Baterai notebook, mau awet? tetap di-pasang atau di-lepas?


imageBaterai notebook merupakan komponen spare-part dengan nilai harga yang mahal disamping prosesor, graphic, monitor dan motherboard. Dengan varian harga mulai dari 300 ribu hingga 900 ribu mungkin sebagian besar pengguna akan berpikir dua kali saat ingin membeli spare-part baterai ini. Sebenarnya banyak tips dan cara supaya komponen baterai ini bisa awet minimal hingga masa penggunaan 2 tahun lebih. Tapi pada kenyataannya banyak pengguna yang salah memberi persepsi dalam melakukan perawatan baterai notebook bahkan sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna notebook.

3011201018440513122010015230

Sebenarnya dalam merawat baterai notebook supaya awet hingga tetap bisa memberi durasi yang terbaik selama pemakaian tidaklah susah. Namun banyak pengguna yang mengabaikan-nya dan mempermudah persoalan tersebut sehingga akhirnya baterai notebook miliknya tiba-tiba tanpa alasan sudah mengalami drop kapasitas hingga lebih dari 50%.

Teknologi baterai notebook merupakan teknologi yang paling terbelakang dari semua komponen penyusun notebook, bertahun-tahun teknologi Lithium-Ion belum ada pengganti yang lebih baik hingga saat. Biaya produksi yang tidak murah dan daya tahan durasi yang tidak pernah meningkat membuat spare-part ini paling dihindari saat pihak service center menyatakan baterai notebook anda mengalami kerusakan permanen.

Berikut akan saya jelaskan secara rinci apa saja yang harus dilakukan untuk membuat komponen spare-part yaitu baterai notebook ini bisa terus awet dalam memberi durasi discharge semaksimal mungkin untuk jangka waktu penggunaan yang lebih lama.

battery-plugged-in-not-charging

Banyak yang berpikir bahwa jika baterai notebook selalu tertanam atau terpasang di unit notebook pada saat tercolok listrik sekalipun akan mengakibatkan baterai drop karena arus akan terus masuk ke dalam baterai. Pernyataan adalah TIDAK BENAR.

Mengapa? Karena jika baterai dilepas dari unit notebook dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 12 jam hingga harian), akan membuat baterai kehilangan daya (discharge) secara perlahan karena tidak ada arus yang mengalir dan setelah itu akan mengakibatkan baterai tidak bisa di-charge hingga ke kapasitas maksimum karena cell baterai yang mengalami discharge.

Solusinya? Lebih baik pasangkan saja baterai ke unit notebook meskipun tercolok ke arus listrik dan hal ini tidak akan membuat baterai drop biarpun dalam waktu yang lama hingga satuan hari maupun minggu. Sebagai bukti saya tunjukkan screenshot dari aplikasi HWMonitor yang dimana menunjukkan wear level dari baterai notebook milik saya masih 0% dan kapasitas masih 100%.

2011-08-27_150514

Baterai dari notebook Lenovo IdeaPad Y550P milik saya ini telah terpasang di unit notebook-nya sejak saya membeli-nya akhir September tahun lalu (2010) dan sejak hari itu hingga saat ini tidak pernah saya lepas. Dan perlu diketahui bahwa selama saya menggunakan Lenovo IdeaPad Y550P ini saya sering online 24 jam tanpa lepas dari colokan listrik dengan rekor terlama adalah 3 minggu 4 hari dalam keadaan baterai terpasang di unit notebook. Selama saya memiliki notebook Lenovo IdeaPad Y550P ini saya tidak pernah sekalipun melepas unit baterai saat digunakan.

Bagi saya pribadi baterai notebook adalah sebuah komponen dengan dual-fungsi yang sangat penting, disamping sebagai penyumbang arus saat kita membutuhkan di kondisi outdoor. Peran berikutnya yang tidak kalah penting adalah sebagai “UPS” terintegrasi di unit notebook. Kita pasti tahu bahwa PLN (Perusahaan Listrik Negara) tidak bisa memberikan kepastian akan kualitas listrik yang mereka berikan apakah benar-benar 100% online 24 jam? Tentu tidak. Maka dari itu saya sendiri yang sejak 10 tahun lalu sering mengalami pemadaman listrik bergilir di kota kelahiran Bontang, Kalimantan Timur mengganggap penting dari peran baterai notebook ini. Jika listrik tiba-tiba padam tentu saja pekerjaan kita tidak akan ikut musnah karena belum di-save.

Notebook Power Plug

Toh pada dasarnya jauh lebih murah dan praktis dengan adanya komponen baterai ini daripada kita membeli unit UPS terpisah karena langsung terpasang dan durasi yang diberikan juga jauh lebih lama karena sesuai dengan output yang sesuai dengan daya notebook. Jadi? Buat apa melepas baterai notebook jika tidak ada gunanya sama sekali? Lebih baik dibiarkan saja terpasang di unit notebook toh selama baterai terpasang perannya tidak akan pernah tergantikan. Kalau menggunakan notebook tanpa baterai berarti sama saja dengan desktop PC donk?

IdeaPad-S205-battery

Sesuai dengan yang saya katakan di-atas bahwa baterai notebook lebih baik tidak usah dilepas dari unit notebook-nya bukan berarti tidak pernah digunakan. Jika selama menggunakan notebook, baterai tidak pernah terpakai akan juga memberi efek “discharge”. Sesekali digunakan outdoor tanpa colokan listrik juga tidak masalah tapi jangan terlalu sering, untuk skala-nya jika selama 3 minggu tercolok listrik non-stop mungkin setelah itu gunakan baterai hingga batas minimum lalu setelah itu kembali menggunakan listrik PLN. 1 bulan pun tidak masalah yang penting baterai pernah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

power_plug_frde

Jika anda mempunyai alasan tertentu untuk mengharuskan menyimpan unit baterai hingga satuan hari atau minggu, cara terbaik adalah dengan menyisakan kapasitas charge level baterai di posisi 40%, hal ini dilakukan supaya saat digunakan kembali baterai masih bisa digunakan kembali ke kondisi optimal full-charge. Tempat penyimpanan baterai yang disarankan adalah ruang yang dingin dan kering.

Dalam satu waktu ada baiknya melakukan penghabisan kapasitas baterai hingga batas minimum (disarankan 10%) lalu mengisi full kembali. Baterai notebook akan mengalami unattended drop jika tidak pernah mengalami full discharge-charge.

battery

Teknologi baterai yang menggunakan Li-Ion baru-baru ini (sejak 2007) mungkin teknologi yang terbaik yang ada sekarang ini dengan masa cycle 2 – 3 tahun dan kemampuan charge-discharge 300 kali hingga 500 kali. Perlu diketahui bahwa penggunaan baterai notebook lebih baik digunakan jika memang benar-benar perlu seperti dalam situasi outdoor atau urusan mendadak.

c00596806

Karena umur baterai notebook bergantung dari jumlah charge-discharge maka usahakan untuk tidak menggunakan baterai dalam situasi yang tidak perlu, sebisanya mungkin selalu colok dengan listrik (dengan unit baterai tetap terpasang). Semakin sering charge-dischare maka akan memperpendek umur baterai karena batas cycle akan berkurang.

BP52 Taken Apart

Panas adalah musuh utama dari umur baterai notebook, usahakan hindari dari sinar matahari langsung atau media yang panas seperti panas mobil atau bersebelahan dengan desktop PC. Dingin dan kering adalah yang terbaik.

Satu hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan konektor baterai dengan unit notebook dalam jangka waktu tertentu (bulanan cukup) untuk menghindari baterai bekerja keras karena arus yang mengalir tidak lancar.

Connector_battery_dell_d500_d600_9pin

Jika sering menggunakan HDD eksternal yang membutuhkan power langsung dari port USB, sebisa mungkin langsung dilepas dari port USB saat tidak digunakan. Karena daya yang tersedot cukup besar untuk sebuah port USB.

attached usb hdd

Dalam artikel kali ini saya hanya perlu mengingatkan kepada para pembaca saat menggunakan notebook. Jika anda menggunakan notebook dalam situasi outdoor atau dimanapun itu jika terdapat colokan listrik janganlah segan-segan menunggu baterai habis, langsung saja colok power adaptor-nya sehingga bisa menghindari wear level dari baterai notebook.

Gunakan baterai jika memang pada situasi yang mengharuskan atau darurat dan semacamnya seperti tidak adanya colokan listrik atau kegiatan di lapangan. Minimalkan penggunaan baterai untuk menghindari wear level atau drop capacity. Saya sudah membuktikan dengan jangka waktu satu tahun lebih ini pada notebook Lenovo IdeaPad Y550P milik saya tidak pernah lepas dari colokan listrik dan baterai dalam keadaan terpasang dengan rata-rata up time non-stop hingga 7 hari.

UPDATE…!!!

Oke.. setelah banyak mendapat komentar dan kiriman pesan melalui e-mail bahkan sampai ada yang sms saya secara langsung yang terkait dengan masalah artikel saya ini. Saya secara pribadi akan mengutarakan bahwa semua yang saya ketik pada artikel tentang baterai notebook ini adalah murni pengalaman saya secara pribadi dengan 3 unit notebook milik saya dan ditambah 7 unit notebook milik teman saya.

Saya hanya perlu mengingatkan kepada para pembaca bahwa praktek yang saya publikasikan disini hanya sharing pengalaman semata dan untuk ikut mempraktekkannya dalam unit notebook anda saya tidak melarang namun perlu diketahui bahwa unit baterai notebook tidak semuanya sempurna dalam proses pembuatannya dan bukan dari produsen yang sama sehingga yang namanya cacat produk atau perbedaan kualitas pasti akan terlihat disaat penggunaan dalam jangka panjang.

Jika dari para pembaca ada yang mengalami pengalaman berbeda dari yang saya alami terhadap wear level baterai perli di-ingat charging baterai notebook juga memerlukan arus listrik yang stabil dan hindari penggunaan charger non-original. Untuk urusan cacat produk bisa urusan belakang karena akan ketahuan setelah pemakaian diatas 3 hingga 6 bulan. Wear level baterai juga akan cepat meningkat jika sering mengalami pemadaman listrik rutin.

Detail dari pengalaman saya adalah notebook pertama yang saya gunakan ACER TravelMate 4603WLCi saya beli tahun 2005 dan baterainya bertahan selama 2 tahun dengan wear level maksimum di angka 2% lalu setelah itu mengalami drop hingga wear level 50% dikarenakan kondisi listrik kos yang saya tempatin sering mengalami pemadaman listrik hingga tahun ke 6 wear level mencapai 70% hingga saat ini. Sekarang baterainya hanya berperan sebagai UPS mini.

Notebook kedua adalah Lenovo IdeaPad Y550P, sesuai dengan artikel diatas. Saat ini wear levelnya adalah 56% dikarenakan tahun lalu saya sedang KKN di daerah Jombang dan mengalami pemadaman listrik karena kelebihan beban dengan frekwensi sehari bisa 2 kali selama 2 minggu masa KKN. Setelah saya selesai KKN wear level berada di level 20% dimana sebelum KKN masih 0% dan umur Lenovo IdeaPad Y550P saat itu adalah memasuki tahun ke 2. Saat ini wear level meningkat karena saya sering kegiatan di luar ruangan setahun terakhir. Rencana membeli baterai baru pun mungkin.

Notebook ketiga adalah MacBook Pro 15″ Retina 2012 (unit gratisan dan saya juga bukan pengguna Apple jadi langsung saya install Windows 7 melalui BootCamp). Saat ini wear level 30% dikarenakan adik saya menggunakannya lumayan brutal dengan frekwensi pemakaian baterai sangat sering dan jarang dicolok charger kecuali saat baterai level critical. Rumah saya yang di Malang juga mendapat giliran pemadaman listrik meskipun hanya 2 minggu sekali.

Selebihnya dengan 7 unit notebook milik teman-teman saya semuanya tidak mengalami wear level parah dalam tenggang waktu 12 bulan bahkan ada yang sempat wear level-nya menurun dari 19% menjadi 12%. Hanya notebook Compaq yang hingga mengalami pembelian baterai baru karena sudah dianggap cacat produk dari awal, kurang dari 6 bulan pemakaian status baterai rusak dan offline. Dengan detail merek 3 unit Lenovo, 2 unit ASUS, 1 unit TOSHIBA dan 1 unit Compaq.

Jika ada yang ditanyakan silakan menghubungi saya melalui e-mail atau sms jika urgent. Terima kasih.

Take Care of Your Batteries Buddy – It’s Not Cheap

Rawatlah Bateraimu Teman – Itu Tidak Murah

36 Responses

  1. Silahkan ke website Lenovo bagian Support and Driver untuk memeriksa apakah tersedia Energy Management untuk B490

  2. pake energy management gak itu?
    untuk lenovo B490 apa ada energy management ? makasih

  3. kalau memang sistemnya mengidentifikasi baterai not genuine, langsung aja si print screen atau di foto lalu bawa ke service center lagi minta ganti baterai original bawaan sistem, minta ditunggu saja karena seharusnya unit baterai tidak perlu menunggu apalagi kalau benar ditukar dgn sengaja. Mungkin seharusnya dari awal diperiksa dulu sebelum meninggalkan service center.

  4. nah.. saya punya masalah ttg batery jg nih mas admin. lenovo saya hbs diinstal ulang krn kena virus, instalnya di suatu tmpat terpercaya. tp terpaksa nginap 1mlm kr antri bnyak. stlh saya ambil tiap mau tak aktifin ada tulisan muncul di monitor. ” energy management. : this system doesnot suport bateries that are not genuine lenovo made or authurized dst.. jd kpikiran.. jgn2 batry saya di ganti. krn wkt masuk tmpt instal ga ada tulisan spt itu. cara ngecek batry msh asli gmn ? makasih

  5. nah… ane jd nambah bingung skrang gan!! sebelumx ane udah nurutin info sesuai artikel agan semenjak ane baru beli laptop ke dua ane yg baru,, aq dan kak q punya pendapat berbeda, aq selalu colok charger wlu indicator baterai udh full sdngkan kaka q selalu pada prinsip klo baterai habis charge klo dah full lepas chargernya (Charge – Discharge) … udah 1,2 tahun berlalu dan ternyata yg lebih duluan rusak adalah baterai saya dgn wear lvl 62,55% sedangkan kaka q msih 17,59% … aq jd malu sendiri padahal sebelumnya dengan bangga memperlihatkan artikel agan pada kaka q … so agan punya pendapat tentang ini??? aq tidak minta ganti rugi kok hnya sbuah penjelasan tentang fakta sebenarnya!! sebagai info Laptop yg q gunakan adalah Acer Aspire 4752G sedang punya kaka q Netbook Acer Aspire One …. Mohon dijawab….

  6. menurut saya sih….emang udah ..tehnologinya di buat begitu…
    di pake ga di pake daya tahan batre tetap mrosot…mreka aja masih bingung…cara membuat batre yg tahan lama..

  7. nanya dong mas, saya baru beli notebook asus. setelah saya baca artikel ini saya langsung pasang software HW. dan battery saya terdeteksi sudah wear level 3%. saya bingung, masa baru beli udah ada wear levelnya mas, apa mungkin software nya yg tidak akurat? dan setelah saya pakai 4 hari ini wear levelnya nambah jadi 4%. apa penyebabnya ya mas? padahal saya udah ikutin cara di artikel ini. tolong pencerahannya mas. terima kasih sebelumnya

  8. SESAT DAN MENYESATKAN iNFONYA….2 LAPTOP ANCUR PERSiS SESUAi POSTiNG iNi…FUJiTSU+VAiO i5 LNYAP……YG FiX JGN DI COLOK TERUS (CHARGES) SETELAH FULL CABUT JGN TETAP Di CHARGES JA…..BGMNPUN BATRE JUGA DA LiMiT CATU DAYA DN SUPPLY POWERNYA…

    BELiEVE OR NOT….ANDA YG MEMiLiH DN JGN JDi KLiNCi PERCOBAAN !

  9. laptop asus saya sudah 2 tahun ini saya gunakan tepatnya juni 2011 dan selalu saya charge-discharge karena saya berpikir bahwa kalo overcharge akan menyebabkan baterai laptop saya akan cepat drop. trus untuk pemakaian yg lama biasanya saya lepaskan baterainya. setelah saya membaca artkel mas saya merasa sudah salah kaprah selama ini. pertanyaan saya begini mas, setelah saya cek kondisi baterai laptop saya dengan HW Monitor ternyata wear levelnya 33% dan charge level 100% apakah memang kondisi baterai saya sdh drop? dan bagaimana mengatasinya?

  10. Trima kasih,informasinya bermanfaat sekali bagi saya,…

  11. sepertinya benar juga ,, saya salah berpikir laptop saya sering di rumah dan jarang sekali menggunakan batre,, dan si batre saya copot pada suatu hari saya pasang mengunkan batre laptop..ko kekuatan batre cepet habis padahal saya jarang di gunakan mungkin bisa di katakan tidak pernah di pakai,.. teryata memang batre jangan di lepas saya salah berpikir teryata

  12. Than’ks infonya

    mau nanya kang, misalkan laptop tidak akan di pakai skira kiranya 3 bulanan, batu yang terdapat di dalam laptop di lepas atau janganya.?

  13. saya sangat surprise ketika mengetahui begitu luar biasa baterai litiumion… ketika dilepas listrik tetap menyalah seperti hape saja…. dan tetap kondisi colok akan lebih powerful dan menggoda iman kita semua dalam menjaga keistimewaan baterai….

  14. boleh minta link bwt download CPUID Hardware Monitor nya gk?

  15. Kk jika baterai tinggal 40% knapa kok bisa full lagi ketika keadaan baterai d lepas?

  16. Sangat banyak informasi mengatakan jika laptop dalam keadaan di charge terus menerus padahal sudah penuh, baterai dapat overcharge bahkan meledak. Apalagi hingga berhari2 atau berminggu2. Saya jadi bingung sekarang. Bagaimana Anda menanggapi informasi tersebut? obrigado

  17. trim infonya

    saya sudah mmakai cooling pad, dan kipas angin yang cukup dingin
    saya baru beli laptop, yah, paling baru 2 bulan, jenis laptopnya Asus N46V..
    awal beli, bertahan smpai 6 jam, sekarang hanya 2 jam, kadang 30 menit (waktu bertahan btrai berubah-ubah)

    tp byk yg bilang kalau kseringan ng’charge (biasanya malam setelah kerjakan tugas kuliah, laptop dibiarkan hidup dengan charge menyala karena ketiduran) bisa bikin btrai ngedrop

    saya sering memakai laptop diatas 6 jam dalam sehari..

    kdang saya lepas btrainya krna tkut pada saat dikampus, btrai laptop keburu habis krna terpakai saat dirumah

    bgaimana solusinya.? apa yg sbaiknya saya lakukan
    trims..

    klau bisa balas juga ke email saya
    chaa.dewi@gmail.com
    trims

  18. Tulisan yg bagus bung, saya ingin bertanya jika laptop suka dibawa outdoor berarti akan sering charge-discharge ya?
    berarti umur batere akan berkurang ya?
    Thanks

  19. Bro bisa memeriksa kondisi baterai dengan menggunakan aplikasi HW Monitor seperti yg saya sebutkan pada artikel diatas. Dalam konteks jika di-diam-kan terlalu lama memang akan membuat kehilangan daya karena tidak ada arus yg mengalir. Tapi semua tergantung dari kondisi suhu dan lembab.

  20. saya mau nanya selama ini baterai netbook saya tidak penah saya lepas tetapi pernah mencabut sekali dalam waktu yang cukup lama sekitar 3 hari apakah akan merusak baterai netbook mohon pejelasannya??

  21. yang mau saya tanyakan,, bagaimana dengan laptop acer 4752?

    soal nya,, baterai laptop saya sejak pertama di beli januari 2012 daya tahannya cuma 2 jama-an..

    ko’ bisa yach?
    trus, apakah bisa di naikkan?

    makasih..

  22. terus kalo udah kejadiancara balikinnya gimana??

  23. Laptop saya HP Presario, udah kurang lebih 1 tahun 4 bulan dan saya ngikutin saran untuk tetap memasang baterai walau sedang di-charge. nah tapi kemudian baterai saya sekarang drop, hanya bisa tahan 30 menit saja dan setiap menyalakan komp. ada caution untuk replacement battery karena low. itu kira2 kenapa ya?

  24. waduh…. harus saya rubah nih. yg sebelumx tanpa batrai. (>_<)

  25. Ass,, pak maaf yaa ..

    saya mau tanya saya juga pakai lenovo,,,,
    tapi kenapa laptop saya ini gak bisa pakai batre ??
    selalu ada tulisan “consider replacing you battrey”

    kalau bisa balas ke email saya saja yaa ??
    awal_sucsessman@yahoo.com

    tolong pencerahannya mas
    tq

  26. Saya suka tulisan ini. Berbeda dengan tips-tips yang ada tapi meyakinkan. Saya suka ketegasannya. Saya akan ikuti saran ini. Makasih bung Aries. Salam.

  27. Untuk menanggapai hal tersebut saya berani membuktikannya kepada publik melalui artikel ini, sesuai yg saya utarakan pada artikel diatas, notebook Lenovo IdeaPad Y550P milik saya telah mengalami berkali-kali ON NON-STOP hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu plus hampir 1 bulan. Dengan catatan baterai dalam keadaan terpasang dan tidak pernah saya cabut. Kecuali baterai saya cabut saat keperluan cleaning/membersihkan fan dan heatsink notebook yg dimana harus dilepas utk menghindari konslet. Dan sudah berjalan hampir 1,5 tahun baterai notebook tetap dalam keadaan Zero Wear Level.

  28. Sangat banyak informasi mengatakan jika laptop dalam keadaan di charge terus menerus padahal sudah penuh, baterai dapat overcharge bahkan meledak. Apalagi hingga berhari2 atau berminggu2. Saya jadi bingung sekarang. Bagaimana Anda menanggapi informasi tersebut? thanks

  29. hem.. saat batttrei anda drop, saya pernah dapat saran ekstreme dari teman.. saya sendiri tidak percaya.. tapi ya sudahlah toh ndak ada salahnya dicoba wong dah drop aja…
    pertama bungkus batrei yang sudah drop dengan plastik sampai benar-benar tidak ada udara yang bisa masuk (double lapisannya)
    lalu, masukkan battrei tyadi ke dalam freezer lemari es… ok itu bagian paling ekstrimnya.. saya juga agak ragu pada saat mencobanya.. tapi ya sudahlah toh battrei saya juga sudah rusak
    lalu saya tunggu sekitar seharian, besoknya saya ambil kembali dan buka pelindung plastiknya, setelah itu mengeringkan sisa2 embun yang menempel dengan handuk sampe benar-benar kering
    lalu pasang ke laptop 2 jam kemudian…
    setelah 2 jam dan terpasang,. charge… dan battrei sedikit agak membaik… dari drop hanya bisa menyala 5 menit menjadi 30 menit
    dalam kasus saya ini pernah berhasil, tapi jika anda ragu jangan mencobanya ^^

  30. Teman saya..?? Boleh tahu siapa..?? Sayangnya kalau sudah kena wear-level atau drop susah untuk kembali ke kapasitas semula atau ganti cell yang kena wear level.. tapi biayanya lumayan per cell dan itu pun tergantung dari merek baterainya..

  31. kak maw nanya aQ bli ltp bln oktober 2011 waktu itu btre nya bertahan hingga 6 jam trus waktu itu aq dapet saran dari tmennya kakak q lo pake laptop btrenya suruh lepas trus q lepas, nah sekarang btre q kalo d pake cuma bertahan hingga 2jam-an, yg maw q tanyain gmana y cra-nya biar daya tahan btre q biar bisa naik lagi????

  32. Setuju.. saya juga sudah lama menerapkan metode ini dan alhamdulillah meski lebih dr 3 tahun, kualitas baterai bisa bertahan 85% dari kondisi baru. Saya termasuk yang sering menggunakan notebook/netbook lebih dari 12 jam sehari.

  33. thank you brow…sarannya bagus bangeds…..top dah…

  34. Halo bro wheeqo, kalau saat unit notebook dalam keadaan mati dan tidak dibawa kemana-mana alias tetap di meja lebih baik ke modus stand-by saja supaya ada arus yang mengalir. Tapi kalau dalam status mati seperti itu tidak ada masalah tapi akan lebih baik lagi kalau di-colok ke listrik karena menghindari discharge.

    Wear level sebesar 4% sebenarnya tidak masalah tapi sudah menandakan bahwa baterai notebook anda sudah masuk dalam tahap capacity drop, salah satu cell baterai-nya sudah mengalami aus wear level. Sehingga kapasitas maksimum tidak akan bisa diperoleh kembali. Supaya bisa menghambat wear level kembali meningkat bro bisa menghindari keseringan charge dan discharge. Baterai digunakan saat seperlunya saja atau memang darurat.

  35. saya beli laptop (ASUS) sejak awal November 2010. saya emang ga pernah lepas baterai dan selalu colok ke PLN klo lagi dipake. pertanyaannya,
    1. klo laptop mati apakah tetap perlu colok ke PLN atau ngga? selama ini saya selalu copot dari PLN klo laptop mati. jadinya sering charge-discharge yah.
    2. saya cek di hw monitor, wear levelnya 4% dan charge level 97%, masih normal?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

