini harus dikonfigurasi jika menginginkan Norton AntiVirus 2009 memeriksa update-update terbaru ke server Symantec.

[Idle Timeout]

Jika meninginkan Norton AntiVirus 2009 melakukan tugas scan disaat sistem tidak digunakan, pengguna dapat menkonfigurasi idle timeout mulai dari 1 menit hingga 30 menit. Setelah waktu yang ditentukan sistem tidak digunakan, maka Norton AntiVirus 2009 akan melakukan tugas scan.

[Change Background]

Ini merupakan fitur yang cukup astetik untuk sebuah program keamanan, tapi cukup menarik disaat mood pengguna berubah. Pengguna dapat mengganti warna background tampilan utama Norton AntiVirus 2009 menjadi hitam, biru, gradien orange dan solid gray.

Originally written by TRIDENTCORE aka Aries Satriya YS as the owner of this weblog.

Copyright(C) and TradeMark(TM) Symantec Norton AntiVirus/Internet Security 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: